13 Alat Transportasi Darat Modern, Gambar dan Manfaatnya

Posted on

Alat transportasi darat modern adalah sebuah alat bantu (tool) bagi manusia untuk melalukan berbagai aktivitas, sepeti mengantar dari satu tempat ke tempat yang lain, apakah antar kota atau propinsi. Hanya saja pada alat ini sudah banyak inovasi teknologi alias lebih canggih, baik dari bentuk dan cara mengoperasikannya. Bahkan tidak jarang alat transportasinya sudah berbasis digital dalam sistem operasinya.

Kehadiran alat transportasi modern mengabaikan alat transportasi darat tradisional. Banyak manusia sudah meninggalkannya. Hal ini apakah sebuah kelumrahan atau tidak, kami tidak tahu. Yang pasti, manusia mempunyai sifat yang tidak pernah puas dalam hidupnya. Selalu saja ingin sesuatu yang lebih. Termasuk dalam kebutuhannya di transportasi.

Kita ambil studi kasus. Jika daulu dari Medan ke Tebing – Tinggi membutuhkan waktu 5 jam, maka dengan hadirnya mobil yang mempunyai kecepatan tinggi, maka akan yang tadinya butuh waktu 5 jam jadi hanya 2 jam saja. Sisa waktu yang 3 jam bisa di manfaatkan untuk kegiatan lain yang juga penting.

Contoh alat transportasi darat modern bisa dengan mudah ditemukan untuk sekarang ini, baik untuk jenis sepeda motor maupun mobil. Bahkan sepeda dayung pun sudah menjadi modern karena disentuh dengan inovasi teknologi. Anda bisa temukan di pada sistem Komunikasi Daring yang banyak menyimpan file tentang gambar – gambar mengenai kendaraan darat yang modern.

Kami akan sebutkan gambar alat transportasi darat modern yang berhasil kami kumpulkan. Jumlahnya mencapai belasan jumlahnya. Akan dilakukan pembaharuan sesuai dengan situasi dan kondisi. Anda stay saja dengan alat komunikasi modern yang ada di tangan.  

Baiklah, langsung saja kita bahas satu persatu alat transportasi darat modern. Berikut informasinya.

1. Sepeda Motor Matic

Alat transportasi modern bernama Sepeda Motor Matic
Sepeda Motor Matic via Astra

Sepeda Motor maticadalah salah satu jenis alat transportasi modern. Sepeda jenis ini digerakkan tidak menggunakan gigi yang ada pada umumnya di sepeda motor lain. Hidupkan mesin dan gas, kenderaann pun langsung melaju. Semakin gas, maka kecepatan akan terus bertambah.

Singkatnya, sepeda matic tidak perlu menguras energi dalam mengoperasikannya. Pada tipe manual harus ada istilah over gigi antara N, gigi 1, gigi 2, gigi 3 dan gigi 4.

2. Mobil Matic

Info Alat Transportasi Darat Modern Mobil Matic
Mobil matic via detik.com

Mobil matic memiliki 2 (dua) pedal yaitu rem dan gas. Pada mobil matic, perpindahan gigi menggunakan alat yang bernama gear box dan tidak menggunakan pedal kopling. Perpindahan gigi akan lebih sering dilakukan daripada mobil matic dari pada mobil manual.

Sebagian pengguna mobil ada yang tetap menggunakan mobil jenis manual dengan berbagai alasan. Padahal untuk jalanan macet, mobil matic sangat memnbantu penggunanya.

3. Scooter (skuter)

Jenis Alat Transportasi Modern Bernama Scooter
Scooter via Target

Skuter adalah kendaraan bermotor roda dua yang memiliki lantai di bagian dasarnya untuk diinjak oleh pengendara. Jika pada sepeda motor biasa mesin diletakkan di bagian bawah rangka tengah, maka skuter memiliki posisi mesin di belakang, bisa dibagian samping atau depan roda belakang, dengan posisi di bawah tempat duduk pengendara. Skuter biasanya memiliki ukuran roda yang kecil, di bawah 16 inci.

4. Sepeda Listrik

Ulasan tentang Alat Transportasi Modern Sepeda Listrik
Sepeda Listrik via Tempo

Sepeda listrik, atau dikenal juga dengan e-bike, powerbike, adalah sepeda yang mempunyai motor listrik sebagai alat bantu geraknya. Perbedaan sepeda listrik dengan sepeda motor listrik adalah sepeda listrik mempunyai pedal seperti sepeda pada umumnya, yang bisa juga digunakan untuk menggerakkan sepeda listrik tersebut, sedangkan sepeda motor listrik hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya. Sepeda listrik menggunakan baterai isi ulang sebagai sumber tenaga motor listrik. Motor listrik membantu untuk mengurangi kelelahan dalam bersepeda, membuat sepeda ini digemari oleh banyak orang, termasuk orang dengan keterbatasan kemampuan fisik dan kaum manula.

Di Indonesia sepeda listrik sudah mulai populer, meski tidak sepopuler orang menggunakan gadget.

5. Sepeda Motor Listrik

Sepeda Motor Listrik via Blibli

Sepeda motor listrik adalah kendaraan sepeda motor tanpa bahan bakar minyak (BBM) yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.

6. Mobil Listrik

Mobil Listrik via kompas

Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa. Yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor.

Meskipun mobil listrik memiliki beberapa keuntungan potensial seperti yang telah disebutkan di atas, tapi penggunaan mobil listrik secara meluas memiliki banyak hambatan dan kekurangan. Sampai pada tahun 2011, harga mobil listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa dan kendaraan listrik hibrida karena harga baterai ion lithium yang mahal.

