12 Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Barat, Gambar dan Keterangan

Posted on

Alat musik tradisional khas Kalimantan Barat beserta gambar dan keterangannya yang juga dilengkapi dengan informasi cara memainkannya. Usai membaca artikel ini, Anda kami yakini akan memahami tentang apa saja alat musik yang jadi kebanggaan warga Kalbar secara khusus dan warga Indonesia secara umum, tidak sekedar tahu saja.

Alat musik dari Kalimantan Barat sangatlah beragam jumlah dan bentuknya. Ada yang dimainkan dengan cara di pukul, ditiup dan lain sebagainya para seniman menghasilkan nadanya. Meski masih manual, namun bunyi dari nada yang dihasilhakn tetap enak di telinga dan sarat akan pesan – pesan moral.

Berdasarkan sejarah, alat musik propinsi Kalimantan Barat ini ada yang memang asli dari daerah setempat dan ada pula yang berasal dari daerah lain, baik sesama pulau Kalimantan atau luar pulau. Dan tidak menempis kemungkinan, ada alat musiknya yang memang berasal dari luar negeri. Kemudian terjadi penyesuaian dengan kearifan lokal di Kalimantan Barat.

Kabar baiknya, alat musik yang ada di Kalimantan Barat ini masih banyak dijual sehingga memudahkan bagi mereka yang ingin membelinya. Tidak hanya di toko offline, di toko online dengan perangkat Komunikasi Daring pun sudah bisa ditemukan. Banyak Marketplace yang menawarkan harga khusus untuk konsumen mau membeli. Apakah barangnya asli? Ini yang Anda harus ekstra hati – hati dalam membelinya.

Jika pada zaman dahulu fungsi alat musik khas Kalimantan Barat hanya terbatas untuk hiburan dan acara tertentu saja, maka harus ada inovasi jika ingin tetap lestari sampai sekarang dan masa depan. Bisa saja alat musik tersebut dikemas agar lebih menarik bagi orang yang menontonya.

Inovasi dalam hal alat musik tradisional Indonesia bisa diterapkan pada semua daerah, termasuk juga alat musik Jawa Tengah, alat musik Jawa Timur dan alat musik Jawa Barat serta daerah yang ada dipulau Sumatera. Tujuannya agar keberadaan warisan leluhur tersebut tidak hilang di telan oleh sejarah.

Baiklah, tidak memperlama waktu, langsung kita bahas satu persatu apa saja nama alat musik tradisional khas Kalimantan Barat. Berikut infortmasinya. 

1. Entebong

Entebong via infobudaya

Alat musik Entebong dimainkan dengan cara dipukul langsung dengan tangan tanpa bantuan alat pemukul. Entebong dikenal juga dengan alat musik Kendang atau Gendang didaerah lain, yakni luar Kalimantan Barat. Alat musik tradisional ini terbuat dari tumbuhan kayu dan kulit hewan. Entebong menjadi alat musik tradisional Kalbar khususnya pada suku Dayak Mualang yang mendiami wilayah Kabupaten Sekadau.

2. Sape (Sapek)

Sape via Tokopedia

Sape merupakan alat musik khas dari pulau Kalimantan. Semua suku Dayak yang tersebar di negara Indonesia, Malaysia dan Brunai sudah mengenal alat musik klasik ini. Sapek merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik seperti gitar. Berbeda dengan gitar, fret (batas nada, dalam istilah suku Dayak disebut lasar) yang biasanya memiliki jumlah belasan, di Sapek hanya memiliki 2-3 fret saja.

3. Kangkuang

Kangkuan adalah salah satu alat musik tradisional dari Kalimantan Barat yang pada umumnya dibuat oleh masyarakat suku Dayak Banuaka yang tinggal di daerah Kapuas Hulu. Alat musik zaman dulu ini di mainkan dengan cara ditabuh. Kangkuang terbuat dari kayu yang diberi ukiran khas Kalimantan.

4. Agukng

Agukng via Blogger

Agukng adalah alat musik yang memiliki nilai kesakralan dikalangan masyarakat Kalimantan Barat. Alat musik ini mirip seperti Gong yang terbuat dari bahan kuningan. Masyarakat setempat juga memfungsikan alat musik Agukng menjadi mas kawin bagi warga yang hendak menikah. Selain itu, bisa digunakan sebagai alat pembayaran dalam hukum adat di Kalimantan Barat.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu dan dilapisi kain atau karet. Anda dapat menjumpai alat musik ini di semua sub suku Dayak yang ada di Kalbar. Instrumen musik ini diyakini masyarakat lokal ampuh dalam mengusir roh-roh jahat dan mendatangkan roh para leluhur mereka. Tidak tahu apakah sampai sekarang masih berkembang keyakinan begini.

