Bagaimana Cara Meningkatkan Human Capital Demi Kemajuan Anda?

Posted on

Pernahkah Anda mendengar tentang human capital? Human capital adalah pengetahuan, skill, atau pengalaman yang dimiliki oleh seseorang, yang menjadi nilai mereka dalam organisasi. Dalam artian, ia menjadi salah satu indikator kesuksesan. Makin bagus human capital-nya, makin baik nilainya di mata orang lain.

Human capital jadi sangat penting ketika Anda akan melamar ke perusahaan. Pihak HRD akan mengetahui apa itu human capital pada tiap pelamar kerja. Lantas dipilih yang paling unggul, tak hanya dari IPK-nya saja. Anda wajib meningkatkan value agar peluang diterima makin tinggi.

Human Capital Penting untuk Kesuksesan, Ini Cara Meningkatkannya

Berikut ini beberapa langkah agar human capital anda makin baik:

1. Membaca Buku, Berita, dan Berbagai Referensi

Cara untuk meningkatkan human capital sebenarnya mudah, Anda hanya perlu membaca lebih banyak. Lahaplah buku, koran, novel, artikel di majalah, dan jenis bacaan lain untuk menambah wawasan. Ilmu pengetahuan akan bertambah di otak, dan Anda makin tahu cara untuk menyelesaikan masalah, karena banyaknya knowledge yang ada dalam kepala. Human capital adalah nilai manusia yang dilihat dari pengetahuannya.

2. Mengikuti Seminar dan Pelatihan

Jangan lupa juga untuk meningkatkan human capital lewat berbagai seminar, simposium, dan pelatihan. Dari seminar itu, Anda akan mendapat insight baru, sehingga bisa digunakan saat ada sesi brainstorming di kantor. Ikutilah juga pelatihan, agar Anda bisa langsung mempraktekkan ilmunya.

Dari berbagai pelatihan, Anda bisa paham apa itu human capital, yakni nilai di dalam diri yang perlu untuk dikembangkan. Ikutilah berbagai workshop yang langsung memberi sesi praktek, agar ilmunya langsung menempel di otak dan menambah human capital. Pelatihan yang tidak sesuai dengan bidang, misalnya tentang merangkai bunga -padahal Anda bekerja di bidang teknik- bisa juga diambil. Karena untuk mempertebal feeling dan insting.

3. Menonton Video Pengetahuan

Di akhir minggu, saat akan menambah human capital, jangan hanya mojok sambil nonton acara gosip. Namun ganti tontonan dengan video yang menambah ilmu pengetahuan, misalnya dari Discovery Channel. Tayangan ini sangat berguna karena akan menambah wawasan Anda sekaligus mengasah logika. Sehingga ketika ada permasalahan di kantor, Anda bisa memecahkannya berkat petunjuk dari video yang ditonton.

4. Menambah Jangkauan Relasi Seluas-luasnya

Networking sangat penting untuk meningkatkan human capital, karena dari banyaknya teman, Anda mendapat pengetahuan baru. Berkenalanlah dengan orang baru yang ditemui di seminar atau acara lain dan jalin pertemanan dengan baik. Berteman dengan banyak orang memberi pengetahuan baru, karena bidang mereka berbeda. Misalnya jika Anda seorang sales marketing, berkawan dengan pedagang bunga akan memberi pengetahuan tentang flora.

Human capital wajib ditingkatkan, jika Anda ingin diterima kerja, atau mendapat posisi tinggi di kantor. Boss akan menilai Anda sosok yang tepat, karena punya banyak pengetahuan dan relasi, sehingga cocok jadi manager. Cara meningkatkannya mudah, karena Anda tinggal menambah pengetahuan dari buku dan video.

Silahkan berkomentar