9 Alat Musik Tiup Modern: Jenis, Nama dan Contohnya

Posted on

Alat musik tiup modern, mulai dari jenis, nama dan contohnya merupakan kelanjutan dari pembahasan tentang kesenian musik sebelumnya yang ada di blog ini. Tujuannya tidak lain untuk menyempurnakan informasi agar para pembaca mengetahui secara sempurna, tidak sepotong – sepotong. Informasi yang menyeluruh akan menghasilkan pemahaman yang baik pula.

Secara sederhana pengertian dari alat musik tiup modern adalah sebuah alat atau beberapa alat musik yang dimainkan dengan menggunakan mulut sebagai media meniupnya. Dan alat musik yang dipakai adalah alat yang dikategorikan modern atau lebih maju dari alat musik yang tergolong klasik.

Ulasan terkait dengan alat musik tiup modern tidak kalah pentingnya dengan tema alat musik lain, seperti alat musik Papua, alat musik Betawi dan alat musik Madura. Diantara alat musik daerah tersebut dipastikan ada yang dimainkan dengan cara di tiup oleh mulut.

Keberadaan alat musik tiup modern sejatinya akan menggeser alat musik tiup tradisional jika tidak dibuat aturan yang jelas dari pemerintah sebagai pembuat regulasi. Alangkah indahnya jika keduanya bisa sinergi dengan baik, sehingga tidak perlu menonjolkan yang modern dan menenggelamkan yang tradisional. Dengan begini, sesuatu yang klasik akan terus lestari sampai kapan pun juga. Generasi masa depan tetap bisa menikmatinya.

Ada alat musik tiup modern yang memang asli Indonesia (baca: dalam negeri) dan ada pula yang memang asalnya dari luar negeri dan kemudian diadaptasi dengan kearifan lokal. Ya, ada banyak alat musik di nusantara yang menjadi ciri khas dalam negeri meski asalnya dari luar negeri. Salah satu cara masuknya alat musik dari luar negeri adalah melalui jalur perdagangan. Dimana pada masa lalu, banyak pedagang yang datang dari Timur Tengah, Eropah datang menawarkan barang sekaligus mengenalkan alat musik mereka kepada kita.

Pada artikel alat musik tiup modern ini, kami akan menyampaikan nama, deskripsi, gambar, jenis dan contohnya saja. Ada yang lengkap dan ada pula yang tidak disebabkan minimnya referensi yang ada. Namun kami akan tetap akan melakukan perbaikan dikemudian hari yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Info tambahan juga bisa kami dapatkan atau datang dari masukan para pembaca yang budiman.

Berikut ini daftar nama – nama alat musik tiup modern yang wajib diketahui.   

1. Flute

Flute via Blogger

Alat musik yang satu ini memiliki karakter suara yang lembut sehingga sangat cocok untuk dimainkan bersamaan dengan instrumen musik lainnya. Flute juga termasuk instrumen musik dari keluarga woodwind. Alat musik ini umumnya terbuat dari bahan perak ataupun emas.

2. Harmonika

Harmonika via wikipedia

Harmonika ditemukan pada tahun 1821 oleh Cristian Friendrich Buschaman. Harmonika merupakan alat musik yang simpel disebabkan cuma terdiri dari plat-plat getar dari logam yang ditata secara horizontal dan hanya menyediakan nada tiup kromatis. Memiankann alat musik ini terbilang amatlah mudah hanya tinggal meniup dan mneghisapnya.

3. Klarinet

Klarinet via Blogger

Nama alat musik ini diambil dari bahasa Italia, yaitu “clarino” yang berarti terumpet, sedangkan tambahan “et” dibelakangnya berarti kecil. Alat musik ini memang berukuran lebih kecil saksofon. Menurut sejarahnya alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini masih berasal dari keluarga woodwind. Memainkan alat musik ini hampir sama dengan memainkan alat musik saksiofon yaitu memakai satu reed.

4. Obo

Obo via Google Image

Memainkan alat musik Obo ini sedikit lebih sukar karena untuk memainkannya harus ditiup dengan double reed jenis woodwind. Obo berasal dari kata Perancis Hautbois yang berarti highwood. Di negara Inggris alat musik ini disebut Hautboy. Alat musik tiup ini merupakan keturunan dari Shawm. Orang yang memainkan alat musik ini disebut Obois. Obo dikenal dengan alat musik yang memiliki suara yang jernih dan melengking.

