11 Kebiasaan Orang Medan Yang Disembunyikan dan Dibicarakan

Posted on

Kebiasaan orang Medan yang banyak disembunyikan dan dibicarakan apakah Anda ingin mengetahuinya? Jika iya maka Anda beruntung karena pada artikel kali ini kita akan membahas hal tersebut. Namun sebelum kesana, ada baiknya kami sampaikan tentang sekilas tentang kota Medan yang memiliki banyak hal menarik, apa sajakah itu?

Medan Kota Sejarah

Ya, ada banyak sejarah besar di Medan, Sumatera Utara. Dan sejarah ini sampai jadi pembicaraan di dunia internasional. Sebut saja tentang sejarah kerajaan Istana Maimun (Maimoon) yang kini masih ada buktinya bangunannya yang megah itu. Banyak turis mancanegara dari berbagai negara datang kemari untuk tahu sejarahnya yang jadi legenda itu. Apalagi disampaing Istana Maimun ada sebuah bangunan Masjid Raya Al Mashum yang menyimbolkan bahwa kerajaan Maimun beragama Islam.

Selain itu, ada juga sejarah tentang Danau Toba yang merupakan danau terbesar se Asia. Sampai sekarang masih menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Bahkan even tahunan pun selalu digelar disini, baik tingkat nasional dan internasional

Medan Kota Berbudaya

Ditengah masifnya budaya luar negeri masuk ke tatanan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Medan. Namun banyak budaya di Medan masih lestari sampai kini. Budaya Melayu, budaya Batak, Budaya Mandailing dan budaya lainnya. Bahkan ada budaya dari luar daerah seperti Jawa yang beradaptasi dengan budaya yang ada di Sumatera Utara.

Kuliner Medan Mantap

Bisa dibilang Medan terkenal dengan kulinernya yang khas. Kalau rumah makan Padang jangan ditanya berapa jumlahnya karena hampir setiap sudut dan pusat kota ada rumah makan Padang. Sedangkan asli kuliner sendiri pun banyak juga tersedia, seperti masakan Mandailing yang jumlahnya tidak sebanyak rumah makan Padang, tapi rumah makan Mandailing di Medan menjadi kekhasan tersendiri.

Masakan nusantara dan luar negeri muda dijumpai di kota Medan. Dan ini yang membuat banyak orang senang datang kemari. Mau makan apa saja, selalu ada. Sedangkan untuk oleh – oleh Medan, Anda jangan khawatir. Mau apa bilang saja, Anda mau Bika Ambon, Lemang, Bolu Gulung, cemilan medan dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga dan teman di rumah.

Baca juga: Rental Mobil di kota Medan

Itulah sekilas tentang Medan yang sebenarnya tidak akan cukup untuk disampaikan melalui tulisan ini. Jika Anda ingin lengkapnya, Anda bisa browsing di laman internet atau ulangsung saja berkunjung ke kota Medan.

Nah, tekait dengan judul artikel ini, kita akan sama – sama tahu tentang kebiasan orang medan yang unik dan banyak membuat orang geleng kepala, apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

1. Kalau Bicara Suara Kuat

(kabarmedan)

Salah satu kebiasaan orang Medan adalah berbicara dengan nada yang kuat dan tinggi. Orang pun banyak yang mengira kalau orang Medan itu memiliki tempramen yang tinggi karena nada suaranya yang begitu kuat. Perlu dipahami bahwa fenomena itu sudah menjadi kebiasaan orang Medan  ketika berbicara dengan suara yang kuat dan besar seolah-olah lawan bicaranya berjarak jauh padahal berada tepat disebelahnya, ha ha. Cara bicara yang seperti ini memang sudah sangat melekat pada diri orang Medan terlepas apapaun sukunya.

Rasanya untuk merubah kebiasaan ini bukan perkara mudah bagi orang Medan. Jika berubah, maka identitas orang Medan pun akan berubah, tidak orisinil lagi. Makanya harus tetap dilestarikan, sepakat?

2. Menyapa Pembeli Dengan Cara Yang Unik

(Youtube)

Kalau Anda jalan- jalan kepasar – pasar di kota Medan untuk mencari oleh – oleh atau keperluan lain, anda pasti akan disapa oleh para pedagang dengan cara yang unik. “Apa cari kak!!!,” begitulah sapaan yang akan sangat sering kita dengar ketika berada dipasar di kota Medan. Saat ini banyak juga pedagang online yang berasal dari kota medan ini menyapa pembelinya dengan menggunakan kalimat “Apa cari kak”.

Kebiasaan ini sudah menjadi umum karena sudah banyak daerah diluar kota Medan yang sama sapaannya. Tidak tahu apakah itu orang Medan yang merantau ya.

3. Menyebut Pasar Pengan Pajak

Pajak di Medan (Blogger)

Orang Medan sejak dulu terbiasa mengatakan kalau “pasar” itu adalah “pajak”. Ini sebuah kebiasan yang sangat sulit untuk dirubah oleh orang Medan hingga saat ini. Bagi orang Medan pasar adalah pajak. Bahkan jika ada orang yang bertanya dimana letak pasar maka mereka akan ditunjukkan kejalan raya bukan kepasar yang sebenarnya. Ya, istilah pasar di Medan adalah jalanan, bulan tempat orang belanja.

