14 Alat Transportasi Darat Tradisional, Gambar dan Contohnya

Posted on

Alat transportasi darat tradisional, gambar dan contohnya merupakan ulasan informasi terkait alat bantu manusia dari dulu sama sekarang. Banyak aktivitas yang bergantung dengan transportasi darat, mulai dari mengantar anak sekolah, pergi kekantor, belanja ke pasar, berkunjung ke rumah saudara dan kegiatan lainnya. Bahkan keberadaan transportasi darat sangat dibutuhkan ketika dalam kondisi perang melawan musuh.

Ada perbedaan yang mendasar jika alat transportasi darat tradisional di hubungkan dengan alat transportasi darat modern yang serbah canggih fiturnya. Salah satu perbedaannya adalah, transportasi darat pada zaman dahulu masih serba manual dan jauh dari sentuhan teknologi. Sedangkan transportasi darat modern sudah banyak sentuhan inovasi teknologi.   

Gambar dan contoh mengenai alat transportasi darat yang tradisional akan kami uraikan. Hal ini karena kami menganggap informasi tersebut sangatlah penting untuk disampaikan kepada pengguna internet yang suka menimba ilmu. Meski ada beberapa transportasi darat kuno yang sudah tidak digunakan lagi oleh manusia, tetap saja objek tersebut adalah bagian dari umat manusia yang mempunyai nilai dan arti sejarah.

Keberagaman alat transportasi darat tradisional disebabkan perbedaan nama dan fungsi dari berbagai negara. Dimana negara maju akan beralih kepada transportasi terbaru dan meninggalkan yang lama. Biasanya ini dilakukan oleh negara – negara yang memang produksi alat transportasi, seperti mobil dan sepeda motor. Sebelum melakukan eksport keluar negeri, mereka akan memenuhi quota kebutuhan dalam negeri dibidang transportasi.  

Macam – macam alat transportasi di darat yang tergolong tradisional mengingatkan kita di rentang waktu mana kita berada. Jika melakukan pesanan kendearaan sudah bisa melalui aplikasi, maka Anda berada di zaman milineal yang didominikasi oleh keberadaan komunikasi daring. Dimana peranan alat komunikasi modern sudah begitu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Mulai dari anak remaja sampai orang tua pegangan sudah gadget semua.   

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, betikut ini adalah kumpulan alat transportasi darat tradisional yang penting untuk diketahui. Simak ulasannya.    

1. Kaki

Kaki Sebagai Alat Transportasi
Kaki via klikdokter

Kaki adalah bagian dari anggota tubuh yang memiliki fungsi berjalan. Dengan adanya kaki membuat manusia lebih mudah untuk pindah dari satu tempat ketempat lain. Sejak zaman dahulu manusia terbiasa berpindah dari satu daerah kedaerah yang lain dengan hanya berjalan kaki. Namun karna kaki memiliki dayatahan yang terbatas sebab itu perlu waktu lama untuk berpindah dari satu tempat ketempat lainnya.

2. Gajah

Gajah Tergolong alat transportasi darat tradisional
Gajah via pixabay

Gajah adalah hewan besar yang sejak lama digunakan oleh manusia sebagai salah satu alat transportasi. Bahkan hingga kini dibeberapa tempat gajah masih digunakan sebagai alat transportasi terutama didaerah-daerah wisata alam yang memiliki medan yang sulit ditempuh hannya dengan berjalan kaki.

3. Unta

Unta Tergolong alat transportasi darat tradisional
Unta via wego

Unta merupakan hewan bertubuh besar dan berpunuk. Unta banyak digunakan oleh orang – orang yang hidup di daerah gurun pasir sebagai alat transportasi. Karna medan yang cukup berat dan sulit dilalui dengan berjalan ataupun dengan kendaraan bermotor maka hingga kini hewan unta masih banyak dipakai oleh orang-orang yang hidup di daerah gurun pasir.

4.Kuda

Kuda via idntimes

Kuda adalah jenis hewan yang memiliki kemampuan berlari yang luar biasa. Penggunaan kuda sebagai alat transportasi pada zaman dahulu membuat waktu yang digunakan untuk menempuh suatu jarak menjadi lebih cepat dan efektif.

5. Delman

Delman via rmol

Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. jika dengan hanya menaiki kuda maka jumlah orang atau beban yang bisa dibawa sangat terbatas maka dengan menggunakan delman ini jumlah orang dan beban yang bisa dibawah lebih banyak.

