7 Alasan Pilih Kolam Renang Unimed Untuk Belajar di Medan

Posted on

Belajar renang adalah kebutuhan semua orang yang memahami tentang arti pentingnya kesehatan. Manfaat renang sangat baik untuk fisik manusia. Itu mengapa, jauh – jauh hari sebelumnya, sektar 14 abad lalu, nabi Muhammad Saw menganjurkan ummat-Nya terkhusus para orang tua mendidik anaknya supaya bisa berenang.

Selain itu, dunia kedokteran dan pengobatan alternatif menyatakan olahraga renang memang banyak manfaatnya. Tentu sangat disayangkan jika Anda orang yang tidak bisa berenang sampai sekarang ini. Dan betapa ironisnya jika tidak mau belajar untuk bisa berenang.

Di kota Medan dan sekitarnya, ada banyak kolam renang yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang mau belajar. Saking banyaknya jumlah kolam renang di kota Medan membuat kami tidak bisa menghitungnya secara pasti pula. Namun kami ada rekomendasi tempat untuk belajar renang untuk Anda. Dimanakah itu? Kolam Renang SCC – Unimed.

source : IG

Tempat renang ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

1. Lokasinya Asri

Karena berada di area kampus, maka suasana kolam renang ini bisa di bilang asri. Banyak pepohonan yang dirawat sehingga membuat udara sekita sejuk dirasa.

2. Airnya Jernih

Air kolam sangatlah penting. Dan setelah survei beberapa kolam renang, bisa disimpulkan kolam renang Unimed ini membiliki kualitas air yang cukup baik. Kadar kaporitnya tidak begitu terasa. Ini dibuktikan dengan mata tidak perih saat bersentuhan dengan air.

Meski begitu, kami tetap sarankan Anda untuk memakai kacamata renang. Jika tidak atau belum punya, Anda bisa sewa di lokasi dengan harga sekita Rp 5.000 saja.

3. Banyak Orang Belajar

Nah, ketika Anda belajar renang dan jumpa dengan orang lain yang juga sedang belajar, maka akan melahirkan semangat dalam belajar. Betul atau tidak? Jawabannya sudah pasti betul.

Dengan melihat orang belajar renang yang penuh kesusahan dampaknya akan positif bagi Anda. Kemudian semangat akan bertambah pula jika ada orang yang melatih Anda untuk bisa berenang.

Bukan cuma orang yang sedang belajar, mereka yang sudah mahir berenang, baik profesi umum atau para atlit banyak berkumpul di sini. Berbagai gara renang, mulai dari gaya dada, gaya bebas, kaya kupu – kupu tumpah ruah menghidupkan suasana. Anda tinggal pilih mau belajar gaya apa.

4. Kolamnya Besar

source : IG

Secara umum, kolam renangnya terbai atas 3 (tiga), kolam untuk dewasa, kolam profesional dan kolam untuk anak – anak. Untuk kolam belajar adalah kolam dewasa yang kedalamannya 1.5 meter sampai dengan 3 meter. Disinilah kolam untuk Anda belajar yang ukuran panjangnya adalah 50 meter dan lebarnya 25 meter.

Tahap awal, belajarlah dengan memakai arah lebar jangan panjang karena lebih dekat jaraknya. Kemudian jangan ditengah kolam, pilih di pinggir yang dekat dengan tepi. Ini untuk keamanan Anda dalam belajar.

5. Sarana Ajang Tanding

Banyak pertandingan tingkat lokal dan nasional memakai kolam renang Unimed ini. Beberapa Pekan Olahraga Nasional (PON) pun pernah memakainya. Hal ini yang memicu para pengelolanya untuk menjaga kualitas pelayanan agar memenuhi standart nasional.

6. Tersedia Kantin

Mungkin Anda lupa membawa makanan dan minuman saat hendak akan belajar berenang, maka Anda jangan khawatir, karena di kolam Renang SCC Unimed tersedia kantin dengan berbagai menu makanan dan minuman. Ada makanan khas Sumatera Utara atau minuman khas Medan, Anda tinggal pilih sesuai dengan selera. Untuk harga Anda jangan khawatir karena masih sesuai dengan kantong mahasiswa.

