Alat Musik Gambus, Cara Memainkan dan 4 Fungsinya

Posted on

Alat musik Gambus menjadi bagian dari instrumen hiburan di tanah yang banyak penggemarnya. Meski tidak asli alat musik Indonesia, namun kehadiran Gambus sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kesenian Indonesia, khususnya di daerah yang mayoritas suku Melayu.

Musik Gambus merupakan salah satu hiburan yang menyenangkan dan penggemarnya tiada pernah habis, selalu bertambah dari waktu ke waktu. Mendengarkan permainan alat musik Gambus memiliki banyak sekali manfaat. Salah dua manfaatnya adalah dapat mewakili perasaan seseorang, kemudian juga dapat memperbaiki kondisi suasana hati seseorang. Kemudian, mendengarkan musik Gambus kabarnya dapat menjadi solusi yang tepat saat merasa lelah dan juga bisa memberikan inspirasi atas masalah yang terjadi pada manusia.

Gambus yang dimainkan dengan cara di petik ini, sebenarnya sudah sejak lama digunakan oleh manusia untuk menciptakan musik. Kalau Anda tahu alat musik Mandolin, maka ada kemiripan dengan Gambus yang berasal dari Timur Tengah ini. Sedikitnya, alat musik Gambus dipasangi 3 senar dan paling banyak 12 senar. Dalam pertunjukannya, Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa Gambus yang diberi nama orkes Gambus.

Hampir setiap seminggu sekali, pertunjukkan Gambus bisa dijumpai khususnya di basis penduduk suku Melayu, seperti Medan dan Riau. Bisa pada acara pesta keluarga, apakah nikah, sunatan atau hajatan tertentu. Atau bisa juga pertunjukan hiburan dalam acara instansi pemerintah/swasta yang digelar pada lapangan terbuka.  

Seniman sedang memainkan Gambus via ikurniawan.com

Cara Memainkan Gambus

Seperti umum diketahui, alat musik klasik Gambus merupakan alat musik jenis petik yang berasal dari Timur tengah. Alat musik Gambus biasanaya menjadi pengiring dari pertujukan tarian Zapin dan nyanyian pada waktu diselenggarakan pesta pernikahan atau acara syukuran.

Merupakan sarana untuk sampaikan dakwah Islan, maka Gambus sangat identik dengan nyanyian yang bernafaskan Islam. Pada saat mengiringi penyanyi, alat musik Gambus tidak tampil sendiri, ada alat musik lain ikut tampi juga, seperti Marwas untuk memperindah irama nyanyian. Karena bentuknya yang unik seperti bentuk buah labu siam, membuat Gambus sangat mudah dikenal oleh masyarakat.

Selain itu, alat musik Gambus juga dianggap penting dalam nyanyian Ghazal yang berasal dari Timur Tengah di masa kesultanan kejaraan Malaka. Datangnya pedagang-pedagang Timur Tengah ketika itu telah membawa budaya masyarakat mereka dan memperkenalkannya kepada masyarakat di Tanah Melayu berdasarkan sejarah alat musik Gambus sendiri

Fungsi Alat Musik Gambus

Sekarang kita bahas mengenai fungsi dari alat musik Gambus. Mohon dikoreksi jika Anda temukan kekeliruan pada penulisan ini. Meski kami sudah teliti dalam menulis tema Gambus, namun yang namanya manusia pasti ada khilaf dalam perbuatannya.

Alat musik Gambus merupakan instrumen musik tradisional suku Melayu yang tersebar di pulau Sumatera dan Semenanjung Malaysia. Belum tahu, mana yang dahulu, apakah Indonesia atau negara Ipin Upin memainkan Gambus. Yang penting kami sampaikan sampai sekarang Gambus masih eksis di kedua negara tersebut.

Ada pihak yang selalu mengkaitkannya dengan kebudayaan Islam. Hal ini tentunya sah – sah saja. Sudah di singgung diatas, bahwa sejatinya Gambus asalnya dari peradaban Timur-Tengah yang dipakai dalam  taqsim, tahmila, bashraf dan doulab.

Berikut ini adalah fungsi alat musik Gambus

Fungsi atau kegunaan dari kesenian Gambus begitu terasa sampai zaman now ini. Semuanya dapat dibuktikan dengan masih lestarinya kesenian yang sarat dengan pesan agama ini. Beberapa kegunaannya dibawah ini dapat menambah wawasan Anda.

1. Sarana dakwah bagi Umat Islam.

Sama halnya dengan tari Saman yang berasal dari Aceh, kesenian musik Gambus juga menjadi media untuk syiar dakwah Islam. Sasarannya para penikmat musik Gambus tidak hanya terhibur, namun bisa meningkat kadar spritualnya dan rasa kepemilikannya kepada Islam.

2. Hadir memberikan warna tersendiri di masyarakat Melayu

Suku melayu menjadi icon dari distribusi kesenian Gambus di nusantara. Bahkan ada yang mengira Gambus berasal dari Melayu. Hal ini disebebkan Melayu memang identik dengan hiburan Gambus dalam berbagai acara adatnya. Kebiasaan Melayu tersebut berlangsung terus menueru sampai lintas generasi ke kegerasi.

3. Meningkatkan Wawasan Dalam Kesenian Melayu

Seni memiliki disiplin ilmu tersendiri yang bersifat sangat luas. Belajarnya tidak cukup hanya menghabiskan waktu selama satu hari saja. Bagi yang sudah punya wawasan dibidang musik, maka kehadiran musik Gambus bisa menambah wawasan dari yang sudah ada.

4. Jadi Inspirasi dan Referensi Untuk Seniman

Seniman untuk mendapatkan ide dalam bermusik sangat membutuhkan yang namanya isnpirasi. Tanpa adanya inspirasi, kreativitas tidak akan terjadi. Alat musik Gambus dapat menjadi inspirasi dan referensi untuk para seniman, khusunya seniman Indonesia.