6. Pedati

Alat transportasi darat bernama Pedati
Pedati via Kompasiana

Gerobak atau pedati atau kereta adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi. Gerobak dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebra atau dapat pula ditarik oleh manusia.

7. Jinrikisha (Becak Jepang)

Jinrikisha via The Japan Times

Jinrikisha adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan orang-orang pada zaman dahulu. Jinrikisha memiliki bak dengan tempat duduk dan roda yang berjumlah 2 buah disisi kanan dan kiri. jinrikisha di operasikan dengan cara ditarik oleh manusia dari depan.

8. Sepeda

Sepeda via Liputan6

Sepeda adalah alat transportasi tradisional yang hingga kini masih banyak digunakan. Penggunaan sepeda sebagai alat transportasi pada zaman dahulu memberi kemudahan bagi manusia untuk pergi dari satu tempat ketempat lainnya. Sepeda dijalankan dengan di kayuh, sebab itu penggunaan sepeda dirasa lebih menyehatkan.

9. Becak Dayung

Becak Dayung via Blogger

Becak dayung adalah becak tidak bermotor di kawasan Sumatra bagian utara yang didayung oleh pengemudinya. Berbeda dengan becak di Jawa, dan pulau-pulau lain di Indonesia karena pengemudinya berada di samping becak bukan di belakang seperti pada umumnya.

10. Sepeda Motor

Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler pada tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri. Sepeda tersebut memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda pada sepeda anak-anak). Seiring perkembangan jaman Bentuk dan Mesin Sepeda motor telah mengalami banyak inovasi.

11. Bentor

Bentor via momentum

Bentor adalah singkatan dari Becak Motor yang merupakan kendaraan roda tiga asal Gorontalo. kendaraan ini adalah ruang muatan seperti becak yang dirakit dengan menambahkan kendaraan bermotor jenis sepeda motor di bagian belakangnya.

12. Becak Mesin

Becak mesin adalah istilah yang digunakan di luar Pulau Jawa untuk becak yang digerakkan dengan mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan moda yang sangat populer untuk perjalanan dari pintu ke pintu. Becak mesin memiliki bak yang diletak disamping sepeda motor sebagai penariknya.

13. Bajaj (Bajay)

Bajaj via Google Image

Bajaj atau juga disebut bemo dibeberapa kota di indonesia adalah merupakan salah satu modatransportasi tradisional yang sudah ada sejak dahulu. Bajaj merupakan kendaraan bermotor yang beroda tiga yang memiliki muatan sedikit lebih banyak dari moda transportasi tradisional lainnya.

14. Angkutan Kota (Angkot)

Angkutan kota atau biasa disingkat Angkot atau Angkota adalah sebuah transportasi umum dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja. Beberapa jenis angkutan kota sudah tidak lagi beroperasi karena terkalahkan oleh moda transportasi yang lebih modern.

Lihat: Sewa Bus Pariwisata Medan

Mau Diapakan?

Sudah banyak kenderaan tradisional yang tinggal sejarah saja disebabkan dengan hadirnya kendaraan baru yang lebih menarik, mulai dari sepeda motor dan mobil. Ini menjadi sesuatu yang wajar karena yang namanya manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah ada. Sementara itu, perguruan tinggin terus melakukan berbagai riset untuk menjawab tantangan masa depan.  

Keputusan bijaksana posisi transportasi kuno adalah bisa dengan beberapa cara, pertama: tetap digunakan dalam arena tertentu saja. Misal dalam objek wisata dimana alat transportasinya dikemas jadi lebih unik dan menarik sehingga mampu menarik perhatian pengunjung yang datang.

Kedua, dijadikan barang antik dalam bentuk museum sejarah. Hal ini baik dan bermanfaat untuk generasi masa depan bangsa. Kemudian sangat strategis guna membantu lembaga pendidikan mencerdaskan siswanya.

Ketiga, didaur ulang. Bahan yang ada pada alat transportasi darat tradisional di olah untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat. Apakah dijadikan mobil atau yang lainnya.

Lihat: Rental Mobil Medan

Demikian dulu ulasan mengenai alat trasnportasi darat tradisional kami sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga saja memberikan manfaat kepada pengguna internet yang membacanya. Jangan lupa sampaikan kritik dan saran untuk perkembangan blog ini kedepannya.

Silahkan berkomentar