10 Alat Transportasi Laut Modern, Contoh dan Gambar

Posted on

Alat transportasi laut modern dan contoh serta gambarnya merupakan ulasan menarik seputar tema pada kali ini. Kita tahu manusia membutuhkan kendaraan laut untuk membantu segala kegiatannya, apakah untuk menyebrangi pulau, pindah ke suatu daerah dan mencari hasil tangkapan di laut. Bahkan ada yang menggunakannya untuk mengangkat barang, seperti mobil, eksport makanan ke luar negeri dan lain sebagainya.

Alat transportasi laut yang modern disebut demikian karena adanya sentuhan teknologi sehingga fungsinya lebih maksimal ketimbang kendaraan laut tradisional yang juga di pakai oleh manusia di zaman dahulu. Pastinya, masih ada yang dipakai sampai sekarang.

Sebelum kami sebutkan alat transportasi air satu persatu, maka perlu dipahami, bicara laut, maka kita akan bicara air. Sedangkan bicara air, maka kita akan bicara mengenai sungai dan danau yang juga bisa dilintasi oleh kendaraan yang berbasis air. Transportasi air di indonesia sangat tergantung dengan kemauan politk negara agar diperbaharui sesuai dengan kondisi zaman. Alhamdulillah, dibeberapa tempat sudah tampak alat tranpsortasi laut digunakan, seperti di Bali dan Jakarta.

Perkembangan transportasi laut dari zaman ke zaman di Indonesia memang harus dijadikan dokumen penting supaya generasi masa depan memahai arti sejarah yang sebenarnya. Ada yang bilang bahwa “nenek moyang kita adalah pelaut”.

Apa saja alat transportasi laut Modern? Berikut informasinya

1. Vindskip

Kapal Vindskip merupakan alat transportasi laut modern terbaru
Vindskip via bateaux.com

Kapal Vindskip yang diterjemahkan menjadi “windship” adalah sebuah alat transportasi laut modern yang menggunakan tenaga angin dan gas sebagai bahan bakarnya. Adalah Terje Lade seorang insinyur asal Norwegia yang merancang sebuah kapal cargo yang bergantung pada bahan bakar alternative untuk sumber tenaganya sehingga akan menurunkan emisi, konsumsi bahan bakar, dan biaya bunker, dalam upaya untuk membuat kapal lebih eko-efisien.

Sebuah kapal yang dilengkapi dengan sistem propulsion yang didukung dengan pembangkit listrik hybrid yang menggunakan bahan bakar LNG ditambah dengan listrik yang dihasilkan oleh lambung kapal yang memanfaatkan bentuk aerodinamika sehingga mengahsilkan daya angkat. Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem komputer yang mampu menelusuri dan menghitung rute terbaik berdasarkan data meteorologi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kapal mampu menghasilkan energi listrik secara maksimal dengan memanfaatkan tenaga angin.

2. Mayflower Autonomous Ship

Mayflower Autonomous Ship dikenal kendaraan air modern
Mayflower Autonomous Ship via BBC

Mayflower Autonomous Ship adalah sebuah kapal Penjelajah yang merupakan remake dari kapal penjelajah Mayflower yang bersejarah. Pproyek yang unik hasil kerja sama antara Universitas Plymuth dan perusahaan kapal laut tanpa awak MSubs. Desain kapal ini di buat oleh sebuah perusahaan desain yang memenangkan kompetisi desain kapal pesiar Shuttleworth Design.

Desain Awal kapal ini dibuat berdasarkan kapal Mayflower yang bersejarah namun dengan Berbeda dengan kapal Mayflower lamadibangun dengan menggunakan teknologi yang canggih dan dinamakan dengan Mayflower Autonomous Ship (MAS) . Dengan panjang 32,5 meter, MAS akan digerakkan dengan mesin yang menggunakan energi terbarukan sebagai sumber energinya dan akan berlayar selayaknya kapal layar pada umumnya.

