Berkunjung ke Aceh, Wakil Perdana Turki: “Semua Muslim Bersaudara”

by

Mantabz.com – Aceh, salah satu Propinsi di Indonesia yang mendapat hak otonomi khusus mendapat kunjungan istimewa. Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik berkunjung dan menyempatkan ikut Shalat Jum’at di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Tak hanya ikut Shalat, Fikri Isik juga memberikan pidato singkat usai salat Jum’at di Masjid Raya Baiturrahman. Fikri menyampaikan pidatonya dalam bahasa Turki dan dikemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 

Seperti dilansir detikcom, usai salat Jumat sekitar pukul 13.15 WIB, Jumat (13/10/2017), panitia masjid membuat pengumuman agar jemaah tidak beranjak dulu.

Tak lama berselang, rombongan wakil PM bangun dari barisan depan. Ia berdiri di samping Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. “Saya membawa salam dari seluruh rakyat Turki dan Presiden Turki Erdogan,” kata Fikri dalam bahasa Turki yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Para jemaah mendekat ke depan. Tak sedikit di antara jemaah yang mengabadikan momen Wakil PM Turki berpidato. Terdengar beberapa kali kalimat takbir diucapkan para jemaah kala Fikri menyebut hubungan antara Turki dengan Aceh.

“Ada sebuah kata bagus dari Maulana Jalaluddin Rumi. Dia berkata yang penting bukan bahasa tapi bahasa dari hati,” jelas Fikri.

“Kemarin saat saya shalat di Masjid Istiqlal merasa hal yang sama dengan saya salat di Masjid Baiturrahman. Semua muslim adalah saudara,” ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat Turki akan berusaha mengikuti jejak pendahulu mereka dalam hal berhubungan dengan Aceh. Mereka akan peduli terhadap tanah Rencong. “Kepedulian yang diperlihatkan kakek kami dulu kepada kalian, kami akan berusaha mengikuti jejak kakek kami,” ungkap Fikri Izik lebih lanjut.

Fikri berkunjung ke Aceh bersama sejumlah rombongan dari Turki. Di Tanah Rencong, dia akan mengikuti sejumlah kegiatan termasuk bertemu dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Loading...