Backlink Yang Bagus Untuk Website Apa Ya?

Posted on

Apa saja Backlink yang dibutuhkan oleh website yang baru mau dioptimasi? Pertanyaan ini sangat penting karena sejatinya kebanyakan baclink belum tentu memberikan dampak positif kepada sebuah blog.

Sebelum membahasnya, perlu sekilas kita ketahui bersama apa itu backlink. Secara acak arti backlink adalah satu atau beberapa link yang mengarah kepada domain atau url tertentu. Lebih jauh, baclink terbagi menjadi dua, ada blinkack on page dan backlink off page.

Berdasarkan pengalaman dan juga melihat fenomena dunia seo, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan backlink kepada blog kita. Yang pertama, backlink harus aman dari link spam dan kedua, backlink harus mempunyai otoritas.

Backlink yang mengandung spam adalah yang sudah terlalu over optimasi, melebihi dari yang diharapkan. Akibatnya blog bukan malah mendapatkan rangking terbaik di mata mesin pencari, namun malah mendapat penilaian negatif dari mesin pencari.

Untuk blog otoritas tentu sangat mudah didapatkan. Dan kriteria blog yang punya otoritas pun sangat jelas cirinya. Salah satunya adalah domain yang punya rating tinggi. Dalam dunia blogger dikenal istilah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Untuk melihat DA dan PA sudah banyak software yang tersedia.

Untuk Anda yang baru mengenal dunia website sudah pasti akan bingung dengan istilah yang kami sampaikan. Namun Anda harus sabar dalam mempelajarinya. Karena semuanya bisa dipahami asal kita mau belajar dengan sungguh – sungguh. Apalagi segala informasi saat ini sudah banyak tersebar di media daring.

Gambar terkait dengan backlink

Baik, kembali kepada masalah backlink yang memang diperlukan oleh sebuah blog. Ciri-ciri blog yang perlu backlink adalah sebagai berikut:

1. Blog yang mau di optimasi di mesin pencari

Hanya blog yang teroptimaasi dengan baik akan di nilai oleh mesin pencari, seperti Google, Bing Yahoo. Selain konten yang unik dan enak di baca, blog yang mendapatkan backlink akan memberikan sinyal kepada mesin pencari untuk memberi rangking di halaman.

2. Blog yang ingin masuk di halaman 1

Tidak semua blog ingin terserap dan masuk di halaman satu Google. Untuk hal ini, maka tidak perlu dilakukan optimasi backlink. Namun jika perlu mendapat posisi di halaman 1, maka optimasi backlink dalam bentuk off page dan on page sangat diperlukan.

Jika sebuah blog sudah mendapat kesimpulan butuh untuk di backlink, lantas bagaimana cara tepat untuk meemberikan backlinknya? Ada dua cara untuk hal tersebut bisa dikerjakan, pertama yaitu dengan mengerjakan sendiri dan yang kedua dengan membeli jasa backlink. Catatan pentig, untuk membeli backlink harus dicari yang benar – benar terpercaya jangan asal pilih. Portofolio harus jelas dan juga rekam jejaknya.

Terkhusus bagi Anda yang ingin membangun backlink sendiri, sebaiknya Anda buat time line yang jelas, baik mulai dari awal sampai akhir (finishing). Membangun Backlink tidak bisa instan, butuh waktu, paling cepat 3 bulan dan mungkin bisa lebih lama.

Tentu Anda semakin pusing ya? Jika iya sebaiknya serahkan kepada mereka yang dikenal sebagai jasa pembuatan website Medan. Anda tinggal bayar saja harga yang mereka minta dengan kesepakatan kerjasama. Setelah Anda bayar, Anda tinggal minta saja progress pengerjaannya.