Ini Dia Fitur Menarik Aplikasi BiP, Pengganti WhatsApp

Posted on

Aplikasi BiP yang kini sedang ramai diinstall rakyat Indonesi ternyata memiliki fitur yang menarik. Fitur menarik itu membuat tekad untuk pindah dari WA semakin kuat. Apatah lagi fiturnya bisa mengalahi bukan cuma WA, namun juga Telegram, dan Signal.

Fungsi dasar aplikasi BiP adalah aplikasi pesan instan yang dapat melakukan panggilan suara dan video, namun ada beberapa fitur lainnya yang bisa dinikmati penggunanya.

Fitur Aplikasi BiP (Google Image)

Yang pertlu diketahui, sarana atau alat komunikasi modern yang bernama BiP ini dapat melakukan video call dengan 10 peserta secara bersamaan dengan kualitas HD. Lalu, pengiriman foto dan video dapat dilakukan tanpa pengkompresan atau file sesusai ukurannya Ini yang membedakan dengan aplikasi WhatsApp.

Baca: Keunggulan BiP dari WA

Pengguna BiP juga bisa berbagi lokasi dengan pengguna lainnya secara real-time. Aplikasi BiP ini memiliki fitur clone untuk membuat dua akun di satu perangkat. Ada grup chat yang bisa diisi hingga 1.000 orang dan berlangganan berbagai channel. Di Turki, BiP bahkan bisa untuk melakukan transfer uang digital.

Fitur menarik BiP tidak sampai di situ. Aplikasi ini memiliki fitur Translate atau terjemahan yang memungkinkan pengguna mengobrol dalam 106 bahasa berbeda selama pengiriman pesan. BiP memastikan bahwa penggunanya melihat pesan masuk sebagai pesan yang diterjemahkan dan menerjemahkan pesan yang dikirim oleh mereka secara spontan.

Sama seperti WhatsApp dan Telegram, BiP juga punya fitur Disappearing Message atau pesan menghilang selama periode tertentu yang dapat diatur oleh pengguna dan dihapus secara otomatis ketika periode tersebut berakhir.

Baca: Tinggalkan WhatsApp, Masyarakat Gunakan Aplikasi BiP

Akun BiP juga bisa digunakan diberbagai platform, seperti tablet, dekstop, dan website. Ada pula game casual yang bisa dimainkan bersama pengguna BiP lain. 

Satu fitur unik lagi adalah Emergency Button atau tombol darurat, di mana pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa gangguan melalui BiP dengan satu klik. Dalam kasus darurat bahkan jika ada gangguan jaringan masih bisa tetap berkomunikasi satu sama lain.

Semua data BiP disimpan di pusat data Turkcell di Istanbul dan Ankara yang memegang sertifikasi keamanan internasional ( Transport Layer Security -TLS). Seluruh komunikasi pesan pada BiP dikirim dengan aman menggunakan enkripsi TLS. Tidak ada pihak ketiga yang dapat mengakses dan membaca pesan dengan melakukan intervensi dalam sistem.

Menurut data yang diberikan oleh Turkcell, sekitar 140 miliar pesan telah dikirim melalui aplikasi pada tahun 2020. Panggilan yang dilakukan melalui aplikasi BiP mencapai 2 miliar menit. Sekitar 150 juta menit panggilan video dilakukan sepanjang tahun. 

Untuk diketahui, aplikasi buatan Turki ini bisa digunakan di smartphone Android maupun iPhone. Kabar baiknya, BiP sudah tersedia Google Play Store dan Apple App Store dan sudah banyak yang mengunduh dan Install BiP. (Kumparan)

1 comment

Silahkan berkomentar