Kapal ini akan membawa drone yang akan digunakan untuk kegiatan penelitian selama pelayaran. Rencananya kapal ini akan diuji selama satu tahun dan akan resmi diluncurkan di tahun 2020.  MAS akan mulai berlayar dari Plymouth, Inggris, pada September 2020, dalam rangka memperingati 400 tahun perjalanan Mayflower.

3. Kapal Perang Masa Depan T2050

Kapal Perang Masa Depan T2050 via Google Image

Kapal ini dijuluki T2050, merupakan sebuah konsep yang menggabungkan antara 3 jenis kapal yaitu kapal Sea Shadow milik Angkatan Laut Amerika, kapal trimaran dan  kapal G.I. Joe. Dalam hal desain, kapal ini banyak mengadaptasi bentuk dari kapal perusak Zumwalt milik Angkatan Laut AS. Gagasan atau konsep awal dari kapal ini dikembangkan oleh sekelompok orang yang terdiri dari pakar kelautan dan desainer kapal. Pengembangan konsep kapal ini didanai oleh  Angkatan Laut Inggris dan Kementrian Pertahanan Inggris yang rencanannya akan direalisasikan di tahun 2050.

Sebuah rancangan yang menggabungkan berbagai fitur terbaik yang dimiliki kapal perang dan kapal induk menjadi satu kesatuan. Permukaan kapal dibuat halus dan licin sehingga memenuhi unsur aerodinamika yang mampu mengurangi hambatan akibat angin saat kapal bergerak cepat. Kapal ini juga dilengkapi dengan landasan di bagian belakangnya. Sebuah landasan yang berguna untuk meluncurkan dornes dan juga cukup besar untuk dapat mendaratkan helikopter.

Pada bagian depan dari T2050 terdapat senjata senjata atau senapan elektromagnetik. Senjata ini masih dalam tahap pengembangan hingga saat ini, diaman memanfaatkan medan elektromagnetik untuk menembakkan peluru dengan kecepatan melebihi kecepatan suara. Membuat kapal inimenjadi senjata yang mematikan, meskipun ukurannya terbilang kecil diantara kapal perang lainnya. T2050 dirancang untuk menjadi kapal tanpa awak yang berteknologi canggih dan berguna untuk mengangkut senjata dan amunisi, yang sampai saat ini belum ada kapal yang dibangun dengan tujuan seperti itu.

4. Kapal Masa Depan AAWA, Kapal Kargo Tanpa Awak

Kapal Masa Depan AAWA via Informazone

Kapal ini pertama kali dikenalkan ke publik pada saat acara Autonomous Ship Technology Symposium 2016 di Amsterdam. Sebenarnya konsep awal kapal ini sudah dimulai Pada tahun 2014 oleh Rolls-Royce dan diharapkan dapat direalisasikandi tahun 2020. Rolls Royce memperkenalkan inovasinya yang bernama Advanced Autonomous  Waterbone Application (AAWA) yang secara garis besar akan menjadi sebuah kapal tanpa awak.

Kapal ini akan dikontrol dan dikemudikan oleh komputer yang dikendalikan oleh operator di darat. Kapal kargo raksasa, AAWA memiliki dek dengan permukaan yang halus seperti seekor ikan paus dan tanpa struktur yang terlihat luar biasa. Mereka juga merancang agar kapal ini dapat menjelajahi lautan tanpa menimbulkan kebisingan yang berarti dengan menggunakan mesin yang ramah lingkungan.

5. City of Meriens

City of Meriens via dailymail

Adalah Jacques Rougerie seorang arsitek berkebangsaan prancis yang mendesain kapal ini dengan membayangkan bahwa di masa depan kapal ini akan menjadi kota mengambang untuk keperluan penelitian ilmiah dan mengamati berbagai ekosistem laut. City Mariens diperkirakan mempuyai panjang 2.950 kaki dan lebar 1.650 kaki. Selain besar, kapal ini didesain agar ramah lingkungan dengan tidak menghasilkan sampah yang akan mencemari lautan. Kapal masa depan ini nantinya diharapkan mampu memanfaatkan sumber energi terbarukan untuk menghasilkan energi.