7. Dekat dengan Masjid

Bagi Anda yang usai belajar berenang dan hendak melakukan ibadah sholat, maka jarak dari kolam renang ke masjid sangatlah dekat. Sekitar 200 meter saja. Masjid Baiturrahman di kampus Unimed sudah dibangun jadi lebih nyaman untuk jamaah.  Tersedia lahan parkir yang luas untuk mobil dan sepeda motor.

Tips Belajar Renang

source: IG

Cara atau tips agar Anda cepat bisa berenang sebenarnya ada banyak di Komunikasi Daring. Cukup browsing dengan mengetik kata kunci “cara belajar berenang bagi pemula” saja. Dalam hitungan detik, maka Anda akan jumpai banyak panduannya. Ini kalau Anda ingin belajar secara otodidak alias mandiri.

Sedang bagi Anda yang ingin belajar dengan pelatih, di Unimed ada banyak orang yang bisa Anda jadikan pelatih guna memandu Anda. Pengalaman dari seseorang yang pernah menggunakan jasa pelatih renang di Medan, cukup 10 kali pertemuan sudah bisa berenang. Untuk biaya, Anda bisa nego dengan pelatihnya sampai dengan deal.

Jika Anda sudah memutuskan tekad untuk belajar renang, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

1. Fokus

Fokus adalah kunci sukses. Jangan terganggu dengan kegiatan lain saat Anda belajar renang. Yakin bahwa Anda akan bisa berenang, maka fokuslah. Ibarat orang yang sedang memanah, maka dibutuhkan fokus yang tinggi.

Semua orang yang ingin bisa berenang selalu fokus dalam belajar dan jangan pernah bandingkan diri Anda dengan orang lain yang sudah mair dalam berenang dan bisa banyak gaya. Anda adalah Anda dan mereka adalah mereka. Fokus saja dalam belajar.

2. Luangkan Waktu

Misal dalam rentang waktu seminggu, Anda khususkan waktu selama 2 kali untuk berenang. Maka jangan ada jadwal lain yang menghalanginya. Artinya dalam sebulan, ada 8 kali Anda belajar renang. Dan ini harus Anda lakukan dengan konsisten.

Sewaktu belajar, ada baiknya Anda mematikan handpone Anda. Ini untuk menghindari bentar – bentar selfie yang akan menggantu proses belajar Anda.

3. Belajar Secara Runut

Dalam belajar ada tahapannya. Jika belum bisa pada tahapan ke satu jangan melakukan tahapan yang kedua atau ketiga. Terus ulang – ulang tahapan yang pertama tadi sampai benar – benar mahir. Jika sudah mahir, maka Anda bisa melangkah pada tahanp selanjutnya.

Contoh dalam renang gaya dada, Anda akan belajar tentang cara meluncur, mengampung, bernafas dan menggerakkan tangan dengan kaki. Semuanya ini akan dipraktekkan satu persatu.

4. Mau Berkorban

Dalam belajar, ada hal yang haus kita korbankan, seperti: uang, waktu dan lainnya. Anda harus berani alokasikan uang untuk beli pakaian renang dan perlengkapan lain, termasuk kacamata renang.

Untuk waktu, paling tidak Anda butuh sekitar 2 jam sekali latihan renang. Semuan ini harus Anda korbankan demi belajar. Ada juga orang yang rela kulitnya jadi hitam agar bisa berenang.

Yakinlah, pengorbanan yang dilakukan tidak akan sia – sia. Semua akan ada balasannya dikemudian hari. Balasan dalam bentuk manfaat yang nyata.

Lihat: Rental Mobil Avanza di kota Medan

Demikian dulu informasi mengenai tempat belajar renang di kota Medan. Meski Unimed bukanlah berada di lokasi Medan, melainkan Deli Serdang, namun lokasinya masih berada di sekitar pinggiran kota Medan. Sehingga mudah di jangkau oleh Anda, dimana pun Anda berada.  

Anda punya tempat rekomendasi untuk belajar berenang, silahkan tulis pada kolom komentar.