Buat Kamu Yang Malas Shalat… Tips Agar “Enggan” Meninggalkan Shalat 5 Waktu

by
Sumber gambar: Google

Mantabz.com – Shalat 5 waktu adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap orang Islam baik suka maupun tidak suka, karena shalat adalah tiang agama, sehingga orang yang tidak shalat sama saja dengan merubuhkan tiang agama yang ada didalam dirinya sendiri. Namun sayangnya, banyak sekali godaan dan halangan sehingga kita malas mengerjakannya. Kesibukan sering kali kita jadikan alasan untuk tidak melaksanakan shalat. Rasa malas juga terkadang datang ketika kita ingin mengerjakan shalat. Bagi kamu yang sudah ada niat untuk tidak ingin meninggalkan shalat tetapi belum bisa melaksanakannya. Sebagai umat Islam kita sepenuhnya sudah tahu hal tersebut.
Berikut saya berikan tipsnya menurut beberapa sumber yang saya baca:

1. Jadikan Shalat Sebagai Kebutuhan

Dari sekarang mulailah untuk menjadikan shalat sebagai kebutuhan. Ibarat seperti makanan adalah kebutuhan, jika kita tidak makan maka kita akan kelaparan. Coba posisikan disini shalat adalah kebutuhan yang jika tidak dilakukan maka kamu akan kelaparan (di akhirat)

2. Jangan Menunda Shalat

Bila sudah terdengar suara Adzan , hendaklah kamu meninggalkan semua aktivitasmu dan bersiaplah mengambil air Wudhu dan langsung melaksanakan shalat. Jika ditunda-tunda hanya akan membuat kamu semakin malas dan lupa melaksanakanya.

3. Biasakanlah Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah memilki pahala 27 kali lipat dibanding dengan shalat sendirian. pergilah ke Mesjid atau Musholla untuk shalat berjamaah, atau kamu bisa ajak keluarga kamu untuk melaksanakan shalat berjamaah dirumah. Shalat berjamaah juga membuat kita berasa nyaman dibandng dengan shalat sendirian.

4. Berniat Dengan Tulus

Saat kamu melaksanakan shalat lima waktu, berniatlah dengan tulus karena Allah SWT. Jangan berniat karena ingin mendapat pujian dari orang-orang sekitar, perhatian lawan jenis, ingin disayang mertua, ingin dipuji orang dan sebagainya.

5.Berteman Dengan Orang-Orang Yang Rajin Shalat

Jika kita punya teman-teman yang punya semangat untuk shalat lima waktu, maka kita pun akan turut berpengaruh dengan kebiasaan shalt mereka dan lama-kelamaan kita pun jadi terbiasa untuk shalat dan tidak ingin meninggalkannya.

6. Lakukan Secara Bertahap Agar Menjadi Kebiasaan

Kamu bisa melakukan shalat lima waktu secara bertahap. Mengapa demikian? Karena itu lebih baik dari pada kamu tidak menunaikan shalat lima waktu sama sekali dalam seharinya. Selain itu, pembentukan kebiasaan butuh waktu yang lamanya bergantung pada individu masing-masing.

7. Ingatlah Bahwa Dunia Itu Sementara

Kamu mungkin malas melaksanakan shalat lima waktu karena sibuk mengejar duniawi untuk biaya hidup sehari-hari. Meskipun demikian, ingatlah bahwa dunia itu hanya sementara. Tak ada yang abadi didunia ini. Semua yang ada didunia ini pasti akan mati, kita akan kembali ke kampung asal kita yaitu akhirat. Yang akan kita bawa hanyalah amalan-amalan kebaikan selama kita masih hidup. Bukan materi dunia seperti mobil, rumah mewah atau pangkat/jabatan tertinggi yang kamu raih ketika didunia.

8. Ingatlah, orang Tuamu Akan Masuk Neraka Jika Kamu Tidak Shalat
Coba banyangin orang tua kamu, kita sudah bersama mereka saat kita tidak berdaya. Sering disuapin makan, dikasih uang jajan, dikasih pendidikan dan masih banyak lagi yang tak terhingga. Tapi orang tuamu akan masuk neraka hanya karena anaknya tidak shalat. Orang tuamu memiliki kewajiban kepada anaknya untuk selalu menjalankan shalat. Karena saat diakhirat nanti, orang tua kamu akan dipertanyakan mengenai hal tersebut. Masih sayang orang tua?

9. Ingatlah Bahwa Siksaan Allah Sangat Pedih

Allah akan menyiksa orang yang lalai terhadap shalatnya dengan siksa yang pedih. Jadi perbaikilah shalat kamu mulai sekarang sebelum malaikat Izrail datang dan mencabut nyawa kamu. Karena kita tidak pernah tahu kapan ajal kita datang.

10. Komitmen Untuk Tidak Meninggalkan Shalat

Komitmen terhadap diri sendiri. Shalat itu kewajiban, dan kewajiban itu harus dilaksanakan. Lakukan terus secara konsisten, sehingga shalat pun berubah fungsi menjadi kebutuhan.

11. Perbanyak Baca Buku-Buku Tentang Islam

Bacalah buku-buku tentang Islam diwaktu senggang kamu, seperti saat beristirahat, saat tidak melakukan apa-apa atau saat kamu hendak tidur. Hal ini jauh lebih bermanfaat dari pada kamu melihat status teman kamu di sosial media atau banyak berkhayal. Selain itu baca buku-buku tentang Islam, pemahaman dan wawasan kamu tentang akhirat akan bertambah sehingga kamu lebih mencintai Allah SWT dan Rasulallah Muhammad SAW. Dilangsir dari kecoa Nyasar ( 07/10 ).

Shalat adalah amalan yang pertama kali akan dihisab. Amalan seseorang bisa dinilai baik buruknya dinilai dari shalatnya. Masih mau meninggalkan shalat?

 

Loading...