5. Saksofon

Saksofon via Bruin Blog

Alat musik tiup Saksofon terbuat dari bahan logam. Saksofon sering dihubungkan dengan musik – musik populer seperti big band dan musik Jazz. Awalnya alat musik Saksofon ini adalah alat musik yang biasa digunakan dalam pertunjukan orkestra dan musik kemiliteran. Saksofon sendiri terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, Curved Bell Soprano Saxophone, Soprano Saxophone, dan Alto Saxophone.

6. Tuba

Tuba via Youtube

Alat musik Tuba merupakan alat musik yang bisa kita jumpai dalam orkestra modern. Alat musik ini pertama kali ditemukan pada abad ke 19. Tuba memiliki ukuran yang besar dan suara yang rendah dan termasuk dalam golongan keluarga alat musik tiup brass. Nada yang dihasilkan alat musik Tuba ini dipengaruhi oleh panjang dan bentuk pipa, tekanan bibir, dan kecepatan aliran udara yang dihasilkan. Agar suara yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik maka pipa sengaja didesain berbentuk silindris.

7. Bassoon (Fagot)

Bassoon via Bing

Alat musik Fagot atau Bassoon merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kayu. Alat musik ini terdiri dari pipa-pipa panjang berbentuk U dan Logam yang berbentuk S dengan lidah ganda. Alat musik ini memiliki panjang sekitar 8 kaki dan memiliki sebuah corong kerucut.

8. Trumpet

Trumpet via Youtube

Alat musik Trumpet ini sangat terkenal dalam perkembangan musik modern. Trumpet memiliki tiga tombol yang mengharuskan pemainnya menyesuaikan Embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda. Alat musik ini terbuat dari bahan logam. Trumpet berada pada jajaran tertinggi di antara Tuba, Eufonium, Trombon, Sousafon, French Horn, dan Bariton. Jenis yang paling umum adalah Trumpet Bb.

9. Trombone

Trombone via Wikipedia

Kata Trombone berasal dari bahasa Italia, yaitu “trombe” yang berarti terompet dan kata one yang berarti besar. Terompet besar begitulah bentuk alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini. Orang yang memainkan alat musik ini disebut Trombonis

3 Manfaat Alat Musik Tiup Bagi Kesehatan

Ada sebuah penelitian yang memberikan informasi mengenai manfaat dari alat musik tiup yang ternyata menambah fungsi keberadannya selain sebagai alat menghibur. Yaitu bermain alat musik tiup ternyata berdampak pada kesehatan manusia.

Dilansir laman Republika, paling tidad ada 3 manfaat dari bermain musik tiup dan berikut informasinya.

1. Pernafasan

Pernapasan manusia akan lebih terkontrol dan kapasitas paru akan mengalami peningkatan. Kejadian ini tentu sangat baik bagi kehidupan manusia.

2. Obati Penyakit Asam

Bahkan ada yang menderita penyakit Asma sekian lama dan kemudian bermain salah satu alat musik Tiup. Kini penyakit asmanya menjadi lebih terkontrol.

3. Kebugaran Tubuh

Ada juga yang memeberikan kesaksian tubuhnya menjadi bugar pasca sering bermain alat musik tiup. Sepertinya ini dampak dari pernafasan yang baik sehingga tubuh menjadi baik pula. Kebugaran tubuh juga bisa terwujud dengan rutin belajar renang.  

Lihat: Alat Musik Ritmis

Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik bermain alat musik tiup?

Ada banyak cara untuk belajar alat musik tiup, salah satu kursus ditempat sekolah musik, baik yang formil atai non formil. Jika ini bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda, kenapa tidak? Tentu akan banyak orang yang berlomba – lomba untuk mempelajarinya. Khususnya orang yang menderita penyakit asma. Penyakit sembuh dan hiburan terus berjalan.

Lihat: Alat Musik Nias

Oke, kami cukupkan sampai disini dahulu ulasan mengenai artikel alat musik tiup modern. Dilain waktu akan di perbaharui sesuai dengan data dan informasi yang didapatkan. Anda dipersilahkan menyampaikan pendapat melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.