4. Menyebut Sepeda Motor Dengan Sebutan Kereta

Kereta di kereta api (Youtube)

Jika di daerah – daerah lain kereta adalah sebutan untuk kereta api, maka di Medan beda. Kereta merupakan sebutan yang biasa ditujukan pada sepeda motor. Banyak orang yang baru pertama kali berkunjung atau datang ke Medan akan sangat bingung dengan cara orang Medan menyebut sepeda motor dengan kereta.

Ledekan orang dari daerah lain menyebut bahwa orang Medan kaya – kaya karena setiap rumah punya kereta.

5. Memanggil Bos Kepada Siapa Saja

Siap Bos (WordPress)

Anda ingin dipanggil Bos tanpa harus menjadi Bos yang sebenarnya? Cobalah berkunjung ke Medan maka anda akan dipanggi bos tanpa perlu memiliki anak buah. Kebiasaan ini memang cukup unik, karena Anda bisa jadi bos tanpa bersusah payah menjalaninya. Terkadang perselisihan yang tak sengaja terjadi dijalan atau di tempat nongkrong akan membuat anda dipanggil Bos,” Sory Bos” begitulah kira – kira cara orang Medan ketika meminta maaf atas kesalahan yang terjadi tanpa sengaja kepada orang yang tidak dikenal.

6. Panggilan Abang Dan Kakak

Orang Medan akan menyapa orang yang tidak dikenal dengan sebutan Abang atau kakak. Kebiaasan orang Medan yang satu ini terjadi karna orang Medan itu pada dasarnya adalah orang yang memiliki rasa hormat yang tinggi kepada orang lain sehingga mereka sangat takut jika menyapa orang yang tidak dikenal dengan sebutan yang lain karena khawatir bisa menyinggung perasaan orang tersebut.

7. Keras Tapi Lembut

Orang Medan (me.me)

Jika dilihat sepertinya orang Medan itu adalah orang-orang yang keras. Cara bicara orang Medan yang nyaring dan keras membuat banyak orang salah menilai kalau orang Medan itu keras-keras. Orang Medan sebenarnya adalah orang -orang yang memiliki kelembutan dan keramahan. Orang Medan akan sangat berhati-hati ketika berinteraksi dengan orang yang baru dikenalnya karena rasa khawatir membuat orang tersebut tersinggung ataupun merasa tidak nyaman.

8. Orang Medan Tidak Suka Basa Basi

Basabasi (Facebook)

Ciri khas yang paling terlihat dari orang Medan adalah keterusterangan. Orang Medan memang sangat dikenal dengan hal ini. Lebih baik berbicara apa adanya walaupun menyakitkan dari pada berbicara pura-pura tapi menyembunyikan kebenaran. Orang Medan tidak akan berbohong hanya untuk mengambil hati lawan bicaranya, Mereka lebih suka berbicara apa adanya dan berterus terang.

Sifatnya banyak positifnya disamping ada beberapa hal yang perlu dikoreksi.

9. Ucap: “Pinggir Bang Untuk Memberhentikan Angkot”

Orang Medan akan mengatakan pingggir bang untuk memberhentikan angkot. Meski sang supir angkot sudah berusia tua orang Medan akan tetap mengatakan pinggir bang ketika akan turun dari angkot. Kebiasaan ini sangat berbeda dari kota-kota lain yang akan mengatakan kiri bang atau Kiri pak supir.

Tidak peduli usia berapa pun, dari anak – anak sampai dengan orang dewasa akan tetap mengucap hal tersebut. Bel yang ada di angkot pun jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena kebiasaan.

10. Rasa Solidaritas yang Tinggi

Orang Medan memang sangat suka berteman dan tidak heran orang Medan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Kemanapun orang Medan pergi ketika bertemu sesama oarng yang berasal dari Medan mereka akan cepat akrab karena merasa memiliki kebiasaan dan gaya yang sama.

11. Orang Medan Perantau Yang Handal

Banyak orang yang merasa kagum dengan orang Medan karena memiliki sikap yang sangat mudah bergaul dan beradaptasi dengan keadaan. Orang Medan dikenal sebagai perantau yang handal disebabkan sikapnya ini. Jika orang membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk beradaptasi maka sangat berbeda dengan orang Medan hal ini mungkin disebabkan karena orang Medan biasa hidup dalam plularitas yang membuatnya menjadi orang yang cepat beradaptasi dengan orang baru ataupun lingkungan yang baru.

Baca juga: Ambulance Gratis di Kota Medan

Demikian dulu informasi terkait dengan kebiasaan orang medan. Lain waktu akan kita tambah sesuai dengan waktu dan kesempatan. Anda dapat manfaat? Silahkan bagikan artikel ini kepada teman – teman Anda yang ada di komunikasi daring suapaya mereka mendapatkan manfaat yang sama.