16 Alat Musik Tradisional Khas Jawa Timur, Nama dan Gambar

Posted on

Alat musik tradisional khas Jawa Timur beserta nama dan gambar serta penjelasannya merupakan informasi yang sangat penting disampaikan kepada para pembaca yang budiman, yang mencintai kesenian nusantara Indonesia, khususnya yang berada di propinsi Jawa Timur ini.  

Masing – masing alat musik Jawa Timur memiliki perbedaan terkait dengan cara memainkannya, ada yang dimainkan dengan cara ditiup dan dipukul, sementara itu ada pula alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek. Bagi mereka yang sudah terlatih, akan tampak sangat mudah memainkannya. Namun bagi mereka yang baru belajar, akan tampak kurang mahir dalam memainkannya.

Bagi Anda yang ingin belajar memainkan alat musik khas Jawa Timur, ada banyak cara. Salah satu caranya adalah dengan kursus pada lembaga pelatihan yang tersedia. Biasanya di sekolah – sekolah dijumpai guru yang mahir dalam memainkan alat musik tradisional daerah Jawa Timur. Anda bisa kursus secara privat dengan mereka dengan menyesuaikan waktu.

Ada banyak kesenian daerah Jawa Timur yang menarik untuk dikenali oleh Anda, seperti tarian Jawa Timur, pakaian adat Jawa Timur dan upacara Jawa Timur. Dalam berbagai kesempatan atau momen acara, biasanya kesenian musik Jawa Timur menjadi pengiring kesenian tari juga sebagai sarana hiburan bagi rakyat setempat.

Baiklah, langsung saja kita bahas satu persatu mengenai nama – nama alat musik tradisional khas Jawa Timur. Berikut informasinya.

1. Gamelan

Gamelan Jawa Timur via senibudayaku.com

Gamelan adalah salah satu instrumen musik yang biasa ditampilkan pada acara pagelaran wayang ataupun upacara adat atau acara-acara keraton. Gamelan sebenarnya bukanlah alat musik tunggal namun sekumpulan alat musik yang memiliki nada yang berbeda-beda namun manjadi satu irama.

2. Bonang

Bonang Jawa Timur via Pinterest

Bonang adalah salah satu instrumen musik melodi yang paling terkemuka dalam gamelan Sunda. Selain di daerah Jawa Timur, Bonang juga terkenal di daerah lain di nusantara. Bonang sebenarnya adalah kumpulan gong berukuran kecil yang memiliki tangga nada yang berbeda. Bonang biasanya terbuat dari bahan perunggu, kuningan ataupun besi. Memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan alat.

3. Terompet Reog

Terompet Reog via Tokopedia

Terompet reog adalah alat musik yang biasa dimainkan dalam pertunjukan Reog Ponorogo. Meski alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup seperti memainkan alat musik terompet namun suara yang dihasilkan sangatlah berbeda dari terompet biasa. Bahan baku pembuatan alat musik ini adalah bambu dan kayu.

4. Tong Tong

Tong Tong via Google Image

Alat musik ini berasal dari daerah Madura. Alat musik ini sejak lama dimainkan oleh masyarakat di pulau Madura untuk melakukan pengamanan di pos kambling. Bunyi suara dari alat ini bisa bervariasi tinggi rendahnya tergantung dari keinginan si pemainnya. Selain untuk menghibur para penjaga di pos kambling, alat musik yang satu ini juga bisa dimainkan pada saat pertunjukan sapi sono dan karapan sapi.

5. Angklung Reog

Angklung Reog via jurnalupdate

Angklung Reok berasal dari daerah Ponorogo propinsi Jawa Timur. Alat musik ini dimainkan dengan cara di goyangkan tabung bambu hingga menggelegar mengeluarkan suara. Alat musik ini biasanya dimainkan untuk mengiringi seni tari Reog Ponorogo. Angklung ini lebih bewarna bila dibandingkan dengan alat musik Angklung pada umumnya. Bahan bambu yang dipakai untuk membuat alat musik ini adalah bambu pilihan yang dapat mengeluarkan suara keras.

6. Saronen

Saronen via Wikipedia

Satu lagi alat musik yang berasal dari daerah pulau Madura adalah Saronen. Saronen memiliki panjang  40 cm dan menggunakannya dengan cara di tiup seperti Seruling. Saronen memiliki 7 lubang, dengan posisi enam lubang berderetan di depan dan satu lubang berederet di belakang. Posisi lubang inilah yang membuat alat musik ini mengeluarkan suara yang keras dan nyaring.

7. Angklung Caruk

Angklung Caruk via Blogger

Jika alat musik Angklung berasal dari daerah Ponorogo maka alat musik Angklung Caruk ini berasal dari daerah Banyuwangi, propinsi Jawa Timur. Biasanya harmonisasi alat musik ini menjadi salah satu kompetisi yang cukup diminati oleh warga banyuwangi. Bahan dasar membuat alat musik ini sama dengan bahan dasar membuat Angklung pada umumnya dan cara mainnya juga sama dengan Angklung yaitu dengan cara digoyangkan.

8. Kendang

Kendang via Youtube

Kendang juga merupakan salah satu alat musik tradisional yang sudah sejak lama dimainkan oleh masyarakat di Jawa Timur. Instrumen Kendang atau Gendang bisa dimainkan secara tunggal ataupun bersamaan dengan alat musik lainnya. Kendang terbuat dari bahan kayu nangka yang dilapisi kulit binatang di kedua sisinya.

