9 Alat Musik Tradisional Khas Lampung, Gambar dan Keterangan

Posted on

Alat musik tradisional khas Lampung, gambar dan keterangannya adalah informasi mengenai kesenian yang ada di pulau Sumatera, tepatnya di daerah yang berada dibawah wilayah provinsi Lampung. Karena berjenis tradisional, maka penjelasannya hanya mencakup alat musik yang dimainkan secara manual.

Sejarah telah mencatat bahwa kesenian musik di Lampung ikut meramaikan khazanah kesenian nusantara. Ini bisa dibuktikan dengan masih banyak dikenal warisan sejarahnya dalam bentuk alat musik berupa fisik, baik yang terbuat dari bambu dan bahan lainnya.

Alat musik dari Lampung dan cara memainkannya masih banyak yang bisa melakukannya, khususnya putra putri Lampung yang memang ingin melestarikan budaya kesenian Lampung di tengah arus alat musik masa kini yang serba otomatis akibat sentuhan teknologi modern. Bahkan peranan alat zaman dahulu bisa dimainkan oleh perangkat alat komunikasi modern yang bernama smartphone saja. 

Zaman dahulu, masyarakat setempat menampilkan alat musik karena ada acara atau hajatan tertentu. Karena jenis hiburan yang masih terbatas, wajar jika dari berbagai daerah berdatangan untuk menyaksikan pertunjukan seni musik tersebut. Kini pertunjukan musik di Lampung sudah bisa disaksikan setiap ada acara pesta pernikahan atau khitanan.

Kemudian, ada kalanya alat musik propinsi Lampung di mainkan untuk mengiringi pertunjukan tarian daerah. Antara seni musik dan seni tari memang kedua kesenian yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling melengkapi guna memberikan hiburan rakyat dari dulu sampai sekarang. Semua berlaku untuk alat musik Aceh dan alat musik Jambi serta juga berlaku pada alat musik khas Sumatera Barat.

Pada uraian dibawah, Anda akan temukan alat musik yang juga terdapat didaerah lain. Hal ini disebabkan ada suku yang tinggal di wilayah propinsi berbeda.

Kini apakah alat musik tradisional khas Lampung masih dikenali? Bagi yang belum mengenalinya, silahkan simak informasinya berikut ini.  

1. Gendang

Gendang Melayu Lampung via WordPress

Gendang adalah salah satu alat musik yang melekat pada budaya bangsa Indonesia. Gendang dapat kita jumpai di beberapa daerah di nusantara selain di Lampung. Gendang juga salah satu alat musik yang sudah sangat lama digunakan oleh masyarakat adat di berbagai wilayah di indonesia. Bahan untuk membuat Gendang adalah kayu dan bagian atasnya di buat dari kulit binatang. Memainkan alat musik Gendang biasanya bersamaan dengan alat musik lainnya dalam irama tertentu.

2. Membling

Membling Lampung via Ibnuasmara

Membling merupakan alat musik tradisional dari Lampung yang mirip dengan alat musik Hasapi dari daerah Sumatera Utara. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan biasanya dimainkan secara individu untuk mengungkapkan perasaan hati. Membling terbuat dari kayu dan berdawai 2. Bagian atas alat musik ini dihiasi oleh ukuran gambaran orang yang memakai kopiah.

3. Gamolan

Gamolan Lampung via Bisnis.com

Alat musik yang satu ini adalah salah satu alat musik yang sangat khas dari Lampung. Alat musik Gamolan hampir sama dengan alat musik Gamelan dari daerah Jawa namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Gamolan dari Lampung ini terbuat dari susunan bambu yang diikat dengan tali senar dengan rancangan khusus.

Cara memainkan alat musik ini sama dengan alat musik Gamelan yaitu dimainkan dengan cara dipukul. Masyarakat Lampung biasa memainkan alat musik ini pada acara adat tertentu. Gamolan diketahui sudah ada sejak abad ke 4 Masehi hal ini dibuktikan dari hasil penelitian seorang peneliti asal Australia yang menemukan gambar Gamelan pada relief candi borobudur.

