Effendi Gazali Mundur dari Dosen dan Guru Besar Ilmu Komunikasi, Ini Alasannya

Posted on
Effendi Gazali (Gambar via Kompas)

Pakar komunikasi politik Effendi Gazali mengaku dirinya mengundurkan diri sebagai dosen di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Prof Dr Moestopo Beragama.

Selain itu, dia juga akan menyerahkan kembali gelar guru besar bidang ilmu komunikasi kepada negara. Hal tersebut disampaikan Effendi melalui akun YouTube Refli Harun.

“Sekarang saya mau mengundurkan diri, baik sebagai dosen di UI maupun di Universitas Prof Dr Moestopo Beragama,” kata Effendi yang dikutip pada Kamis (1/4/2021).

Dia menjelaskan, terdapat sejumlah alasan yang menyebabkan dirinya memilih mundur sebagai pengajar. Effendi mengaku gagal sebagai pengajar jurnalistik dan ilmu komunikasi selama 20 tahun lebih.

Sebab dia menilai belakangan ini sejumlah media kurang menaati kode etik jurnalistik ketika melakukan wawancara ataupun penulisan berita.

“Bahwa ada orang percaya BAP bisa keluar begitu saja, ada orang percaya Effendi Gazali memberi rekomendasi dan harus didengar power relation-nya apa. Tadi ada orang menggunakan kata-kata konfirmasi lalu dianggap lagi itu jebakan,” ucap dia.

“Yang dari awal tersangka mengatakan iya bahwa Effendi Gazali terlibat padahal sudah jelas dia (si tersangka) bilang enggak ada, enggak ada, framing-nya itu tidak menampik,” sambungnya.

Minta Tidak Dikaitkan

Kendati begitu, dia mengaku telah melaporkan dugaan adanya pelanggaran tersebut kepada Dewan Pers. Selain itu, Effendi juga meminta agar semua pihak tidak mengaitkan kasus yang menyeret namanya dengan tempatnya mengajar.

“Yang kedua, jangan kait-kaitkan saya dengan UI dan Universitas Prof Dr Moestopo dalam hal ini. Nista ini kalau terbukti nista bagi saya,” jelas dia. (YT,Liputan6)

Silahkan berkomentar