KAPANKAH INDONESIA MEMILIKI KERETA PELURU SHINKANSEN?

by

Inovasi teknologi transportasi di Jepang memang patut mendapat perhatian. Apalagi bagi Indonesia yang saat ini lagi gencar-gencarnya membangun infrastruktur.

Salah satunya transportasi yang jadi perhatian dunia adalah Kereta Api Shinkansen. Memliki kecepatan yang super cepat tanpa mengesampingkan faktor keselamatan.

Apa hal yang menarik dari Kereta Api Shinkansen?

Melalui akun di laman Facebook-nya, seorang Pemerhati Perkotaan dan Tata Ruang, Abdul Rahim Siregar, ST, MSi coba mengungkap fakta menarik dari kereta api buatan Jepang tersebut. Dan berikut, tulisan pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Magister Teknik Arsitektur (IAMTA) USU.

***

3 Rahasia Dibalik Hebatnya Kereta Peluru Jepang Shinkansen.

By: Abdul Rahim Siregar, ST, MSi

Shinkansen merupakan salah satu peradaban yang paling menonjol diJepang. Shinkansen juga merupakan kemajuan teknologi transportasi yang menerima banyak perhatian dari luar negeri.

Kereta api Shinkansen Jepang berhasil menempuh kecepatan 603 kilometer per jam, pada ujicoba di perfektur Yamanashi (21/4/2015). Hal itu juga tercatat dalam Guiness Book of Record sebagai kereta api tercepat di dunia. Sebelumnya 16 April lalu, Shinkansen menembus kecepatan 590 kilometer per jam.

“Kereta api Shinkansen ini kemungkinan pada 2027 mendatang sudah bisa dipakai masyarakat untuk rute Tokyo-Osaka. Jika sekarang membutuhkan waktu sekitar 2 jam, saat itu mungkin hanya sekitar 30 menit saja,” ungkap Takashi Endo, Kepala Pusat Riset dan pengembangan JR di tempat latihan percobaan di perfektur Yamanashi.

Kecepatan 603 kilometer per jam berarti hampir 3 kali kecepatan shuttlecock saat pemain bulutangkis melakukan pukulan.

Selain kecepatan tersebut, pihak Japan Railways juga harus mempersiapkan infrastrukturnya guna mengamankan kereta api tersebut antara Tokyo-Osaka dan dibutuhkan sekitar 9 triliun yen untuk bisa mengoperasikan kereta api super cepat tersebut pada 2027 mendatang

Tentu saja, kecepatan adalah salah satu alasan mengapa wisatawan begitu terkejut oleh shinkansen, tetapi ada alasan lain seperti ketepatan, kenyamanan dan keamanan.

3 Rahasia kehebatannya adalah :

1. Ketepatan waktu: kereta hampir tidak pernahterlambat. Waktu rata-rata keterlambatan tahunan per kereta adalah 30 detik.

2. Kenyamanan: kereta berjalan lancar dan tetap sangat bersih.

3. Keselamatan : dalam 50 tahun operasi, tidak pernah ada kematian terkait kecelakaan.

 

***

Berikut penampakannya:

Loading...