12+ Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat beserta Gambar dan Penjelasan

Posted on

Alat musik tradisional khas Jawa Barat adalah kesenian musik daerah yang merupakan bagian dari kesenian musik nusantara. Keberadaan kesenian tersebut menjadi pelengkap dari kesenian yang sudah ada sekaligus memperkaya khazanah Indonesia. Pada informasi yang akan diuraiakan terkait dengan artikel ini bukan hanya sampai pada nama – nama alat musik Jabar saja, namun disertai dengan gambar dan juga penjelasannya. Hal ini berguna untuk menambah sedikit wawasan para pembaca sekalian.  

Selain upacara Jawa Barat yang terkenal sampai ke dunia internasional, alat musik dari Jawa Barat juga banyak juga yang mendunia nama – namanya. Dalam banyak acara, kesenian musik yang menghadirkan alat musik tersebut sangatlah banyak jumlahnya dan bervariasi. Ada yang gelar oleh masyarakat dan ada pula yang hanya di gelar oleh pihak keluarga yang mempunyai hajatan.  

Adapun peranan dari alat musik daerah Jawa Barat yaitu sebagai penghibur masyarakat lokal pada masa lalu dan sampai sekarang. Hanya saja, untuk masa sekarang ini,volumenya berkurang karena dampak dari hadirnya beraneka ragam alat musik modern yang serba canggih dan kaya sentuhan teknologi. Meski begitu, keberadaan alat musik khas Jawa Barat diyakini tidak akan pernah lekang ditelan masa. Hal ini disebabkan pemerintah mempunyai kewajiban untuk menjaga dan merawatnya sampai kapan pun juga.

Tidak hanya sebagai media hiburan, ada kalanya keberadaan alat musik Jabar juga digelar sebagai pendukung acara pertunjukan upacara dan tarian Jawa Barat. Kita ketahui bahwa seni tari sangat identik dengan seni musik. Keduanya saling melengkapi dan fungsinya sebagai kesenian daerah.  

Beberapa waktu yang lalu, kami sudah berhasil mengumpulkan beberapa instrumen klasik dari daerah yang berada di pulau Sumatera, seperti alat musik Bengkulu, alat musik Jambi dan alat musik Lampung. Kini kami akan menghimpun beberapa alat musik tradisional yang berada dipulau Jawa, dan Jawa Barat salah satunya.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, berikut adalah kumpulan alat musik tradisional khas Jawa Barat yang pernah ada.

1. Kecapi

Kecapi Jawa Barat via Silontong

Kecapi merupakan alat musik tradisional asli Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini sering dimainkan untuk mengiringi tembang-tembang khas Sunda. Kecapi di bagi menjadi dua bagian yaitu kecapi induk (Indung) dan Kecapi anak. Perbedaan antara dua kecapi ini adalah terletak pada ukurannya dan jumlah senar yang ada pada Kecapi itu sendiri. Selain itu Penggunaan Kecapi induk adalah sebagai instrumen pemimpin jalannya musik dan juga sebagai intro bahkan sebagai pengatur tempo. Sedangkan Kecapi anak penggunaanya lebih pada pengiring jalannya musik dan mengisi jeda-jeda antar nada.

2. Calung

Calung via budayajawa.id

Daerah Jawa Barat terkenal dengan alat musik yang banyak terbuat dari bambu yang tersusun sejajar dan rapi. Salah satu alat musik yang terbuat dari bambu adalah Calung. Calung adalah alat musik tradisional khas jawa barat yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus, tidak menggunakan tangan secara langsung.

3. Celempung

Celempung via Blogger

Satu lagi alat musik tradsisional yang terbuat dari bambu adalah Celempung. Instrumen musik yang menggunakan alat musik ini sebagai salah satu ciri khasnya adalah Gamelan. Celempung terbuat dari susunan batang bambu dan menggunakan senar dari kulit bambu. Senar pada Celempung bisa disetel dengan menggunakan nada pelog ataupun nada slendro. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada bagian batang bambunya.

4. Tarawangsa

Tarawangsa via Dictio

Alat musik yang satu ini biasanya dimainkan bersama dengan iringan alat musik sejenis Kecapi yang disebut Jentreng. Tarawangsa memiliki bentuk yang sama dengan Rebab. Perbedaan kedua alat musik ini adalah terletak pada jumlah dawai yang terdapat pada alat musik ini. Jika pada rebab terdapat 3 dawai maka pada Tarawangsa hanya memiliki 2 dawai. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek seperti bermain biola. Satu dawai digesek dengan alat dan satunya lagi dipetik dengan jari telunjuk kiri.

5. Kendang

Kendang via Blogger

Kendang atau gendang adalah alat musik yang umum dimiliki hampir semua daerah di indonesia. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini bisa dimainkan secara individu ataupun bersamaan dengan instrumen musik lainnya. Kendang terbuat dari bahan kayu nangka yang bagian kedua sisinya dilapisi oleh kulit binatang kerbau ataupun kambing.

