Hasil Test Drive Suzuki XL 7 Bertambah Tinggi

Posted on

Awal tahun 2020 ini Suzuki baru saja merilis secara resmi mobil baru mereka pada pasar resmi di Indonesia. Mobil tersebut diberi nama Suzuki XL7 yang akan mengisi pada segmen low SUV, namun sayangnya masih ada banyak orang yang menganggap jika Suzuki XL7 bukanlah mobil SUV tapi mobil MPV.

Kenapa banyak orang memiliki anggapan bahwa Suzuki XL7 ini adalah mobil MPV dan bukan mobil SUV? Hal ini karena mereka masih banyak yang belum mendalami spesifikasi dan fitur-fitur yang ada pada mobil Suzuki XL7 ini.

Salah satu produsen otomotif besar di Indonesia yaitu PT Suzuki Indonesia Sales, baru ini telah mengumumkan varian mobil baru mereka pada tanggal 15 Februari 2020.

Dengan diluncurkannya Suzuki XL7 ini semakin menambah persaingan sengit di kalangan Low SUV. Mobil terbaru dari Suzuki ini mendapatkan perhatian yang positif dari masyarakat. Berikut ini adalah test drive Suzuki XL7, benarkah bertambah tinggi?

Suzuki XL 7 (suzuki.co.id)

Hasil Test Drive Suzuki XL7

Suzuki sendiri menegaskan bahwa meskipun mobil ini memiliki basis dan wujud yang sama seperti Ertiga, Namun mobil ini bukan seperti saudaranya Ertiga tersebut. Suzuki menegaskan bahwa XL 7 adalah mobil yang dikategorikan termasuk dalam medium SUV yang lengkap dengan kapasitas yang muat untuk tujuh orang penumpang di dalamnya.

Hadirnya XL7 di Indonesia ternyata lebih dulu hadir Suzuki XL6 di India setahun sebelumnya. Namun guna menyesuaikan pasar dan selera konsumen di Indonesia, Suzuki membuat varian yang lebih besar yaitu membuat XL7 yang memiliki kapasitas 7 penumpang.

Sebagai pendatang baru didunia mobil, Suzuki XL7 memang memiliki tampilan yang stylish dan sporty. Mobil ini juga tidak kalah dengan mobil-mobil yang telah Suzuki keluarkan. Bahkan, mobil ini bisa anda andalkan untuk kegiatan anda sehari-hari.  Nah, bagi anda yang tertarik untuk meminang Suzuki XL7, silahkan simak penjelasan hasil Test Drive berikut ini.

Bagian Eksterior

Suzuki XL7 memang memiliki tampilan yang sporty jika dibandingkan dengan 2 saudaranya terdahulu.

Suzuki XL7 membuat desain yang segar dengan bentuk lampu yang sudah LED, grille dan bumper yang baru. Selain itu, dengan penyematan roof rail, over fender hitam, spoiler belakang (Alpha) dan velg baru yang berdiameter 16 semakin membawa kesan sporty pada Suzuki XL7.

Suzuki XL7 memiliki dimensi ukuran Panjang keseluruhan adalah 4.450 mm (bertambah 55 mm) dengan lebar 1.775 mm (bertambah 45 mm), tinggi 1.710 mm, wheelbase 2.740 mm dan memiliki ground clearance 200 mm (bertambah 20 mm). Dengan tinggi ground clearance tersebut membuat mobil tidak terasa limbung saat dikendarai.

Bagian Interior

Memang, pada bagian interior pada Suzuki XL7 tidak memiliki banyak perubahan. Pada bagian interior, Suzuki membalutnya dengan warna hitam yang menambah kesan sporty. Suzuki juga menambahkan audio system touch dengan screen 8 inch, dashboard carbon fibered, ventilated cup holder, dan Multi Information Display.

Bagian Keamanan dan Keselamatan

Suzuki XL7 memiliki pengereman yang sudah ABS, EBD. Selain itu, mobil ini juga memiliki dual SRS airbags, iso fix, kunci immobilizer, sensor parkir dan alarm yang semakin menambah keamanan di mobil ini. Mobil ini juga disemati dengan Hill Hold Control dan Electronic Stability Programme yang akan membantu mobil ketika dalam tanjakan.

Bagian Mesin

Bagian mesin Suzuki XL7 masih sama menggunakan mesin All New Ertiga. Dengan mesin K15B dengan kapasitas 1.462 cc yang bisa menghasilkan 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Tentu saja akselerasi yang dihasilkan masih sangat baik. Tenaga yang dikeluarkan pun juga masih terasa ketika pada putaran bawah.

Konsumsi Bahan Bakar

Suzuki XL7 bisa mengkonsumsi bensin sejauh 12,4 km per L saat berada dalam jalanan kota. Sedangkan di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 80-100  km per jam, mobil ini bisa menghabiskan bensin per liternya dengan jarak 14,5 Km. Tentu saja untuk urusan bensin ini memang tergantung dengan medan dan kondisi jalan serta pemakaian pribadi anda.

Silahkan berkomentar