9. Kluncing

Kluncing merupakan alat musik khas Jawa Timur yang tampilannya persis alat musik Triangel. Hal ini dipengaruhi oleh masuknya budaya asing Eropa. Bahan untuk membuat Kluncing ialah dari logam. Adapun untuk memainkan alat musik Kluncing sangatlah mudah, cukup dipukul saja, maka akan melahirkan bunyi yang terdengar ditelinga.

10. Kempul

Kempul via Pinterest

Kempul adalah alat musik sejenis Gendang namun memiliki suara yang lebih berat dari pada Gendang. Sama seperti Gendang, alat musik ini juga terbuat dari bahan kayu dan bagian untuk ditabuh terbuat dari kulit binatang. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditabuh langsung dengan menggunakan tangan. Nada yang dihasilkan oleh alat musik ini tergantung dari kepiawaian pemainnya.

11. Suling Bambu

Suling Bambu via Tokopedia

Dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa alat musik ini terbuat dari bahan bambu yang diberi beberapa lubang. Alat musik ini juga menjadi salah satu ikon musik dangdut yang menjadi bagian dari kekayaan budaya nusantara. Memainkan alat musik ini dengan cara ditiup dengan lembut dan memakai teknik khusus untuk menghasilkan nada.

12. Kethuk Estri

Kethuk Estri via budayajawa

Alat musik Kethuk Estri adalah alat msuik yang mirip seperti Gong namun memiliki suara yang lebih rendah. Alat msuik ini terbuat dari bahan kayu yang dilapisi logam dibagian atasnya. Jumlah satu set alat musik ini ada dua buah. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada bagian tonjolannya.

13. Gendhang Banyuwangi

Gendhang Banyuwangi via Google Image

Dari namanya kita bisa mengetahui bahwa alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada sisi bagian yang dilapisi kulit sama seperti alat musik gendang pada umumnya. Namun ternyata alat musik ini memiliki variasi yang sedikit berbeda dengan gendang pada umumnya. Oleh sebab itu perlu keterampilan khusus untuk memainkan alat musik ini. Alat musik ini biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya dalam satu pertunjukan seni tradisional.

14. Kenong

Kenong Jawa Timur via wajibbaca

Kenong adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur. Kenong biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya untuk mengiringi pertunjukan seni tari Reog Ponororgo. Kenong memiliki bentuk seperti gong kecil dan terbuat dari bahan kuningan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat khusus dan Kenong berfungsi sebagai instrumen penguat nada.

15. Selompret

Selompret via WordPress

Banyuwangi memang terkenal dengan keragaman alat musik tradisionalnya. Salah satu alat musik khas dari Banyuwangi adalah Selompret. Selompret sebenarnya dipengaruhi oleh budaya musik Eropa yaitu Terompet. Meski alat musik ini sejenis Terompet dan dimainkan dengan cara yang sama dengan terompet yaitu dengan cara ditiup, namun kedua alat musik ini memiliki bentuk yang berbeda dan dibuat dari bahan yang berbeda pula. Serompet dibuat dari bahan kayu, alumunium dan batok kelapa dibagian atasnya.

16. Ketipung

Ketipung via Bukalapak

Alat musik ini tergolong ke dalam alat musik ritmis. Ketipung memang salah satu alat musik yang populer di indonesia. Alat musik Ketipung biasanya dimainkan untuk mengiringi musik dangdut dan suaranya begitu menonjol. Alat musik ini memang mirip dengan Gendang hanya saja posisi ketika alat musik ini dimainkan berbeda dengan Gendang. Ketipung dimainkan dalam posisi vertikal.

Lihat: Alat Musik Jawa Barat

Melestarikan Alat Musik Khas Jawa Timur

Harusnya alat musik khas Jawa Timur jangan tinggal sejarah saja. Generasi di masa depan harus bangga dengan warisan kesenian dari leluhur mereka. Jangan terkecoh dengan kehadiran alat musik modern dari luar negeri. Untuk itu sangat diperlukan berbagai cara agar alat musik tradisional Jawa Timur tetap eksis dari masa ke masa.

Pertama: Perlunya peran dari pemerintah

Kebijakan dari pemerintah sangat efektif untuk menjaga keberadaan dari alat musik tradisional Jawa Timur. Dari pemerintah pusat sampai pemerintah propinsi dan kabupaten/kota harus seirama dalam membuat kebijakan. Menjaga khazanah nusantara dalam hal kesenian adalah tugas dari pemerintah. Jangan sampai lalai.

Kedua: Dukungan Masyarakat

Warga yang berada di propinsi Jawa Timur harus mendukung kebijakan pemerintah untuk melestarikan instrumen musiknya. Jangan ada yang tidak mau tahu dengan hal tersebut. Dirumah dan disekolah harusnya menjadi sarana untuk kampanye alat musik tersebut. Alangkah lebih baiknya jika setiap rumah ada alat musk tradisional Jawa Timur sebagai ekspresi kecintaan kita kepada budaya asli Indonesia.

Lihat: Alat Musik Lampung

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga saja uraian mengenai alat musik tradisional Jawa Timur ini bermanfaat kepada para pembaca yang budiman. Jangan lupa untuk sampaikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini.  

Silahkan berkomentar