22 Alat Musik Tradisional Khas Betawi, Gambar dan Keterangannya

Posted on

Alat musik tradisional khas Betawi dan gambar serta keterangannya adalah informasi yang bersifat ilmu pengetahuan untuk mengenal lebih jauh tentang kesenian Indonesia dari daerah yang berbasis masyarakat Betawi. Karena identik dengan ilmu pengetahuan khsususnya bidang seni, maka semua warga negara Indonesia disarankan untuk tahu, baik mereka yang berprofesi sebagai seniman atau masyarakat umum. Sekedar tahu tidaklah terlalu sulit untuk mewujudkannya di zaman revolusi informasi sekarang ini yang bertaburan informasi disana sini.

Hal yang sulit lebih lanjutnya adalah mengenai cara memainkan alat musik Betawi. Tidak semua orang bisa dengan mudahnya memainkan meski alat musik tergolong klasik. Butuh ketekunan dan kesabaran ekstra dalam belajar agar bisa menghasilkan nada yang enak didengar oleh telinga.

Untuk Anda yang benar – benar ingin bisa bermain alat msuik Betawi ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, kursus dengan guru atau belajar secara otodidak. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda bisa mensikapinya dengan bijak, maka kedua cara tersebut bisa Anda lakukan dan akan menghasilkan proses belajar yang menyenangkan.

Oh iya, pada waktu yang lalu, kami sudah menulis beberapa alat musik dari daerah lain, seperti alat musik Madura, alat musik Sunda dan alat musik Papua juga. Kedepan akan banyak lagi alat musik yang merupakan kekayaan Indonesia kami tulis melalui blog ini.   

Kami merasa bahwa alat musik khas Betawi juga merupakan hal yang penting untuk disampaikan, maka dengan bersusah payah kami luangkan waktu untuk menulisnya. Kami yakin ada banyak orang Indonesia yang menantikannya.

Cakupan artikel akan membahas mengenai nama – nama alat musik Betawi yang berasal dari China (Cina) dan yang memang asli buatan Indonesia sendiri. Unuk panduan cara memainkannya, tidak banyak kami suguhkan. Hanya secara umum saja.  

Baiklah, berikut ini adalah kumpulan daftar alat musik tradisional khas Betawi yang penting untuk diketahui.

1. Kempul

Kempul via Blogger

Alat musik Kempul adalah salah satu perangkat dalam pertunjukan Gamelan. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditabuh. Biasanya posisinya digantung dijadikan satu perangkat dengan gong. Kempul juga merupakan kelompok instrumen keras dari Gamelan.

2. Kecrek

Kecrek via Blogspot

Kecrek adalah alat musik tradisional dari Betawi yang biasanya dimainkan untuk mengiringi pertunjukan wayang. Kecrek termasuk dalam alat musik perkusi yang dijadikan sebagai alat pemberi isyarat beragam bentuk aba-aba iringan maupun sikap wayang dalam seni perdalangan. Selain mengiringi pertunjukan wayang alat musik ini juga dapat dijadikan pengiring irama lagu.

3. Ketuk

Ketuk via percepat

Ketuk adalah salah satu instrumen musik yang terdapat dalam satu set Gamelan Jawa. Bentuk alat musik ini sama seperti Bonang namun lebih rendah. Fungsi alat musik ini adalah sebagai pemberi penekanan dalam musik Gamelan.

4. Seruling

Seruling via WordPress

Seruling yang sangat melekat dengan budaya suku Jawa ternyata juga menjadi bagian dari kebiasaan orang Betawi yang memiliki ciri khas tersendiri. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini biasanya dimainkan secara solo ataupun beriringan dengan alat musik lainnya. Bahan baku untuk membuat Seruling ini adalah bambu.

5. Klarinet

Klarinet via Blogger

Klarinet adalah alat musik yang cara memainkannya sama seperti terompet. Bentuk alat musik ini lebih kecil dari pada terompet. Sama seperti saksofon alat musik ini dimainkan dengan menggunakan satu set.