7. Bus Elektrik

Bus Elektrik via haltebus

Bus listrik atau bus troli adalah bus yang digerakkan dengan energi listrik yang diperoleh dari jaringan atas seperti halnya kereta api listrik ataupun trem listrik yang pernah beroperasi di Jakarta dan Surabaya sebelum tahun 1960-an. Bus listrik ini mempunyai keunggulan untuk bisa berjalan di medan yang berbukit-bukit, karena motor listrik bekerja lebih baik dari mesin diesel pada tanjakan.

Selain itu tidak menimbulkan emisi gas buang, serta tidak bising seperti mesin diesel sehingga merupakan alat angkut yang ramah lingkungan. Hemat dalam penggunaan bahan bakar karena konsumsi listrik adalah sesuai dengan olah gerak kendaraan, walaupun ada kerugian energi yang hilang dalam jaringan listriknya. Tetapi di lain pihak, pada saat pengereman dilakukan energi kinetiknya dapat dikembalikan ke jaringan yang disebut sebagai regeneratif.

8. LRT

Lintas Rel Terpadu via wikipedia

Lintas Rel Terpadu atau disingkat LRT adalah salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus, disebut juga trem.

Kereta api ringan banyak digunakan diberbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi, antara lain dengan otomatisasi, sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beroperasi pada lintasan khusus, penggunaan lantai yang rendah (sekitar 30 cm) yang disebut sebagai Low floor LRT untuk mempermudah naik turun penumpang.

9. KRL

Kereta Rel Listrik (KRL) merupakan kereta rel yang bergerak dengan sistem propulsi motor listrik. Di Indonesia, kereta rel listrik terutama ditemukan di kawasan Jabotabek, dan merupakan kereta yang melayani para komuter. Kereta rel listrik berbeda dengan kereta listrik.

Ditengah sumber daya listrik yang semakin menipis, akankah KRL menjadi sebuah jawaban?

10. Sepatu Roda Listrik

Sepatu Roda Listrik via bobo

Sepasang alat ini menggunakan teknologi stabilisasi yang sama seperti Segway beroda dua yang terkenal itu. Tidak seperti memakai sepatu roda pada umumnya, pemakainya hanya perlu condong ke depan atau ke belakang untuk menggerakkan Drift W1. Alat ini mudah digunakan atau dilepas karena pemakainya nggak perlu mengikatkannya pada kaki seperti memakai sepatu roda pada umumnya.

Tiap unit Drift W1 ini memiliki bobot sekitar 3,5 kg dan bentuknya kecil, jadi alat ini ringan dan mudah untuk dibawa. Drift W1 dapat menempuh kecepatan maksimal hingga 12 km per jam. Waktu pemakaiannya sekitar 45 menit setelah pengecasan, namun tergantung dari cara pemakaian dan medan yang dilaluinya.

12. Kereta Api Cepat

Kereta Api Cepat via Google Image

Kereta kecepatan tinggi adalah transportasi massal dengan menggunakan rel dengan kecepatan di atas 200 km/jam (125 mil/jam). Biasanya kereta kecepatan tinggi berjalan dengan kecepatan antara 250 km/jam (150 mil/jam) sampai 300 km/jam (180 mil/jam). Meskipun rekor kecepatan dunia untuk kereta beroda dipecahkan pada tahun 2007 oleh kereta Prancis TGV yang mencapai kecepatan 574,8 km/jam (357,16 mpj), sedangkan kereta maglev eksperimen Jepang telah mencapai kecepatan 581 km/jam.

13. Transjakarta

Transjakarta via Jawapos

Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Sistem ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibu kota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (230,9 km), serta memiliki 243 stasiun BRT (sebelumnya disebut halte) yang tersebar dalam 13 koridor (jalur), yang awalnya beroperasi dari 05.00 – 22.00 WIB, dan kini beroperasi 24 jam di sebagian koridornya.

Kebijakan Gubernur DKI Anies Baswedan memberlakukan gratis kusuh kepada buruh yang bekerja di Jakarta.

Lihat: Sewa Bus Pariwisata Medan

Kelebihan dan Manfaat

Ada banyak kelebihan dan manfaat jika membahas tentang alat transortasi darat modern. Apalagi jika dibandingkan dengan kendaraan yang tradisional. Jelas seperti siang dan malam. Namun kita tidak boleh mengabaikan keberadaan mengenainya. Apa pun itu, kendaraan tradisional itulah yang dahulu di gunakan oleh nenek moyang kita.

1. Sesuai Dengan Tuntutan Zaman

Karena kesibukan manusia yang semakin meningkat, maka kendaraan modern sangat membantu manusia di zaman sekarang. Banyak perusahaan yang mengeluarkan produk transportasi karena melalui proses riset terkait dengan kebutuhan manusia. Contohnya, manusia ingin mobil yang bisa terbang dengan alasan menghindari macet. Maka para perusahaan otomotif akan bersaing untuk mewujudkannya.

2. Fitur Lebih Lengkap

Jika mobil dahulu hanya bisa untuk berkendara saja. Beda dengan yang modern yang dapat bisa difungsikan untuk hal lainnya, seperti menonton film, mendengar musik sampai dengan bisa dipakai untuk berbisnis. Multi fungsi adalah salah satu inovasi dari kendaraan modern.

Ada banyak lagi mengenai kelebihan dan manfaat dari alat transportasi darat modern. Tetapi tidak disampaikan pada kesempatan kali ini. Kami persilahkan bagi pembaca untuk menambahkan melali kolom komentar yang tersedia dibawah.

Lihat: Rental Mobil Medan

Demikian ulasan mengenai alat transportasi darat modern dikesempatan kali ini. Semoga saja pengguna internet yang membacanya mendapatkan manfaat. Jangan lupa kritik dan saran dari Anda. Tuliskan pada kolom komentar.