13 Alat Musik Gesek Tradisional, Indonesia dan Daerah Lain

Posted on

Alat musik gesek tradisional, baik dari Indonesia maupun daerah merupakan informasi yang berhasil kami kumpulkan guna selanjutnya dibaca oleh para pengguna internet yang membutuhkannya. Banyak warga Indonesia yang sampai saat ini belum mengenal dengan baik apa saja nama alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek, makanya kami tergerak untuk menulis artikel yang Anda baca ini.

Alat musik gesek tradisional semakin hari semakin langka eksistensinya. Tidak lain penyebabnya adalah maraknya alat musik yang sudah dimordenisasi, baik tampilan dan yang lainnya. Jika zaman dahulu bahanya hanya terbuat dari kayu atau bambu saja, kini sudah ada yang terbuat dari logam dan tembaga. Harga yang ditawarkan pun lebih mahal dari yang klasik.

Beda dengan alat musik tiup, pada alat musik gesek tradisional, suara yang dihasilkan terjadi jika senar digesek oleh sebuah alat bantu. Memainkannya tidaklah mudah. Anda butuh ketekunan dan kesabaran ekstra agar bisa mahir dalam memainkannya. Ada baiknya Anda cari guru les musik yang sudah berpengalaman. Belajar secara otodidak dengan menggunakan Komunikasi Daring tidak menjamin Anda bisa mahir dalam bermusik.     

Hampir semua alat musik Indonesia yang berasal dari daerah ada yang dimainkan dengan cara di gesek, apakah itu alat musik Nias, alat musik Papua maupun alat musik Betawi. Artinya, kehadiran alat musik ini tidaklah menjadi sesuatu yang asing bagi warga Indonesia sebenarnya.

Kita sangat berharap alat musik gesek tradisional ini tetap lestari di Indonesia. Jangan sampai hilang di telan oleh masa, apalgi di klaim milik negara lain. Kehadiran alat musik gesek modern jangan dijadikan sebagai ajang untuk menghilangkan alat musik yang masih tradisional. Justru keduanya harus disinergikan dengan baik dalam berbagai pertunjukkan musik. Yang bikin alat musik gesek tradisional begitu bernilai adalah arti sejarah yang tidak bisa di nilai dengan materi.

Lihat: Alat Musik Tradisional Jepang

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kita bahas satu persatu nama-nama alat musik gesek tradisional yang penting untuk diketahui.   

1. Tarawangsa

Tarawangsa via wordpress

Alat musik Tarawangsa adalah salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari daerah Jawa. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki 2 (dua) buah dawai yang terbuat dari besi atau baja. Memainkan alat musik ini memerlukan busur sebagai alat geseknya.

2. Tehyan

Tehyan via kependidikan

Tehyan adalah alat musik yang lahir dari perpaduan budaya Jawa dan Tionghoa. Alat musik ini dikenal berasal dari wilayah DKI Jakarta yang merupakan daerah penduduk mayoritas suku Betawi. Kebiasaan masyarakat Betawi memainkan alat musik ini dalm acara pergelaran rakyat.

3. Arababu

Arababu via Kamerabudaya

Arababu adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Maluku. Alat musik ini terbuat dari bahan bambu dan tabung resonansi yang terbuat dari batok kelapa. Alat musik Maluku ini biasa dimainkan sebagai hiburan rakyat baik secara individu maupun bersamaan dengan alat musik lainnya.

Selain terkenal dengan kesenian, daerah Ambon Manise ini juga terkenal dengan tarian tradisional Maluku dan Pakaian Adat Maluku.

4. Keso Keso

Keso Keso via pusatpandang.com

Alat musik keso – keso adalah salah satu alat musik gesek tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Alat musik Sulawesi Selatan ini dimainkan dengan cara digesek sama seperti alat musik gesek pada umumnnya, namun untuk memainkan alat musik ini diperlukan keterampilan khusus agar nada yang dihasilkan terdengar indah.

5. Sukong

Sukong via Blogger

Bila dilihat sekilas alat musik ini memiliki bentuk yang sama seperti Rebab namun ketika sudah dimainkan suara atau nada yang dihasilkan sangat jauh berbeda dengan Rebab. Sukong memiliki nada dasar G yang dihasilkan dari dua buah senar yang terdapat dalam alat musik ini. Dalam satu pertunjukan hiburan yang bernama Gambang Kromong, Sukong berperan sebagai nada bass karna suara yang dihasilkan rendah.

6. Arbab

Arbab Aceh via Blogger

Arbab adalah alat musik yang terbuat dari tempurung dan dawai nya terbuat dari serat rotan. Dari informasi yang umum, Arbab asalnya Nanggroe Aceh Darussalam. Biasanya masyarakat setempat memainkan alat musik Aceh ini dalam acara hiburan rakyat. Meskipun terlihat musda dimainkan namun ternyata alat musik ini memerlukan kemampuan khusus untuk memainkannya.

