Investasi Emas Menguntungkan Atau Merugikan?

Posted on

Investasi emas masih menjadi instrumen yang difavoritkan masyarakat. Sebab, emas dianggap instrumen yang menguntungkan dengan risiko yang kecil. Namun, benarkah berinvestasi emas tidak memiliki resiko sama sekali?

Seperti yang Anda tahu, harga emas selalu naik dari waktu ke waktu. Bentuk yang dipilih pun sangat beragam, Anda bisa berinvestasi dalam bentuk perhiasan, emas batangan, emas dinar, dan sebagainya. Akan tetapi, Anda juga harus mengenal beberapa kerugian yang bisa saja muncul. Untuk tahu mengenai hal tersebut, silahkan Anda simak keuntungan dan kerugian investasi emas berikut ini!

Keuntungan Investasi Emas

Beberapa keuntungan berinvestasi emas adalah sebagai berikut :

  1. Dapat Dipakai untuk Tabungan Darurat

Tidak seperti investasi properti, keuntungan investasi emas lebih mudah jika ingin dicairkan. Sehingga, investasi emas juga bisa sekaligus dijadikan sebagai tabungan darurat. Jadi, saat Anda sedang terjepit dan membutuhkan dana dalam waktu yang cepat Anda bisa langsung menjualnya di berbagai tempat. 

Agar tidak kehilangan hak kepemilikan, menggadaikannya juga bisa menjadi pilihan. Jika dana sudah kembali, Anda dapat menebusnya lagi. Menggadaikan emas juga biasanya akan diberi tawaran harga yang lebih tinggi ketimbang barang lain semisal elektronik.

  • Bisa Melindungi Nilai Kekayaan

Meskipun pernah beberapa kali mengalami penurunan harga, tetapi, nilai emas cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga, bisa dibilang kalau emas adalah investasi yang dapat melindungi nilai kekayaan seseorang. Hal ini dikarenakan harga emas cenderung stabil atau naik. Sehingga, saat dijual lagi (dalam jangka waktu tertentu), maka hasil baliknya akan menjadi lebih tinggi.

  • Bisa Disesuaikan dengan Budget

Untuk mulai berinvestasi emas, Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Anda bisa memulainya dari membeli emas dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu. Jika dana hanya bisa digunakan untuk investasi satu gram emas, maka hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Bahkan, saat ini, ada banyak tabungan emas yang memungkinkan Anda investasi emas Antam mulai dari beberapa ribu rupiah saja.

Kerugian Investasi Emas

Semua instrumen investasi memang tidak ada yang sempurna. Pasti ada keuntungan dan kerugiannya. Dengan mengetahui risiko-risiko investasi emas berikut ini, maka Anda pun bisa mengantisipasinya dengan baik. Langsung saja, ini dia kerugian investasi emas yang perlu Anda ketahui!

  1. Adanya Risiko Kehilangan

Risiko yang paling besar dari investasi emas adalah kehilangan. Terlebih jika Anda menjadikan emas sebagai perhiasan yang digunakan. Sangat mungkin terjadi perampokan atau pencurian apabila Anda menggunakannya dengan cukup mencolok.

Begitu juga dengan investasi emas batangan yang bisa saja dicuri jika penyimpanannya tidak aman. Nah, untuk menghindari hal ini, Anda bisa memanfaatkan safe deposit box di bank atau bisa juga menyimpannya di Brankas LM. Selain itu, Anda juga bisa melakukan investasi emas online yang tidak menggunakan emas fisik.

  • Harga Fluktuatif

Memang, pada dasarnya, harga emas kerap mengalami kenaikan. Akan tetapi, kenaikan ini justru terjadi dalam waktu yang lama (beberapa tahun). Jika ditilik per harinya, emas selalu mengalami kenaikan dan penurunan harga terus menerus. Perubahan ini menyebabkan investor sulit untuk menghitung atau memprediksi harga emas di masa yang akan datang.

  • Investasi Jangka Panjang

Investasi emas bukan alternatif yang tepat untuk Anda yang menginginkan keuntungan dalam waktu yang cepat. Fluktuasi harga emas yang besar tidak dapat menjamin investor bisa memperoleh keuntungan dalam waktu yang sebentar. Menjual emas dalam waktu yang singkat biasanya menyebabkan Anda sedikit merugi karena adanya selisih harga beli dan buyback-nya.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan investasi emas dan kekurangannya. Dengan mengetahuinya, Anda pun akan lebih berhati-hati dan bisa menentukan cara apa yang paling tepat untuk berinvestasi emas saat ini.