11 Alat Musik Tradisional Khas Sunda, Gambar dan Penjelasannya

Posted on

Alat musik tradisional khas Sunda beserta gambar dan penjelasannya merupakan informasi penting yang harus di sampaikan agar semua orang atau warga Indonesia mengetahuinya. Setelah mengetahui, diharapkan bisa memainkan alat musik Sunda dengn baik dan benar. Hal ini adalah wujud kecintaan dan upaya untuk melestarikan supaya tidak punah ditelan masa.

Banyak cara untuk mengenal lebih dekat tentang alat musik khas Sunda. Bisa melalui media pendidikan yang berbasis online. Para seniman Sunda banyak berbagi gambar, ulasan, pertunjukan yang terkait dengan alat musik tersebut. Jadi, untuk tahu akan alat musik klasik Sunda, Anda tidak perlu lagi datang ke museum daerah yang ada di daerah Sunda. Cukup dengan meangkases via alat komunikasi terkini yang terhubung dengan jaringan internet.

Sedangkan untuk belajar agar bisa pandai memainkan alat musik Sunda ada banyak saluran yang bisa dimanfaatin. Jika zaman dahulu harus datang ke tempat kursus musik, namun zaman sekarang bisa dilakukan jarak jauh saja. Di laman Youtube ada banyak tutorial/panduan menggunakan alat musik Sunda. Tentu saja hal ini harus dimanfaatkan dengan bijaksana. Jangan sampai internet hanya menjadi ajang buang – buang waktu saja. Sangat disayangkan.

Musik menjadi kebiasaan masyarakat Sunda yang ada sejak dari dahulu. Perpaduan alunan alat musik Sunda yang dimainkan oleh seniman melahirkan nada yang indah dan enak didengar oleh telinga. Fungsi lain alat musik daerah Sunda ini adalah sebagai pendukung aksi tari daerah dalam berbagai pertunjukan.  Hubungan seni musik dan seni tari tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Tidak jarang juga pertunjukan seni tari di gelar untuk menyambut tamu yang datang dari daerah lain di masa lalu.

Sekarang, apa yang harus kita lakukan terhadap alat musik Sunda? Tiada lain adalah mengenalinya satu persatu. JikaAnda ingin tahu, berikut informasinya.

1. Angklung

Angklung Sunda via Ebay

Alat musik Angklung adalah alat musik tradisional Sunda yang tergolong dalam alat musik idiofon. Alat musik ini sudah di akui oleh UNESCO sebagai bagian dari warisan kebudayaan dunia pada tahun 2010. Alat musik ini menghasilkan nada ganda (Multitonal) dan berbahan dasar bambu.

Cara memainkan alat musik ini cukup mudah yaitu dengan cara digoyangkan. Angklung memiliki susunan nada 2,3 hingga 4 nada. Getaran dari bambu-bambu yang digoyangkan inilah yang menjadi sumber suara dari alat musik Angklung ini.

2. Calung

Calung via Blogger

Calung adalah alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian ruas tabung bambunya. Calung dibagi menjadi dua yaitu calung rantai dan calung jinjing. Calung rantai terdiri dari 7 (tujuh) bilah tabung bambu yang akan diletakkan sejajar dengan tali kulit waru sedangkan calung jinjing bambu disusun berderet dan disatukan dengan sebilah bambu kecil.

3. Suling

Suling via Blogspot

Alat musik yang satu ini memang sangat melekat dalam budaya Sunda. Meski alat musik ini banyak dijumpai di wilayah lain di nusantara namun kelekatan budaya Sunda pada alat musik ini sangatlah kental. Suling adalah alat musik tiup yang terbuat dari bahan bambu yang memiliki beberapa lubang. Alat musik ini biasa dimainkan oleh masyarakat sunda secara individu namun juga bisa dipadukan dengan alat musik lainnya dalam satu pertunjukan kesenian tradisional. 

4. Kecapi

Kecapi via WordPress

Kecapi adalah alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bahan kayu dan dawai (senar). Alat musik Kecapi berbentuk kotak dan diatasnya terdapat dawai yang tersusun sejajar. Kotak kayu ini memeiliki peran sebagai resonator Kecapi. Biasanya alat musik ini dimainkan dalam tembang Sunda (Mamaos Cianjuran). Kecapi dibagi menjadi dua yaitu kecapai rincik dan kecapi indung.

5. Tarawangsa

Tarawangsa via Blogger

Tarawangsa adalah alat musik yang mirip dengan Biola sebagian masyarakat Sunda meyakini bahwa alat musik ini berusia lebih tua daripada Rebab. Keunikan alat musik ini adalah tara wangsa dimainkan dengan dua cara yaitu dengan cara digesek dan dipetik pada saat yang bersamaan untuk menghasilkan irama yang indah. dawai pada alat musik ini terbuat dari bahan baku besi atau baja.