5. Keledik

Keledik via Deskgram

Keledik adalah salah satu alat musik yang sangat unik berasal dari propinsi Kalimantan Barat. Keunikan alat musik ini adalah dari bahan utama untuk membuatnya. Keledik dimainkan dengan cara di tiup dan terbuat dari bahan Bambu, Benang, Buah Labu dan Sarang Kelulut. Untuk membuat satu alat musik ini membutuhkan waktu yang lumayan lama hingga satu bulan lebih.

Pada masyarakat lokal Rumpun Uut Danum, alat musik kuno ini juga disebut dengan sebutan Korondek. Dan ada pula sebagian masyarakat suku Dayak yang mengenalnya dengan nama Kedire (Kadire). Fungsi Keledik umumnya dimainkan guna mendampingi atau mengiringi nyanyian tradisional dalam pertunjukan tertentu, juga tarian-tarian tradisional Kalimantan Barat, serta teater tutur (berupa syair nyanyian yang berisi nasihat dan petuah) dan saat pagelaran upacara adat suku Dayak.

6. Balikan

Balikan adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki dawai atau senar. Alat musik ini banyak dibuat dan dipakai oleh masyarakat di daerah Kapuas Hulu. Sama seperti Sapek, alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

7. Terah Umat

Alat musik ini aslinya dibuat oleh suku Dayak Uut Danum dari wilayah Kalimantan Barat. Alat musik ini terbuat dari besi dan dimainkan dengan cara dipukul. alat musik kuno ini persis Gamelan di daerah pulau Jawa.

8. Rabab

Rabab via Antara

Alat musik ini juga berasal dari suku Dayak Uut Danum. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek seperti biola. Rabab pada umumnya dimainkan secara tunggal.

9. Tawaq

Tawaq via Youtube

Tawaq adalah salah satu alat musik yang biasa dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional dari Kalimantan Barat. Hampir seluruh masyarakat dan suku Dayak mengenal alat musik yang satu ini, namun dengan nama yang berbeda. Pada masyarakat suku Dayak Uut Danum alat musik ini biasa disebut dengan nama Kotavak.

10. Kollatung

Kollatung via Blogger

Kollatung sama seperti alat musik Agukng yang mempunyai nilai sakral pada masyarakat suku Dayak Kalimantan Barat. Selain sebagai alat musik, Kollatung juga memiliki fungsi sebagai mas kawin atau dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam hukum atau kebiasaan masyarakat Dayak.

11. Hadrah

Hadrah via Portalwisata

Hadrah adalah salah satu alat musik tradisional dari Kalimantan Barat yang banyak digunakan oleh suku Melayu yang ada disana. Alat musik yang satu ini memang sangat melekat pada masyarakat adat melayu di Kalimantan. Hadrah adalah alat musik Gendang yang memiliki kerincingan dibagian pinggirnya. Alat musik ini memang sangat identik dengan musik Qasidahan dan biasa dimainkan pada acara keagamaan.

12. Kohotong

Kohotong adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat yang sangat unik. Alat musik yang satu ini tidak bisa dibuat dengan menggunakan kayu sembarang, biasanya Kohotong terbuat dari dahan pohon liar atau bisa diganti dengan dahan pohon enau. Kohotong dimainkan dengan cara ditiup.

Lihat: Alat Musik Aceh

Fakta Dari Alat Musik Kalimantan Barat

Ada beberapa fakta yang bisa kita ambil untuk jadi pelajaran. Fakta ini sifatnya kebetulan saja. Jadi jangan dijadikan polemik yang tidak berkesudahan. Tetapi tidak tahu apakah hal ini bisa dikaji dari sisi akademis atau tidak.

Berikut faktanya:

1. Berbau Mistis

Keberadaan alat musik Kalbar tidak hanya menjadi media hiburan bagi rakyat. Namun masyarakat setempat memakainya sebagai alat untuk acara ritual yang berbau mistis. Ini menjadi keyakinan yang turun temurun pada suku Dayak.   

2. Dominasi Melayu

Ada beberapa faktor yang membuat mengapa alat musik khas Kalbar ada yang persis dipakai oleh suku Melayu yang berbasis di pulau Sumatera. Salah satu faktornya adalah, bisa jadi orang Melayu datang ke Kalimantan dan mengenalkannya kepada warga setempat.

Kita tahu negara Malaysia sangat berdekatan dengan Kalimantan. Hal ini bisa dijadikan faktor penyebabnya mengapa alat musik Melayu sampai disini.

Lihat: Pakaian Adat Dayak Kalimantan

Kami pikir sudah dahulu informasi mengenai alat musik tradisional khas Kalimantan Barat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga saja memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman. Silahkan sampaikan kritik, saran dan komentar Anda jika menemukan ada kesalahan dalam penulisan ini. Anda bisa menyalurkannya dikolom komentar yang tersedia di bawah.

Silahkan berkomentar