Bungkam Jokower yang Kritik Amein Rais, Fahri Hamzah: Dimana Jokowi Saat Reformasi?

Posted on

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mempertanyakan sikap pendukung Presiden Joko Widodo yang kerap mengkritik Amien Rais yang seorang tokoh punya jasa besar bagi bangsa ini.

Fahri mengatakan Amien Rais selalu konsisten mengkritik keras pemerintah terus dilakukan kepada siapa pun yang tengah berkuasa.

“Karena dia (Amien Rais) membangunkan kreativitas dan sikap kritis publik kepada pemerintahan yang cenderung menyimpang,” kata Fahri di kantor DPP Partai Amanat Nasional dengan tema ‘Reformasi 98: Melawan Lupa’, Rabu 9 Mei 2018.

Menurut Fahri, Amien selalu hadir sebagai oposan intelektual karena berangkat dari dunia kampus. Dimulai dari Universitas Gadjah Mada, kemudian terpilih menjadi Ketua PP Muhammadiyah, Amien lalu saat peralihan kekusaan justru membentuk Partai Amanat Nasional.

Saat itu, tampuk kekuasaan dari Soeharto ke BJ Habibie, Amin sempat ditawari menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Agung.

“Tapi apa, seorang Amien Rais dia tidak mau langsung pindah menjadi Ketua DPA. Dia bikin partai politik. Dia bilang Pak habibie silakan jadi Presiden saya di luar akan jadi lawan tinju pak Habibie. Saya dari luar yang melakukan serangan-serangan supaya sehat lah demokrasi kita ini. Sehat reformasi kita,” ujarnya.

Atas dasar, itu lah, Fahri mempertanyakan fanatisme pendukung Jokowi yang kerap menganggap sikap kritis Amien Rais tanpa dasar dan fakta. Bahkan, Ia mempertanyakan jasa Jokowi selama memerintah bila dibandingkan Amien Rais.

“Wahai orang-orang yang mengkritik pak Amien, dan mendelegitimasinya. Tanya bos kalian Pak Jokowi itu ada di mana dalam reformasi?” kata Fahri. (viva)