7 Alat Musik Tradisional Khas Nias, Gambar dan Cara Memainkan

Posted on

Alat musik tradisional khas Nias dan gambar serta cara memainkannya merupakan informasi yang bermanfaat untuk diketahui oleh siapa saja orang yang menjadi warga negara Indonesia, baik sebagai warga masyarakat asli Nias atau warga yang berada diluar pulau Nias.

Nias termasuk daerah kabupaten yang berada di bawah wilayah provinsi Sumatera Utara (Sumut). Banyak kesenian daerah Nias yang pantas untuk diangkat menjadi sebuah informasi yang layak di baca. Selain menjadi daerah pulau yang kaya akan destinasi wisata, alat musik daerah Nias juga memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari bentuk alat, suara yang dihasilkan sampai dengan nama alat musiknya.

Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan beberapa informasi alat musik khas Nias yang didapatkan dari berbagai sumber. Pada alat musik yang akan disampaikan, bisa saja sudah pernah disampaikan dalam artikel alat musik Sumatera Utara.    

Terkait dengan cara memainkan alat musik Nias, di artikel ini hanya diulas secara umum saja, tidak mendetail. Karena kami lebih ingin mengenalkan alat musiknya saja. Ada pun gambar alat musiknya akan dilampirkan jika memang ada. Bisa saja gambarnya tidak tersedia disebabkan alat musiknya tidak dilestarikan.

Untuk masalah jumlah alat musik Nias, saat ini hanya beberapa saja yang dipublikasikan. Tidak tertutup kemungkinan akan disampaikan dilain waktu.

Kita berharap, alat musik yang sudah menjadi kebudayaan suku Nias dalam mengadakan sarana hiburan tetap ada sampai kapan juga. Semua pihak harus melestarikannya, mulai dari pemerintah, rakyat dan lembaga pendidikan (swasta dan negeri).

Berikut adalan nama – nama alat musik tradisional khas Nias yang penting diketahui.

1. Doli-Doli Gahe

Doli-Doli Gahe via infobudaya.net

Doli – Doli Gahe adalah alat musik tradisional dari nias yang terdiri dari 4 (empat) kayu yang memiliki nada berbeda. Alat musik ini pada umumnya dipakai di ladang dengan cara diletakkan diatas lutut seseorang yang sedang duduk dan dimainkan dengan menggunakan tongkat pendek.

2. Gondra

Gondra via museum-nias

Gondra adalah alat musik sejenis Gendang yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan bambu yang panjangnya sekitar setengah meter. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu atau batang pohon yang dilapisi dengan kulit binatang kerbau atau sapi pada kedua sisinya. Sekilas Gondra berbentuk seperti Bedug.

3. Nduri Mbewe

Nduri Mbewe via Blogger

Alat musik yang satu ini terbilang sangat unik. Alat musik ini memiliki bentuk yang unik seperti perahu yang memiliki satu buah senar. Biasanya alat musik ini dimainkan bersama dengan alat musik lainnya sebab alat musik ini hanya memiliki satu nada saja.

4. Aramba

Aramba Nias via mepow.net

Alat musik yang satu ini adalah salah satu alat musik tradisional khas dari nias yang juga dikenal dengan Gong dari nias. Aramba terbuat dari logam besi atau kuningan sama seperti gong pada umumnya. Aramba dimainkan dengan cara dipukul. Aramba memiliki ukuran diameter 40 cm sampai dengan 50 cm. Biasanya alat musik ini dimainkan pada acara – acara adat besar seperti upacara kematian raja.

5. Faritia

Faritia via Blogger

Faritia adalah alat musik yang masuk kedalam golongan alat musik idiofon. Alat musik ini terbuat dari bahan dasar logam atau kuningan. Faritia memiliki bentuk yang hampir sama dengan alat musik Talempong dari daerah Padang atau Gamelan dari daerah Jawa.

Alat musik ini dimainkan dengan memukul pada bagian yang menonjol menggunkan alat pemukul yang terbuat dari kayu Simalambuo. Dahulunya alat musik ini menjadi alat barter atau alat pembayaran tunai dalam perdagangan.