6. Jengglong

Jengglong via Blogger

Jengglong adalah alat musik yang terbuat dari bahan kuningan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Jengglong memiliki fungsi sebagai pembuat nada dasar pada dan kerangka lagu pada pertunjukan seni gamelan. Bentuk jengglong berupa bilah yang diletak pada dua buah ancak dan masing-masing berjumlah 3 bilah, Untuk permukaannya berpencon berdiameter 30-40 cm.

7. Celempung

Celempung via WordPress

Alat musik sunda celempung memiliki 13 senar yang terbuat dari bahan dasar hinis awi (kulit bambu) dengan memanfaatkan resonasi yang ada dalam ruas batang bambu untuk menghasilkan suara. Tidak ada yang tahu pasti kapan sejarahnya alat musik yang satu ini mulai menjadi bagian dari budaya Sunda.

8. Rebab

Rebab via eBay

Diantara semua alat musik tradisional Sunda yang bernama Rebab terbilang sebagai alat musik yang cukup tua. Rebab sudah dikenal oleh masyarakat Sunda sejak abad ke 9 masehi yang dibawa oleh para pedagang yang datang dari wilayah Timur Tengah. Bahan dasar membuat Rebab ini pada awalnya adalah tembaga dan tali senar namun seiring dengan berjalannya waktu maka bahan dasar pembuat senar ini diganti menjadi kayu.

Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek. Pada masyarakat sunda alat musik ini lebih dikenal dengan nama Lengek dan orang yang memainkannya disebut Ngalengek.

9. Kendang

Kendang via Bukalapak

Alat musik tradisional Sunda berikutnya adalah Kendang. Kendang merupakan alat musik pukul yang memiliki peran sebagai pengatur irama dalam Degung Sunda. Kendang adalah alat musik pukul yang terbuat dari bahan kayu dan dilapisi kulit binatang pada kedua sisinya. Dalam satu set kendang terdapat 3 buah kendang. Adapun jenis-jenis kendang yang dikenal oleh masyarakat Sunda adalah Kendang Kliningan, Kendang Ketuk Til, Kendang Keurseus, dan Kendang Jaipongan.

10. Karinding

Karinding adalah salah satu alat musik tradisional Sunda yang mirip dengan Seruling. Cara memainkan alat musik ini juga dengan ditiup. Bahan baku untuk membuat karinding adalah bambu atau pelepah pohon aren. Biasanya karinding yang terbuat dari bambu dipakai oleh kaum wanita sedangkan karinding dari pelepah pohon enau dimainkan oleh kaum pria. Masyarakat sunda biasa memainkan alat musik ini ketika berada disawah untuk mengusir hama.

11. Arumba

Arumba via Blogger

Arumba sebenarnya bukanlah merujuk pada salah satu alat musik tertentu. Arumba merupakan perpaduan beberapa alat musik yang terbuat dari bambu seperti Angklung, Calung dan Gambang Sunda.

Dimana Beli Alat Musik Sunda?

Pertanyaan ini sering muncul ketika ada orang yang tidak tahu dimana harus membeli alat musik Sunda. Padahal di zaman sekarang ini untuk menemukan sesuatu sangat mudah sekali. Cukup dengan mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari, maka apa yang diharapkan bisa terwujud dalam seketika. Ya, sebenarnya banyak orang yang mencari alat musik khas Sunda di toko alat musik yang ada di perkotaan. Selagi stok masih tersedia, maka alat musik tersebut mudah dijumpai. Namun jika stok habis, kita harus menunggu.

Solusi cerdasnya adalah belanja online. Ya belanja online dengan menggunakan layanan Komunikasi Daring melalui alat komunikasi modern yang terkoneksi internet. Anda hemat waktu dan biaya. Untuk pembayaran, Anda bisa melakukan dengan alat pembayaran non tunai via transfer Bank. Atau jika Anda ragu, Anda bisa melakukan pembayaran tunai setelah barang sampai di rumah.

Beberapa toko alat musik memilh menutup tokonya dan fokus pada penjualan online. Selain menghemat anggaran pengeluaran, jualan dengan cara online mengikuti tren masyarakat saat ini.

Lihat: Alat Musik Jawa Tengah

Demikian informasi mengenai alat musik tradisional khas Sunda kami utarakan dan semoga memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman. Diharapkan saran, kritik dan komentarnya guna menjadikan blog ini lebih baik lagi.