10 Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Selatan dan Keterangannya

Posted on

Alat musik tradisional khas Kalimantan Selatan mencakup tentang keterangannya, cara memainkannya dan gambarnya kami uraikan lengkap pada kesempatan kali ini. Diharapkan para pembaca yang budiman dan cinta kesenian Indonesia merasakan manfaat usai membacanya. Kemuidan bisa membagikan tulisan ini kepada teman – teman yang dirasa perlu mengetahuinya.

Alat musik Tradisional provinsi Kalimantan Selatan lebih banyak dari pada alat musik Kalimantan Utara. Tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya bisa seperti itu. Mungkin jiwa seni warga Kalimantan Selatan lebih tinggi, atau telah dilakukan riset dari lembaga pendidikan dan hasilnya seperti ini. Meski demikian, kita tidak perlu membandingkan untuk tujuan daerah mana yang dilebihkan dan daerah mana yang dikurangi.

Dari alat musik Kalimantan Selatan ini kita banyak mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Dimana pada zaman dahulu masyarakat setempat sudah mengenal seni musik sebagai sarana hiburan pada momen tertentu. Sebagian ada pula yang memfungsikan sebagai alat komunikasi zaman dulu. Dan untuk saat ini jangan sampai terjadi penghilangan sejarah akan hal tersebut.

Alat musik khas Kalimantan Selatan adalah bagian dari kesenian nusantara yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberadaan alat musik di satu daerah menjadi pelengkap daerah lain, mulai dari Sabang sampai Merauke. Semuanya tidak mungkin dipisahkan karena ingin melebihkan kesenian suatu daerah.  

Pelajaran tentang alat musik tradisional di Kalimantan Selatan sangatlah penting untuk terus diterapkan di lembanga- lembang pendidikan yang ada di negara Indonesia, mulai dari sekolah dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. Kita tahu saat ini ada banyak warga asing yang serius belajar akan alat musik yang ada di Indonesia. Jika warga asing semangat, kenapa kita tidak?  

Alat musik daerah Kalimantan Selatan harus terus menjadi perhatian untuk tetap lestari eksistensinya. Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan menjadikan sebagai objek wisata bagi para wisatawan yang datang, apakah dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Sekalian menjadi potensi pemasukan daerah.

Berikut adalah alat musik tradisional khas Kalimantan Selatan yang penting diketahui.  

1. Bumbung

Bumbung via Google Image

Alat musik bumbung adalah alat musik yang berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Berikin Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bumbung terbuat dari dua ruas bambu. Alat musik ini memiliki tujuh nada dasar dan merupakan bagian dari instrumen musik diatonik.

2. Kalampat

Kalampat via Blogger

Kalampat adalah alat musik sejenis gendang namun hanya memiliki satu sisi bagian. Bagian badan Kalampat terbuat dari bahan bambu yang besar. Biasanya alat musik ini dimainkan pada upacara adat memanen padi. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus yang terbuat dari rotan. Kalampat adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah Labuhan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

3. Kalang Kupak

Kalang Kupak via Blogger

Kalang Kupak adalah adalah alat musik tradisional Kalang Kupak mirip seperti alat musik Calung dari Jawa Barat. Biasanya alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya dalam upacara balian atau juga menjadi musik pengiring tarian adat gintor. Kalang Kumpak merupakan alat musik tradisional Suku Bukit.

4. Kintung

Kintung adalah alat musik yang terdiri dari tujuh buah bambu dengan ukiuran yang berbeda mualai dari yang kecil hingga yang besar. Bagian atas bambu diraut atau dikerok separuhnya. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipikul dengan kayu. Alat musik kitung dipergunakan dalam acara pertunjukan seni musik kintung.

5. Kuriding/Guriding

Guriding via Bukalapak

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup dan mirip dengan alat musik Karinding dari Jawa Barat. Masyarakat Hulu Sungai Tengah dan Desa Harakit Kabupaten Tapin menyebut alat musik ini dengan nama Kuriding, sedangkan pada masyarakat Ulu Banteng Kecamatan Bakupai Kabupaten Barito Kuala alat musik ini disebut Guriding.