Kapal pesiar masa depan ini berbentuk seperti ikan pari raksasa yang akan membuat semua kapal tampak seperti perahu yang sangat kecil. Dengan ukuran yang besar sudah tentu kapal ini juga memiliki kapasitas muatan yang sangat besar. Kapal yang dibuat dengan rancangan yang sangat futuristik dengan daya tampung mencapai 7.000 orang ilmuwan dan pelajar dari seluruh dunia. Nantinya  Kapal ini juga akan memiliki fasilitas penunjang seperti ruangan kelas, ruangan kuliah, laboratorium, tempat tinggal, sarana olahraga dan sarana untuk proyek penelitian jangka panjang.

6. The Turanor

The Turanor via newatlas

Kapal ini memiliki berat 100 tons dan dilengkapi dengan mesin yang mampu tenaga dengan kecepatan jelajah sebesar 5 knots. Semuan tenaga itu dihasilkan oleh 29.124 panel surya yang memiliki efisiensi paling baik dibandingkan dengan lainnya. Proyek ini didirikan oleh penjelajah Swiss Raphaël Domjan yang terispirasi dari sebuah buku fantasi karangan J.R.R. Tolkien. Kapal ini  adalah kapal bertenaga surya terbesar di dunia dan diluncurkan pada 31 Maret 2010. Pada Mei 2012, Kapal ini menjadi kendaraan listrik tenaga surya pertama yang mengelilingi dunia.

Sekarang kapal ini digunakan untuk melakukan ekspedisi dengan tujuan meneliti keadaan laut dan atsmofer. Kapal ini menjadi pilhan yang baik unutk melakukan hal semacam itu, karena tidak ada mengeluarkan emisi gas sama sekali, sehingga membuat data yang dikumpulkan terlihat sempurna.

7. Kapal Blue Saphire

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat dewasa ini juga telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan alat transportasi laut. Saat ini banyak perusahaaan yang bekerjasama dengan para peneliti dan disainer alat transportasi yang berlomba-lomba menghasilkan produk terbaru dengan teknologi tercanggih. Salah satu alat transportasi laut modern yang saat ini digadang-gadang sebagai kota diatas laut adalah kapal Blue Saphire.

Sapphire Blue akan menjadi sebuah kapal tipe-C yang dilengkapi dengan tangki Liquefied Natural Gas (LNG) yang diletakkan di lambung kapal bagian bawah. Kapal ini akan menjadi kapal pesiar yang diharapakan memiliki keamampuan selayakanya kapal pesiar pada umumnya. Yaitu kemampuan untuk melakukan perjalanan selama tiga minggu tanpa perlu mengisi ulang bahan  bakar lagi.

Dilengkapi dengan generator listrik yang mampu menghasilkan energi sebesar 21,6 Mega Watt untuk menggerakkan kedua propulsion dan menanggung beban listrik hotel. Mengenai jenis propulsion yang digunakan masih belum ditentukan apakah menggunakan baling-baling biasa atau dengan pods sebab setiap pilihan tersebut memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda.

8. Kapal Kargo Tanpa Awak USV Maxlimer

USV Maxlimer via Flickr

USV Maxlimer dibangun oleh Sea Kit International yang merupakan perusahaan pengembang kapan untuk industri maritime dan penelitian. Dibangung untuk Shell Ocean Discovery XPRIZE, sebuah kompetisi survei dasar luat secara otonom. Kapal ini dapat meluncur dan memulihkan kendaraan secara otonom, sekaligus memiliki potensi untuk beroperasi dalam peran yang berbeda dengan setting yang berbeda pula.

Kapal Cargo tanpa wak ini  dioperasikan oleh remote control genggam ketika di pelabuhan dan beroperasi berdasarkan data langsung ke pengontrol melalui beberapa tautan satelit ketika telah lepas landas ke laut lepas.

