Cara Mengatasi Rasa Grogi yang Berlebihan

by
Sumber: Google

Mantabz.com – Perasaan grogi ini terbentuk dari ketakutan kita terhadap kegagalan atau ketidakmampuan dalam melakukan hal tersebut dengan baik. Memang tak bisa dipungkiri bahwa kita pasti pernah mengalami apa yang namanya grogi, entah itu saat akan melakukan hal untuk pertama kalinya, melakukan suatu hal yang penting, atau saat harus tampil di hadapan umum. Dilangsir dari terapiotak (10/10).
Grogi adalah hal yang wajar bagi manusia, siapa sih yang tidak pernah mengalami grogi ketika baru pertama kali mencoba? Jika ada, itu bukan berarti mereka tidak memiliki rasa grogi, hanya saja mungkin karena urat malunya yang sudah putus. Hal yang tidak wajar itu jika Anda mengalami grogi yang berlebihan dan terus menerus bahkan sulit untuk dihilangkan, meskipun Anda sudah melakukan kegiatan tersebut berulang-ulang kali.

Rasa Grogi tersebut merupakan salah satu bentuk dari perasaan negatif pada manusia yang akan berdampak buruk pada kegiatan Anda, meskipun grogi tidak termasuk dalam kategori membahayakan. Tetapi, akibat yang ditimbulkan akan sangat mempengaruhi masa depan dan kesuksesan Anda. Efek terbesar dari perasaan grogi yang Anda alami adalah, dimana Anda akan lupa dengan apa yang akan Anda sampaikan, lupa dengan apa yang sudah Anda persiapkan, gemetar dan merasa gugup saat akan melakukan segala sesuatunya yang bisa mengakibatkan kegagalan. Anda pasti tidak mau bukan karir dan kesuksesan rusak hanya karena grogi.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi grogi yang berlebihan? Untuk mengatasi rasa grogi yang Anda butuhkan adalah mental yang kuat dan rasa percaya diri yang tinggi, kemudian lanjutkan dengan melakukan tindakan dibawah ini.
6 Tips Mengatasi Grogi yang Berlebihan

1. Mentalitas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melatih mental untuk menjadi kuat, mampu menerima dan melakukan segala hal. Hal tersebut nantinya berdampak pada kesiapan Anda dalam menerima pencapaian hasil, yang nantinya akan berdampak pada kemudahan untuk mengatasi rasa grogi.

2. Kepercayaan Diri

Tingkat kepercayaan diri yang Anda miliki sangat berpengaruh terhadap perasaan grogi Anda. Usahakan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada diri Anda agar Anda bisa menghilangkan perasaan grogi tersebut.

3. Melakukan Persiapan Terlebih Dahulu

Meskipun sudah ditunjang dengan mental dan percaya diri yang kuat bukan berarti orang tersebut terbebas dari rasa grogi, hal tersebut terjadi biasanya karena mereka kurang untuk melakukan persiapan. Untuk menghadapai sesuatu yang akan datang, tentulah akan lebih baik jika kita mempersiapkan segala hal dibutuhkan, kemudian jangan lupa juga untuk berlatih terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengubah Persepsi

Persepsi adalah apa yang Anda pikirkan terhadap diri sendiri, jika persepsi Anda sudah buruk , ya pasti hasil yang didapatkan juga buruk. Banyak orang yang merasa grogi karena persepsinya sendiri, mereka merasa bahwa dirinya itu lemah, bodoh, gagal, yang akhirnya akan membuat rasa grogi semakin tinggi. Jika Anda ingin mengatasi rasa grogi tersebut, yang harus Anda lakukan adalah dengan mengubah persepsi tentang diri sendiri menjadi lebih baik.

5. Postive Thinking

Jangan berpikiran negatif terhadap hasil dan tindakan yang Anda lakukan, tetapi berpikirlah positif bahwa Anda pasti bisa meraih kesuksesan dan berhasil. Pikiran negatif hanya akan membuat diri Anda semakin jatuh dalam perasaan grogi, ubahlah dengan pikiran positif sehingga Anda akan mejnjadi yakin dengan diri sendiri.

6. Membiasakan Diri

Salah satu cara tercepat dalam mengatasi perasaan grogi adalah dengan membiasakan diri dengan keadaan tersebut. Misalnya sering-seringlah untuk menjadi kator utama ketika Anda bersama dengan teman, jadilah orang yang mampu memulai pembicaraan, jangan terbata-bata, mengendalikan jalannya pembicaraan, dan mampu bersikap dengan baik dihadapan mereka. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan memiliki modal kemampuan yang baik dalam mengatasi perasaan grogi.

Dalam mencapai suatu tujuan dalam hidup memang tidak ada yang mudah, cepat, dan langsung tercapai. Semuanya membutuhkan kerja keras, niat, dan usaha untuk mencapai hasil yang memuaskan. Begitu pula dengan cara untuk mengatasi rasa grogi yang berlebihan. Jika Anda semua tindakan yang disebutkan diatas dengan sangat baik, maka secara bertahap melalui sebuah proses Anda akan mampu mengatasi perasaan grogi tersebut.

Loading...