Bisnis Budidaya Ikan Lele: Menyiapkan Kolam dan Pemijahan

Posted on

Sebelum menyiapkan kolam untuk ikan lele, yang perlu diperhatikan adalah Anda mau milih bagian mana dalam hal bisnis budi daya ikan lele. Secara sederhana terbagi 3, yaitu:

1. Spesilais Bibit Lele

2. Pembesaran Ikan Lele

3. Menjual Ikan Siap Goreng

Untuk yang no 3, Anda tidak perlu menyediakan kolam. Karena Anda hanya perlu ikan lelenya saja yang bisa Anda beli di pasar atau langusng ke peternak lele itu sendiri. Namun jika mau sekalian ternak lele dengan menyediakan kolam lele, tidak juga jadi masalah.

Contoh Kolam Ikan Lele

Kembali kepada pembuatan kolam yang bisa memakai terpal, kolam semen atau kolam tanah. Bahkan ada juga yang memakai ember sebagai kolam untuk ikan lele. Masing – masing kolam punya kelebihan dan kekurangannya.

Taruhlah Anda memilih kolam terpal. Ukuran minimal adalah 2 x 4 meter. Ada juga yang membuat ukuran besanya kolam 3 x 3 meter. Seperti dilakukan teman yang bisnis pembibitan memilih ukuran 3 x 3 meter sebagai besaran kolam.

Setelah kolam jadi, selanjutnya adalah menyiapkan induk lele yang sudah siap untuk di pijah atau dikawinkan. Bisa sepasang, namun disarankan lebih banyak lebih bagus. Bisa panen tiap hari. Karena kebutuhan lele di pasar terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kita bisa lihat dari indukan lele betina jika sudah siap dibuahi oleh indukan lele jantan. Indikasi kesiapannya adalah dari tempat telurnya. Jika sudah kelihatan biru, maka sudah layak untuk dikawinkan.

Proses perkawinan lele cukup satu malam saja. Pilih waktu sore hari, dan biasanya keesokan pagi sudah tampak telur sebagai cikal bakal bibit lele.

Oh iya, sebelum lele dikawinkan, kolam ikan harus dibersihkan terlebih dahulu. Jika sudah bersih, maka isi dengan air jernih. Lalu masukan pasangan indukan lele kedalam. Jangan lupa kasih ijuk kelapa yang bisa dibeli di tokoh bangunan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat video berikut ini.

  • Video

Dari telur sampai jadi anakan lele, butuh waktu 14 hari (2 minggu) kita sediakan pakan caing sutra dan kutu air. Kalau tidak musim hujan, biasanya cacing sutra mudah ditemukan. Namun langka jika musim hujan tiba.

Setelah 14 hari, barulah pakan pelet bisa diberikan kepada anakan lele.

Oke, selamat mencoba!

Silahkan berkomentar