Saat ini Persiapan akhir sedang berlangsung untuk peluncuran kapal sepanjang 12 meter yang akan berangkat dari Kanada dan bakal menyeberang transatlantik tanpa awak. Ini menjadi misi pertama sebuah kapal nirawak melintasi Laut Atlantik. Perjalanan survey itu diperkirakan memakan waktu sekitar 35 hari.

9. Kapal Selam Odyssey

Kapal Selam Odyssey via Kaskus

Kapal Selam Odyssey adalah sebuah kapal selam besutan perusahaan Submarine Safaris Asia, Ltd, yang memiliki Panjang 17 meter dengan ruangan selebar 4 meter dan tinggi 5,5 meter.Kapal Selam Odyssey memiliki kemampuan menyelam sampai kedalaman 35 meter. Kapal ini sendiri memiliki bobot/berat sampai 72,6 ton.

Kapal Selam Odyssey ini memiliki 36 tempat duduk yang disusun berpasangan memanjang mengikuti panjang kapal Odyssey Submarine. Ini mengartikan juga bahwa kapal tersebut hanya bisa memuat 36 penumpang ditambah crew kapal, pilot serta co-pilot.

10. Jet Ski

Jet Ski sebenarnya adalah nama merek dagang dari sebuah perahu pribadi yang diproduksi oleh Kawasaki, Namun istilah ini sering digunakan secara umum untuk merujuk pada jenis perahu pribadi.  Jet Ski memiliki desain seperti sepeda motor yang biasa banyak kita jumpai namun memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Dengan jet Ski kita dapat menikmati sensasi bersepeda motor diatas laut.

Karena body nya yang kecil, maka kenderaan ini dapat juga di gunakan di danau dan sungai. Jika Anda berlibur atau ambil paket wisata Danau Toba 2 hari 1 malam, maka akan menemukan alat transportasi air ini.  

Kelebihan Dibandingkan Trasportasi Darat

Tidak terlalu berlebihan jika pada kesempatan ini, kami sampaikan juga mengenai apa saja kelebihan dari alat transportasi laut modern yang dibandingkan dengan alat transportasi darat modern yang sudah dipublikasi beberapa waktu lalu.

1. Muatan lebih Banyak

Barang yang dibawa oleh kendaraan laut bisa lebih banyak dan besar ketimbang kendaraan darat. Contohnya: banyak mobil dapat diangkut olej kapal. Kita tahu bahwa mobil adalah kendaraan darat. Jika pun mobil besar bisa menangkat mobil, jumlahnya hanya sedikit saja. Baik mobil yang digunakan untuk pribadi atau bisnis rental mobil Medan pun bisa disinggahkan di pelabuhan Belawan.

Gitu juga barang ekspor dan import yang dimasukkan dalam kontainer – kontainer. Saat sampai di pelabuhan, maka kontainer tersebut diantar ke tempat tujuan dengan menggunakan mobil truk yang hanya mampu menampung satu kontainer saja.

2. Jangkauan Lebih Luas

Karena indonesia adalah negara kepulauan, maka dengan tidak semua tujuan dapat dijangkau dengan menggunakan tranpsortasi darat. Sekitar 17.000 an pulau hanya dapat dijangkau dengan kendaraan laut. Apakah itu menyebrang pulau dan menyebrang negara. Dizaman dahulu, orang Indonesia pergi ke Mekkah untuk naik Haji menggunakan kapal melalui Pulau Sabang.

Lihat: Paket Tour Sabang 2 Hari 1 Malam

Demikian ulasan yang kami utarakan di ksempatan kali ini. Semoga artikel yang membahas tentang alat transportasi laut modern ini memberikan manfaat kepada para pembaca dan kami khususnya. Jangan ragu untuk sampaikan komentar, saran dan kritik demi perkembangan dan kemajuan blog ini kedepan. Oh iya, jika dirasa ada manfaat, silahkan share artikel ini kepada teman – teman yang ada di laman Komunikasi Daring.

Silahkan berkomentar