6. Saron

Saron adalah alat musik tradisional Betawi yang termasuk dalam salah satu instrumen gamelan yang termasuk dalam keluarga balungan. Biasanya alat musik ini dimainkan pada acara-acara adat oleh musisi tradisional. Orang betawi mengenal alat musik ini dengan nama lain yaitu ricik.

7. Kendang

Kendang via Blogger

Kendang adalah alat musik yang banyak tersebar diseluruh wilayah nusantara termasuk juga di daerah Betawi. Kendang dimainkan dengan cara dipukul dan biasanya dimainkan pada upacara-upacara adat dan hari – hari besar tertentu.

8. Gong

Gong via Blogger

Gong adalah alat musik pukul yang sangat populer dikawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Pada masyarakat Betawi, Gong biasanya dipakai pada cara – cara tertentu seperti peresmian suatu acara. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul khusus. Gong terbuat dari bahan dasar kuningan dan biasanya memiliki ukuran yang besar.

9. String Bass

String Bass via Silontong.com

String bass adalah alat musik tradisional Betawi yang dimainkan dengan cara gesek seperti bermain biola. String sendiri berarti tali atau senar. Alat musik ini biasa dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya dalam satu pertunjukan kesenian tradisional betawi.

10. Mandolin

Mandolin via Wikipedia

Satu lagi alat musik gesek yang berasal dari budaya Betawi adalah Mandolin. Mandolin dimainkan dengan cara digesek seperti bermain Biola. Meski cara memainkannya sama seperti bermain biola dan String Bass namun irama yang dihasilkan dari alat musik ini berbeda-beda.

11. Kromong

Kromong via majalahouch

Kromong dan gambang adalah bagian yang tak terpisahkan dalam satu pertunjukan orkes gambang kromong. Dalam sebuah set gamelan jawa kromong dikenal dengan nama bonang. Dalam budaya Betawi kedua alat musik ini sangat melekat dan menjadi bagian yang penting dalam pertunjukan seni tradisional.

12. Kongahyan

Kongahyan via Blogger

Kongahyan adalah alat musik yang banyak terdapat di wilayah Betawi yang banyak didiami oleh warga masyarakat Jawa dan Sunda serta termasuk kebiasaan orang Bali. Alat musik ini memiliki bentuk yang sama dengan Tehyan dan sukong hanya saja ukurannya lebih kecil.

13. Sukong

Sukong via Kamerabudaya

Sukong adalah alat musik yang begitu melekat pada budaya Betawi. Alat musik ini biasanya dimainkan untuk mengiringi pertunjukan tradisional Betawi misalnya Ondel – Ondel dan pementasan lenong. Lagu-lagu seperti kicir-kicir adalah salah satu lagu yang diiringi oleh alat musik Sukong.

Sukong terbuat dari Batok kelapa dan batang pohon yang elastis. Rambut yang terdapat pada busur biasanya menggunakan rambut ekor kuda jantan yang bewarna keemasan.

14. Akordeon

Akordeon via Silontong.com

Akordeon adalah alat musik yang biasanya banyak dijumpai dan menjadi kebudayaan masyarakat Melayu. Namun masyarakat Betawi juga mengenal alat musik ini dan biasa memainkannya dalam acara  – acara tradisional Betawi. Akordeon masuk dalam golongan musik organ yang biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya dalam satu pertunjukan organ musik.

15. Tamborin

Tamborin via Silontong.com

Tamborin atau sering dikenal pada masyarakat sebagai kerincingan adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu, kulit dan lempengan alumunium. Tamborin merupakan bagian dari alat musik perkusi. Tamborin dimainkan dengan dua cara yaitu ditabuh dan digoyangkan.