4. Kerenceng atau Terbangan

Kerenceng Lampung via Blogger

Terbangan atau Kerenceng adalah salah satu alat musik tradisional dari Lampung yang juga bisa kita jumpai di Sumatera Selatan. Alat musik ini identik dengan kesenian yang berbau religi (Islami) oleh sebab itu alat musik ini bisa kita jumpai dibeberapa daerah di pulau Sumatera. Alat musik ini memiliki bentuk yang sama dengan Rebana hanya saja dipinggirnya terdapat dua buah logam tipis yang akan menghasilkan nada yang selaras ketika dimainkan. Alat musik ini biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu.

5. Kompang / Khaddap

Kompang Lampunga via Google Image

Kompang adalah salah satu alat musik tradisional yang dari Lampung yang merupakan pengaruh dari budaya Timur Tengah, yaitu Arab. Alat musik ini adalah alat musik sejenis Gendang dan terbuat dari kuli kambing. Alat musik ini biasanya dimainkan secara berkelompok dalam keadaan duduk, berdiri ataupun sambil berjalan.

6. Gambus Lunik

Gambus Lunik Lampung via Malahayati

Alat musik Gambus adalah salah satu alat musik yang sangat melekat dengan budaya agama Islam. Oleh sebab itu penyebarannya hampir bersamaan dengan penyebaran agama Islam di nusantara. Di daerah Lampung alat musik ini dikenal dengan nama Gambus Lunik dan merupakan jenis alat musik kordofon yang dimainkan dengan cara dipetik.

7. Cetik

Cetik Lampung via Youtube

Cetik adalah salah satu alat musik tradisional asal Lampung yang terbuat dari Bambu besar. Bambu yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah bambu besar yang sudah berusia 6 tahun, bukan sembarang Bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara di pukul menggunakan alat pemukul.

8. Serdam

Serdam Lampung via Malahayati

Serdam merupakan alat musik tiup yang terbuat dari tanaman Bambu. Alat musik ini juga bisa kita jumpai di beberapa daerah di pulau Sumatera. Alat musik ini mirip seperti Seruling, memainkannya bisa secara tunggal ataupun bersamaan dengan alat musik yang lainnya.

9. Harmonium (Akordion)

Alat musik ini terdapat di wilayah Lampung khususnya didaerah yang banyak dihuni oleh masyarakat adat Melayu. Alat musik ini memang sangat melekat pada budaya dan adat istiadat Melayu. Masyarakat Melayu yang ada di Lampung biasanya memainkan alat musik ini dalam acara syukuran sebagai penghibur bagi para tamu yang berhadir. Alat musik ini adalah sejenis alat musik Harmonium yang memainkannya perlu keterampilan khusus. Tidak semua orang Melayu dapat memainkannya.

Dimana Bisa Melihat Kesenian Musik Lampung?

Bagi Anda yang ingin melihat pertunjukan kesenian musik di Lampung yang menampilkan alat – alat musik tradisional rasanya sudah semakin langka. Hal ini disebabkan dominasi alat musik modern yang fungsinya sangat beragam. Keberadaan dari alat musik zaman dahulu yang ada di Lampung semakin terendus. Untuk mencegah hal ini, perlu dilakukan beberapa aksi dari pemerintah dan masyarakat setempat.

Kalau pun ada, biasanya pada momen pertunjukan kesenian daerah yang dikemas secara apik oleh event organizer guna menarik penonton. Karena memang sudah saatnya sesuatu yang sifatnya tradisional di kolaborasikan dengan sesuatu yang modern. Hal ini sangat mungkin terjadi pada alat musik tradisional di semua daerah.

Selain itu, Anda pun bisa menjumpai alat musik tradisional Lampung di museum daerah. Biasanya ada beragam benda sejarah diabadikan didalamnya. Seperti senjata tradisional dan pakaian daerah Lampung serta alat msuik sendiri. Bagi Anda orang tempatan, rasanya tiak sulit mengungkungi museum. Namun bagi Anda orang pendatang, sepertinya Anda butuh bantuang dari driver yang disediakan pengusaha rental mobil Lampung untuk membantu perjalanan agar efektif sampai tujuan.

Lihat: Alat Musik Batak Toba

Demikian sementara ini kami sampaikan tentang informasi alat musik tradisional khas Lampung untuk para pembaca. Semoga saja memberikan manfaat dan bisa menambah wawasan nusantara. Sampaikan kritik dan saran serta komentar Anda di kolom yang tersedia di bawa tulisan ini.   

Silahkan berkomentar