Cara Menambah Nafsu Makan Agar Berat Badan Sesuai

Posted on

Masalah berat badan tidak hanya kegemukan saja, melainkan juga berat badan yang kurang proporsional atau terlalu kurus. Salah satu upaya yang bisa dicoba adalah dengan berbagai cara menambah nafsu makan agar lambat laun berat badan bisa lebih proporsional. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Tidak sulit kok.

Gambar terkait dengan Cara Menambah Nafsu Makan Agar Berat Badan Sesuai
Sumber: Istimewa

1. Makan Makanan Favorit

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai cara menambah nafsu makan adalah dengan makan makanan favorit kamu. Memang sebaiknya tidak terlalu sering dan bervariasi, namun cara ini bisa digunakan agar asupan makanan yang masuk lebih banyak. Kamu bisa membuat daftar menu mingguan atau harian untuk menambahkan makanan favorit setiap harinya.

Cara ini juga bisa dimanfaatkan bila kamu sedang kurang nafsu makan atau bahkan karena sakit. Hanya saja ada baiknya jika makanan favoritnya bukanlah makanan cepat saji. Memang sesekali tidak apa, namun jangan terlalu banyak.

2. Buat Makanan Tampak Lebih Menarik

Hal lainnya yang bisa dilakukan sebagai cara menambah nafsu makan adalah dengan membuat makanan tampak lebih menarik. Misalnya, kamu menggunakan piring yang lebih besar agar tampak seperti makanan di restoran. Atau kamu juga bisa menatanya secara menarik agar terlihat spesial. Minta bantuan anggota keluarga atau pasangan untuk hal ini.

Menambahkan warna menarik dari sayuran juga bisa menjadi salah satu cara menarik. Selain itu, kamu bisa menghangatkan makanan agar aromanya lebih menarik untuk segera dilahap. Coba deh, pasti menjadi cara yang akan berhasil.

3. Kurangi Porsi dan Perbanyak Durasi Makan

Selanjutnya, kamu bisa mengurangi porsi makanan yang kamu konsumsi namun dengan memperbanyak durasi makannya. Seringkali karena proses makan kita yang kama, makanan dalam jumlah banyak malah tidak dapat cepat kita habiskan. Namun dengan porsi yang lebih sedikit kita bisa lebih cepat menghabiskannya. Namun lakukan hal yang sama dalam durasi waktu yang dekat.

Durasi makanannya juga bisa kamu tambahkan misal empat kali sehari hingga lima kali sehari. Yang terpenting itu tidak mengganggu aktifitasmu setiap harinya. Pilih juga menu makanan sederhana yang mudah dikonsumsi seperti sandwich isi, nasi mentega dan lainnya.

4. Minuman Bergizi

Susu memang dianggap sebagai pelengkap menu makanan setiap harinya namun susu bisa disajikan dalam berbagai bentuk dan juga ada banyak minuman bergizi lainnya yang bisa kamu konsumsi. Nah kamu bisa menambahkan jus, smoothie, milkshake, yoghurt dan berbagai campuran lainnya. Karena berbentuk minuman, tentu konsumsinya lebih mudah.

Bahkan kamu juga bisa mengkonsumsinya di luar jam makan sehingga asupan gizi yang masuk akan semakin lebih banyak dan juga membuat berat badanmu akan segera bertambah dan lebih proporsional. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai artikel menarik di situs Indozone untuk menambah asupan informasi menarik lainnya.

5. Konsumsi Rempah-rempah

Orang jaman dulu sering menggunakan jamu atau rempah-rempah sebagai penambah nafsu makan. Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama meski tidak selalu dalam bentuk jamu. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kencur, temulawak dan juga kayu manis bisa kamu konsumsi dalam berbagai jenis minuman tradisional namun juga ada yang dalam bentuk yang lebih modern.

Rempah-rempah tersebut memiliki khasiat untuk membantu organ dalam tubuh seperti membantu empedu dalam mencerna lemak lebih baik sehingga nafsu makan bertambah.

Untuk tips cara menambah nafsu makan lainnya kamu bisa baca di sumber artikelnya klik disini. Dan untuk tips-tips lainnya kamu bisa kunjungi web indozone.id Semoga artikel ini bermanfaat untuk membuat berat badanmu lebih proporsional.