Dulu Cuma Ada BLT, Sekarang Ada BLTDJ (Bantuan Langsung Tunai Di Jalan)

Posted on

Diera kemepmpinan SBY, ada program yang dinamakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat.

Program pemerintahan SBY dikala itu mendapat kritik dari dari Ketum PDIP Megawati.

Mega beralasan bahwa BLT hanya untuk membuat mental rakyat jadi pengemis.

“BLT itu malah membuat masyarakat bermental pengemis dan orang jadi menengadahkan tangan saja,” ujar Megawati dalam jumpa pers di hotel T-More, Kupang, NTT, Jumat (16/3/2012).

Menurut Mega, jumlah uang BLT yang dibagikan juga tidak sebanding dengan biaya kebutuhan yang semakin meningkat.

“Pada BLT yang dulu, coba bayangkan Rp 150 ribu per kepala keluarga per 9 bulan. Saya melihat efek yang tidak jelas dan tidak baik (dari BLT),” kritiknya.

Mega juga menuturkan, penolakan terhadap BLT membuat banyak pihak mengatakan dirinya tidak memikirkan nasib rakyat. Namun menurutnya, pemberian BLT seringkali disalahgunakan oleh penerimanya.

“Ketika saya pulang ke daerah saya (Blitar), saya heran banyak motor baru digunakan anak muda. Ketika saya tanya ternyata uang BLT digunakan sebagai DP (down payment),” kisahnya.

“Kemudian jika mereka tidak sanggup membayar cicilan ya dikembalikan (motornya). Jadi yang berpikir pragmatis sebenarnya siapa?” cetusnya, demikian dilansir detik.com.

Lucunya, Mega tidak ada memprotes apa yang dilakukan oleh Jokowi ketikan memberikan bantuan langsung dipinggir jalan. Apakah hal ini tidak membuat mental rakyat jadi pengemis?

Lantas, apa bedanya BLT era SBY dengan yang dilakukan Presiden Jokowi memberikan bantuan langsung ditepi jalan?

Secara singkat dan lugas seorang netizen memberikan perbedaannya.

“Dulu cuma ada BLT, sekarang ada BLTDJ (Bantuan Langsung Tunai Di Jalan),” kicau akun @NoerH4yatie (15/4/18) sambil melapirkan video Jokowi sedang melakukan BLTDJ.

Aksi Jokowi bagi bantuan dipinggir jalan dan mendapat ekspose dari media itu dinilai sebagai meniru program SBY.

“Apakah ini salah satu Cara menempatkan rakyat sbg pengemis?

Dulu katanya BLT membuat rakyat malas dan bermental pengemis, lha kiq skrg ditiru dgn cr yg berbeda?, kicau akun FERDINAND HUTAHAEAN via akun @LawanPoLitikJKW.