Beberapa daerah di Aceh masih menjadikan Arbab sebagai kebiasaan masyarakat Aceh dalam menghibur diri dan masyarakat. Semoga saja tetap terjaga.

7. Rabab

Rabab via Blogger

Rabab merupakan alat musik asalnya dari propinsi Sumatera Barat. Walau dikenal sebagai alat musik tradisional dari Sumatera Barat namun ternyata alat musik ini aslinya berasal dari wilayah Timur Tengah yang dibawa masuk ketanah air seiring dengan masuknya agama Islam kewilayah nusantara. Masyarakat Minang biasanya memainkan alat musik ini dalam acara hiburan rakyat.

8. Rebab

Rebab via Ebay

Rebab adalah salah satu instrumen musik yang terdapat dalam satu set gambang kromong. Alat musik ini dikenal dikalangan masyarakat betawi meski daerah asal dari alat musik ini adalah jazirah Arab. Masyarakat Betawi mengadopsi alat musik ini sejak lama dan dijadikan sebagai salah satu kekayaan musik tradisional dari Betawi.

9. Haegeum

Haegeum via Bing

Haegeum adalah alat musik gesek yang berasal dari manca negara tepatnya negeri ginseng Korea Selatan. Bentuk alat musik ini mengadaptasi bentuk dari Rebab asal Cina. Haegeum memiliki dua buah Dawai dan dimainkan dengan cara digesek menggunakan busur. Karna bentuknya yang kecil maka untuk memainkan alat musik ini diletakkan diatas pangkuan pemainnya.

10. Erhu

Erhu via Bing

Alat musik ini diperkirakan sudah ada sejak zaman dinasti tang pada sekitar abad ke 7 masehi. Alat musik tradisional gesek ini berasal dari negeri Tiongkok. Alat musik ini populer diwilayah minoritas yang ada di bagian Barat laut Tiongkok.

11. Yangqin

Yangqin via Istimewa

Suara yang dihasilkan alat musik gesek yang satu ini terbilang sangat lantang dan nyaring. Alat musik yang berasal dari wilayah Tiongkok ini biasanya dijadikan sebagai alat musik kuncio dalam sebuah pertunjukan tradisional Cina.

12. Biola

Biola via Blogger

Biola adalah alat musik yang memiliki 4 buah senar. Alat musik ini sudah sangat terkenal baik didalam maupun luar negeri. Biasanya alat musik ini sering dipadukan dengan alat musik lain dalam satu pertunjukan musik jazz. Namun banyak juga yang suka menikmati keindahan suara dari alat musik ini ketika dimainkan secara solo.

13. Contre Bass

Contre Bass via Wikipedia

Alat musik yang satu ini sangat dikenal para pecinta musik jazz. Alat musik ini berbentuk seperti biola namun memiliki ukuran yang lebih besar. Suara yang dikeluarkan alat musik ini terbilang rendah. Selain digesek terkadang alat musik ini juga dimainkan dengan cara dipetik.

Lihat: Alat Musik Melodis

Tempat Beli Alat Musik Gesek

Karena menjadi alat musik yang masih dibutuhkan, maka produksi alat musik gesek tradisional masih terus berlangsung. Sebagian ada yang di produksi di dalam negeri dan ada pula yang di impor dari luar negeri.

Untuk tempat yang menjual alat musik gesek tradisional, pengusaha ada yang menjualnya secara online dan offline. Untuk pembelian online, Anda bisa lihat di beberapa market place seperti Bukalapak, Tokopedia dan Lazada. Sedangkan untuk toko yang menjual secara offline bisa di temukan daerah kota yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Mana yang lebih mahal, apakah toko online atau toko offline? Kami tidak bisa menjawabnya secara pasti. Namun keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Di toko offline Anda bisa melihat langsung secara fisik alat musik geseknya. Sedangkan untuk toko online, Anda hanya melihat dalam bentuk gambar saja. Seringkali antara gambar dengan produk asli tidak sama. Hal ini yang membuat konsumen kecewa dalam belanja online.  

Untuk mengantisipasi rasa kecewa konsumen, pedagang online pun menerapkan sistem Cash On Delivery (COD). Dimana pembeli bisa membayar setelah barang yang dipesan sampai di rumah.

Lihat: Alat Musik Harmonis

Demikian kami sampaikan informasi tentang alat musik gesek tradisional dikesempatan kali ini. Semoga saja memberikan banyak manfaat kepada para pembaca yang budiman. Kami tetap menerima segala bentuk masukan, baik dalam bentuk komentar, saran maupun kritik. Anda bisa menulisnya dikolom komentar yang sudah kami sediakan.

Silahkan berkomentar