6. Rebab

Rebab via kamerabudaya

Rebab adalah alat musik yang masuk ke negara Indonesia sejak abad ke 9 masehi yang diyakini dibawa oleh pedagangan dari Timur Tengah. Alat musik Rebab dimainkan dengan cara di gesek seperti bermain biola. Pada awalnya Rebab terbuat dari bahan tembaga dan memiliki 3 dawai atau senar. Saat ini Rebab yang banyak digunakan dalam pertunjukan budaya di Jawa Barat adalah Rebab yang berbahan dasar kayu.

7. Suling

Suling via Bukalapak

Suling juga salah satu alat musik tradisional dari Jawa Barat yang menjadi salah satu kekayaan musik nusantara. Suling terbuat dari bambu kecil yang diberi 4 sampai 8 buah lubang yang befungsi sebagai pengatur nada. Suling dimainkan dengan cara ditiup. Suling memiliki fungsi atau peran sebagai pengatur melodi pada lantunan lagu tradisional.

8. Arumba

Arumba via Blogger

Arumba sebenarnya bukanlah alat musik tunggal namun merupakan ensemble atau gabungan beberapa alat musik yang semuanya terbuat dari bambu. Arumba sering menjadi bagian dari pertunjukan tradisional di Jawa Barat. Singkatnya, alat musik Arumba bahan pembuatannya dari tanaman bambu.

9. Jentreng

Jentreng via Jabarprov

Jentreng adalah salah satu alat musik tradisional asal Jawa Barat yang berbentuk seperti Kecapi. Ukuran Jentreng lebih kecil dari kecapi dan hanya memiliki 7 buah senar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

10. Karinding

Karinding via Wikipedia

Alat musik tradisional yang satu ini termasuk kedalam salah satu alat musik yang memiliki keunikan tersendiri. Alat musik ini asli dari daerah Jawa Barat yang dimainkan dengan cara diletakkan di bibir kemusian ditepuk bagian pemukulnya untuk menghasilkan nada. Suara karinding muncul dari pergesekan pegangan dan ujung jari yang di tepuk-tepuk.

Salah satu yang membuat alat musik yang satu ini adalah bentuknya dan bahan baku pembuatnya. Jika alat musik ini terbuat dari bahan bambu maka yang memainkannya adalah perempuan, namun jika bahan baku pembuatnya adalah pelepah pohon aren maka yang memainkannya adalah laki-laki. Alat musik ini juga memiliki fungsi yang cukup unik yaitu sebagai pengusir hama di sawah. Hama sangat mengganggu panen padi yang akan dilakukan oleh petani.

11. Jengglong

Jengglong via Blogger

Jengglong adalah adalah alat musik yang terbuat dari kuningan ataupun tembaga dan dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus. Alat pemukul Jengglong biasanya dilapisi rajutan dari bahan dasar wol yang mebuat suara yang dihasilkan lebih lembut. Jengglong memiliki peran sebagai kerangka lagu dal alat musik yang membuat suara standar.

12. Angklung

Angklung via hanyaberbagi

Angklung merupakan salah satu alat musik yang asli dari daerah Jawa Barat. Bahkan tak jarang Angklung menjadi sebuah ikon musik tradisional dari daerah tersebut. Alat musik daerah yang biasa disebut khas Jabar ini tidak asing bagi warga Indonesia. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan untuk menghasilkan nada yang akan terdengar telinga. Alat musik ini terbuat dari potongan – potongan bambu yang disusun sedemekian rupa.

Lihat: Olahraga Tradisional Jawa Barat

Cara Menjaga Alat Musik Di Wilayah Jawa Barat

Untuk menjaga dan melestarikan instrumen kesenian musik yang ada di propinsi Jawa Barat, maka perlu dilakukan beberapa langkah yang dinilai efektif. Salah satunya menjadikannya sebagai destinasi wisata yang mengundang para wisatawan untuk melihatnya. Baik wisatawan domestik maupun luar negeri.

Ada dua manfaat uang akan dirasakan, pertama alat musik Jabar akan terus lestari dibumi pertiwi. Dimana setiap pengunjung yang datang ke Jabar, pasti akan digelar pentunjukan seni musik. Semangat para seniman daerah Jabar akan terus terjaga akibatnya.

Kedua, manfaat dalam hal ekonomi daerah yang bisa menambah pemasukan. Sudah pasti banyak industri yang akan tergenjot dari sektor – sektor yang ada.

Kedua manfaat diatas dapat terealisasi apabila pihak pemerintah mau mengeluarkan kebijakan terkait hal tersebut, baik pemerintah pusat dan pemerintah propinsi,daerah dan kabupaten. Kemudian harus mendapat dukungan yang penuh dari masyarakat lokal.

Lihat: Adat Istiadat Sunda Jawa Barat

Demikian rasanya ulasan mengenai informasi alat musik tradisional khas Jawa Barat pada kesempatan ini. Semoga memberikan banyak manfaat kepada kita semua. Jangan sungkan untuk menyampaikan saran dan kritik guna pengembangan blog ini kedepan.

Jika Anda hendak main ke Jawa Barat, maka silahkan lihat daftar rental mobil Bandung guna membantu perjalanan menjadi lebih efisien.