16. Biola

Biola sebenarnya bukanlah sebuah alat musik tradisional asli dari wilayah nusantara. Namun dibeberapa daerah di nusantara Biola sudah sejak lama menjadi bagian dari budaya nusantara. Salah satu daerah yang mengadopsi Biola menjadi alat musik tradisionalnya adalah Betawi. Biola memiliki empat senar (G-D-A_E) yang disetel berbeda satu dan lainnya untuk menghasilkan keselarasan nada. Dari nada-nada yang terdapat dalam Biola. Nada yang paling rendah adalah G. Memainkan alat musik ini adalah dengan cara digesek menggunakan alat gesek yang sudah tersedia.

17. Gitar

Gitar juga menjadi salah satu alat musik tradisional dari daerah Betawi. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki senar. Cara memainkannya adalah dengan cara di petik oleh tangan. Biasanya alat musik ini dimainkan secara solo untuk sarana hiburan.

18. Terompet

Terompet adalah alat musik tiup yang terbuat dari bahan logam. Memainkan alat musik ini perlu keterampilan dalam meniup dan menekan tombol-tombol yang ada agar menghasilkan irama yang indah. Alat musik ini sangat populer dikalangan masyarakat adat Betawi.

19. Rebana Ketimpring

Rebana Ketimpring via Blogger

Dalam budaya masyarakat betawi terdapat beberapa jenis Rebana, diantaranya adalah Rebana Ketimpring. Rebana Ketimpring memiliki tiga kerincing yang diikatkan pada Rebana tersebut. Alat musik ini memiliki ukuran diameter 20 sampai 25 cm untuk rebana yang terkecil. Alat musik ini dimainkan pada acara-acara pesta pernikahan, kelahiran dan khitanan.

20. Rebab

Rebab via Google Image

Rebab juga salah satu alat musik yang melekat pada budaya Melayu di pulau Sumatera. Rebab sebenarnya berasal dari bahasa Arab dan memang menurut sejarahnya alat musik Rebab ini dibawa masuk kewilayah nusantara oleh bangsa Arab yang melakukan perdagangan dan dakwah di wilayah indonesia. Tak heran jika penyebaran alat musik ini mengikuti sebaran agama Islam di wilayah nusantara.

21. Tehyan

Tehyan adalah alat musik gesek yang biasa dimainkan oleh masyarakat Betawi sebagai hiburan. Alat musik ini merupakan perpaduan dari dua budaya yaitu Tionghoa dan Jawa.

22. Gambang

Gambang adalah alat musik tradisional Betawi yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terdiri dari 18 bilah bambu yang tersusun rapi. Biasanya alat musik ini dimainkan dalam kesenian gambang kromong Betawi.

Lihat: Alat Musik Maluku

Mengkemas Jadi Objek Wisata

Tiada salahnya fungsi alat musik tradisional Betawi dijadikan objek wisata. Salah satu manfaatnya adalah menambah pemasukan kas daerah. Kemudian, alat musik tersebut akan terkenal oleh para pengunjung yang datang, baik dari dalam negeri sendiri maupun dari luar negeri. Sekarang masalahnya adalah pemerintah selaku pemangku kebijakan mau atau tidak melakukan hal tersebut. Jika mau, maka dukungan masyarakat harus juga ada agar berjalan dengan cepat.

Dengan begini, eksistensi dari alat musik Betawi akan terus terjaga. Selanjutnya akan berdampak pada terbukanya lapangan kerja pada bidang kerajinan tangan. Semoga saja, para turis yang datang tidak sekedar melihat, tetapi mereka membeli karena ingin tahu cara memainkan alat musiknya.

Pilihan ini merupakan industri kreatif yang mempunyai nilai strategis untuk membangun ekonomi Indonesia. Tentu sangat disayangkan sekali jika tidak diterapkan di masyarakat Betawi. Karena beberapa daerah lain sudah mulai menerapkannya.

Lihat: Alat Musik Sumatera Barat   

Demikian kami sampaikan informasi mengenai alat musik tradisional khas Betawi ini di suguhkan untuk para pembaca yang budiman. Akan sangat tepat jika tulisan ini mendapat saran, kritik dan komentar dari supaya lebih baik.