6. Druri Dana

Druri Dana via Dictio

Druri Dana adalah alat musik tradisional dari daerah Nias yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Irama dari alat musik ini berasal dari Bambu yang saling beradu. Alat musik ini terbuat dari bahan bambu yang berbentuk garputala.

7. Raba (Tello)

Adalah alat musik Nias yang terbuat dari bahan tempurung kelapa. Kemudian dipasang satu tangkai kayu dengan 1 tali. Alat musik ini termasuk dikenal sebagai alat musik gesek dalam memainkannya.

Tempat Beli Alat Musik Nias

Bagi Anda yang ingin memiliki alat musik Nias rasanya tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Anda bisa datang ke toko alat musik yang ada di kota Anda. Biasanya mereka menjual dengan harga yang sesuai pasaran. Jika tidak menemukan, Anda bisa belanja melalui online di sarana Komunikasi Daring yang terkoneksi dengan alat komunikasi Modern.

Ada banyak toko online yang menyediakan alat musik Nias untuk di jual. Anda jangan terlalu cepat memutuskan untuk membelinya. Lebih baik Anda lakukan perbadingan harga dan layanan dari toko online yang satu dengan yang lain. Prinsip belanja online harus dilakukan dengan hati – hati. Hal ini karena ada banyak praktek penipuan yang terjadi di dunia maya tersebut. Tentu saja kejadian tersebut jangan sampai menimpa Anda, bukan?

Sekedar menambahkan, selain bisa membeli, Anda juga bisa sewa alat musik Nias. Pilihan ini bisa Anda pilih jika butuh memakainya hanya untuk sebentar saja. Ada banyak sekarang barang yang tidak harus dibeli tapi cukup di sewa. Fenomena ini juga diterapkan oleh perusahaan yang ada di kota Medan dulu untuk menunjang operasional yakni dengan membeli unit mobil, namun sekarang mengeluarkan kebijakan cukup rental mobil di Medan saja.

Apakah sama alat musik Nias dengan mobil? Bisa disebut sama karena keduanya sama – sama sebuah alat. Hanya yang membedakannya adalah fungsi dari alat tersebut. Alat musik berguna untuk menghibur, sedang mobil berfungsi untuk membantu manusia menuju lokasi tertentu.

Belajar Alat Musik Nias

Di institusi pendidikan, mulai dari sekolah dasar, menengah sampai dengan perguruan tinggi, sudah seharus para siswa mahir dalam memainkan alat musik Nias. Seharusnya sudah ada kurikulum yang terukur dalam menggali potensi seni siswa.

Dewasa ini belajar alat musik sudah lebih baik peluangnya. Anda tidak harus lagi memakai cara – cara konvensional. Contohnya dengan datang ke tempat kursus musik yang akan menguras waktu dan biaya serta energi. Adan bisa memaksimalkan internet untuk belajar alat musik, khususnya alat musik Nias.

Ada banyak tutorial yang bisa Anda jadikan rujukan dalam belajar, apakah melalui Youtube, blog dan saluran komunikasi daring lain. Cara ini banyak dilakukan oleh siswa dalam belajar alat musik diluar jam sekolah. Pelan tapi pasti, skill dalam memainkan alat musik Nias akan bisa Anda capai.

Dalam proses belajar, paling tidak Anda harus benar – benar fokus supaya pencapaian dalam belajar Anda bisa tercapai dengan maksimal. Jadwalkan waktu dalam seminggu berapa kali Anda bisa belajar. Kemudian Anda juga harus bisa menyediakan dana khusus untuk membeli perangkat alat musik Nias dan hal terkait lainnya.    

Lihat: Alat Musik Aceh

Oke, demikian dahlu informasi tentang alat musik tradisional khas Nias kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan dan menambah kecintaan kita kepada kesenian musik Indonesia supaya tetap lestari dari masa ke masa. Jangan lupa sampaikan saran, kritik dan komentar Anda melalui kolom komentar yang tersedia.  

Silahkan berkomentar