Lihat: Alat Musik Kalimantan Timur

6. Kurung-Kurung

Kurung-Kurung via Kamerabudaya

Pada sebagian masyarakat adat di Kalimantan Selatan, alat musik yang satu ini memiliki nilai sakral terutama pada masyarakat yang masih menganut animisme. Mereka percaya dengan memainkan alat musik ini hasil panen mereka akan melimpah ruah. Alat musik kurung-kurung ini memang sangat unik sesuai dengan namanya. Kurung-kurung terbuat dari kayu panjang yang bagian bawahnya terbuat dari bahan bambu yang berbentuk seperti kurungan.

Alat musik ini akan menghasilkan nada dan irama apabila dihentak-hentakkan ketanah. Biasanya masyarakat di Kabupaten Balangan dalam upacara penyambutan tamu penting dari luar daerah dan pulau Kalimantan.

7. Panting

Panting via visitkalsel

Panting adalah alat musik tradisional yang sangat identik dengan suku Banjar yang ada di Kalimantan Selatan. Alat musik ini berbentuk seperti Gambus dari Arab namun ukurannya lebih kecil. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Biasanya masyarakat suku Banjar memainkan alat musik ini pada saat ada upacara pernikahan atau sebagai sarana pendidikan kepada warga setempat untuk mencintai kesenian daerah.

8. Serunai Banjar

Serunai Banjar via Youtube

Satu lagi alat musik khas suku Banjar yang saat ini sudah sangat jarang ditemui. Serunai Banjar adalah alat musik tiup seperti terompet namun memiliki bentuk yang sangat berbeda dari terompet. Serunai banjar biasanya digunakan oleh masyarakat Banjar pada saat pertunjukan seni bela diri dari suku Banjar.

9. Terbang Madihin

Terbang Madihin via Blogger

Terbang Mahidin adalah alat musik pukul yang terbuat dari bahan kayu nangka dan dilapisi oleh kulit kambing dibagian atasnya dan dieratkan dengan menggunakan tali rotan. Alat musik ini biasanya dijadikan sebagai sarana menghibur masyarakat atau penonton pada malam hari. Umunya, dari berbagai dari berdatangan karena pada zaman dahulu hiburan sangat langka sifatnya.

Lihat: Alat Musik Kalimantan Barat

10. Gamelan Banjar

Gamelan Banjar via Wikipedia

Gamelan Banjar adalah seni pertunjukan musik yang menggunakan beberapa alat musik dalam pementasannya. Menurut sejarahnya, Gamelan Banjar adalah bentuk hadiah yang diberikan oleh kerajaan Majapahit kepada kerajaan Banjar di masa lalu. Saat ini pertunjukan Gamelan Banjar terbagi 2 (dua), yaitu:

10.1. Gamelan Banjar Keraton

Alat musik yang digunakan oleh kerajaan pada acara tertentu, apakah menyambut tamu dari luar daerah atau sekedar hiburan untuk peringati momen kerajaan. Dan bisa juga alat musik digunakan menyambut pasukan perang yang baru pulang dari Medan juang.  

10.2. Gamelan Banjar Kerakyatan

Sebuah alat musik yang banyak di pakai oleh rakyat asli di Kalimantan Selatan. Pada pertunjukkannya, biasa ramai orang yang datang untuk menyaksikan.

Lihat: Alat Musik Jambi

Mungkin saja jumlah alat musik tradisional khas Kalimantan Selatan ini lebih dari 10 (sepuluh). Jika demikian, tulisan ini akan dilakukan pembaharuan sesuai kebutuhannya. Sampaikan masukan, kritik dan saran Anda kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah. Dengan begitu, Anda termasuk orang yang peduli dengan perkembangan blog ini kedepan dalam memberikan informasi yang bermanfaat kepada pengguna internet.