Cara Lapor Gangguan Indihome Supaya Direspon Cepat

Posted on

Cara lapor gangguan Indihome supaya mendapatkan solusi cepat atas permasalahan jaringan internet dirumah, kantor dan cafe merupakan keinginan semua orang sebagai konsumen dari perusahaan Telkom tersebut. Dan kabar baiknya, pada pagi hari Kamis, 4 Juni 2020, pukul 9.00 wib saya mendapati masalah pada jaringan indihome di rumah, yakni lampu merahnya terus menyala yang mengakibatkan jaringan internet putus total.

Tidak tahu persis apa masalahnya, sudah coba restrat modem merk ZTE tidak berhasil. Matikan dan kemudian hidupkan modem juga tidak berhasil. Lihat kabel fiber optik sepertinya ada masalah atau indihome gangguan yang terjadi, cuma itu tadi, saya tidak tahu persis dimana masalahnya, apalagi solusinya. Yang pasti saya alami adalah indihome gangguan los atau indihome tidak ada internet.

Langkah pertama saya menghubungi nomor kontak teknisi Indihome yang pernah datang kerumah beberapa waktu lalu pakai alat komunikasi modern. Ia pun memberikan beberapa alternatif cara komplain ke layanan Indihome. Bisa melalui layanan komunikasi daring seperti Instagram, Facebook, Twitter, Aplikasi Indihome, layanan website melalaui email, hubungi nomor 147, dan ada beberapa cara lainnya. Lihat gambar dibawah ini.

Saya pun coba memakai layanan Instagram yang ternyata responnya cukup lama sekali. Kesabaran habis, saya coba ke layanan Facebook, ternyata sama juga. Saya coba install aplikasi Indihome di Tablet Android, kejadiannya pun sama persis, tetap tidak menuai hasil yang diharapkan.

Saya hubungi kembali teknisi Indihome yang memberikan solusi tadi dan ia menyatakan untuk ditunggu saja. Dalam hati saya menyatakan, mau ditunggu sampai kapan? Sementara ada keperluan yang harus dikerjakan dengan memakai jaringan dunia maya ini.

Solusi ke 4 pun saya pilih, yaitu dengan menghubungi call center di nomor 147. Masalah terjandi, pulsa yang ada di nomor Telkomsel tidak cukup. Ternyata cukup mahal biaya pulsanya. Terpaksa saya isi pulsa 20 ribu dan kemudian menghubungi layanan 147. Karena lokasinya di Medan, maka saya memakai kode 061 + 147. Bagusnya lakukan cek nomor layanan indihome terlebih dahulu dan cocokkan dengan kode area tempat Anda tinggal.

Alhamdulillah, langsung tersambung dengan customer service yang bernama bu Widi.

Apa yang saya alami langsung saya sampaikan dan direspon cepat dengan beliau. Laporan saya langsung dicatat dan diteruskan kepada bagian teknisi dilapangan. Ia menjanjikan masalah saya bisa di atasi pada hari itu juga. Sekitar jam 15.00 saya hubungi, jam 16.00 sudah datang teknisi indihome kerumah. Setelah dicek, ternyata kabel fiber optiknya bermasalah, sehingga diganti dengan yang baru.

Biaya pulsa untuk menghubungi CS 147 habis rp 10.000 an untuk berbicara selama 7 menit. Pelajaran untuk Anda agar sediakan pulsa minimal 20 ribu jika hendak melakukan cara yang terakhir ini. Jadi bagi kamu yang bertanya telpon 147 dari hp apakah gratis? Jawabannya tidak.

Setelah internet sudah normal di rumah, pada malam hari, handphone saya dihubungi oleh nomor 061147. Saya angkat dan rupanya suara konfirmasi saja, apakah internet dirumah kita sudah normal atau belum.  Suara yang keluar bukan manusia, melainkan mesin suara yang sudah di setting. “Jika internet Anda sudah normal, tekan angka 1 dan jika belum tekan angka 2,” begini kira” pesan suaranya. Karena jaringan indihome di rumah sudah normal, maka saya tekan angka 1.

Kalau jaringan internet sudah normal, banyak kegiatan online bisa dilakukan, seperti nonton film keluarga terbaik, posting blog, upload video dan berselancar di media sosial. Kebiasaan lain yaitu belanja online di marketplace sebagai alternatif belanja di era pandemi covid 19 yang mengharuskan orang di rumah saja. Keluar jika ada yang penting kali.

Itulah pengalaman saya dalam mengatasi masalah yang terjadi pada layanan internet Indihome. Jika temen – temen punya cara lain, silahkan sampaikan di kolom komentar ya.  

2 comments

Silahkan berkomentar