Info tuk Muslim, Jangan Salah Pilih Sepatu Kulit Babi

Posted on

Gaya tampil modis kini sudah jadi bagian dari gaya hidup banyak wanita. Tapi sangat disayangkan, tanpa disadari masih banyak Muslimah menggunakan tas atau sepatu dari bahan kulit babl.

Ketidaktahuan umumnya menjadi penyebabnya. Belum semua pembuat tas atau sepatu menyadari faktor halal tak sebatas pada makanan, melainkan juga pada barang mode bagi Muslim.

1. Tak disebutkan
Banyak tas dan sepatu dibuat dari kulit babi tanpa menyebutkan bahan dasarnya. Meski sudah banyak pula merek yang jelas mencantumkan asal bahan produknya.

2. Dicampur
Sebagian produk sepatu berbahan babi itu dipajang bercampur baur dengan produk yang terbuat dari kulit sapi. Konsumen Muslim dituntut lebih jeli.

Cara Membedakan Kulit Babi atau Non-Babi

Kulit binatang haram tersebut berciri khas yang berbeda dibandingkan dengan kulit binatang halal. Dari warna, antara kulit babi dan sapi sudah bisa dibedakan.

Kulit babi yang sudah disamak warnanya kekuningan. Bahan kullt babi Ini biasanya digunakan sebagai tempelan bagian dalam sepatu atau tas.

Demikian pula, dengan pola dan tekstur kulitnya. Pola keduanya jauh berbeda. Pola kulit babi sangat khas. Kalau diperhatikan dengan saksama, terilhat tiga titik membentuk segitiga. Sedangkan, kulit sapi polanya bergelombang.

Tekstur kulit babi lebih lembut dan sangat halus, sementara kulit sapi kasar.

Sumber: Republika
Editor: Harun

Silahkan berkomentar