5 Keunikan Pakaian Adat Daerah Tradisional Jawa Barat, Gambar & Penjelasannya

Posted on

Keunikan pakaian adat tradisional daerah Jawa Barat (Jabar) disertai gambar dan penjelasannya merupakan budaya Indonesia yang mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan ciri khas ini, banyak orang dari luar negeri berdatangan guna mempelajarinya. Mereka merasa kepo atau merasa ingin tahu dengan budaya Jawa Barat yang mempunyai tata nilai yang sarat dengan nila – nilai filosofis. Bahkan di luar negeri, bebera budaya Indonesia menjadi bahan pelajaran disekolah mereka.

Apa saja keunikan dari pakaian adat daerah Jawa Barat? Jawabannya tentu ada banyak. Semua tergantung kepada sejauh mana kita lihai dalam melihatnya. Bisa saja keunikan pakaian Jabar datang dari desainer busana yang ternama. Namun bisa saja keunikan itu datang dari mereka yang masih sekolah di tingkat menengah. Pada intinya, siapa saja mempunyai hal untuk memberikan poin per poin terkait keunikan pakaian tradisional Jawa Barat.

Berdasarkan sumber dari mesin pencari Google. Dimana Google mempublikasikan ada sekitar ribuan kata pengguna internet yang membutukan informasi terkait dengan keunikan pakaian adat tradisional Jawa Barat. Itulah latar belakang untuk kami menulis artikel ini dan kemudian mempublikasikannya melalui blog di komunikasi Dalam Jaringan. Semoga saja dengan tulisan ini, membantu bagi mereka yang membutuhkan.

Ada pun tujuan lain dari tulisan pakaian adat Jawa Barat ini adalah untuk melestarikan khazanah Indonesia dalam arsip digital. Karena saat ini ada orang Indonesia yang tidak mau mengenal budaya bangsanya sendiri. Mereka lebih suka dengan budaya asing. Pertanyaan sederhana, “jika bukan kita yang peduli dengan budaya Indonesia, siapa lagi?”

Melalui blog ini, kami pun telah berhasil menulis beberapa artikel terkait dengan keunikan dari pakaian daerah. Mulai dari keunikan pakaian adat tradisional Sulawesi Selatan, keunikan pakaian adat Kalimantan Barat, keunikan pakaian adat Jambi dan keunikan pakaian adat Aceh. Dan yang pertama kali saya tulis adalah keunikan pakaian adat Bali. Alhamdulillah beberapa dari artikel tersebut sudah di kunjungi oleh pengguna internet (internet user).

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kita akan membahas satu – persatu tentang keunikan pakaian adat tradisional daera Jawa Barat. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Pakaian Dibagi Berdasarkan Status Sosial

Uraian terkait dengan keunikan pakaian adat provinsi Jawa Barat yang keren
Sumber : Budayajawa.id

Pakaian yang digunakan masyarakat biasa dengan masyarakat bangsawan berbeda. Dari masing – masingnya mempunyai perbedaan yang sangat kentara. Perbedaannya mencakup semua pakaian, baik untuk dewasa maupun anak – anak.

Penampakan perbedaan ini biasanya ketika ada acara adat yang dihadiri dari semua elemen masyarakat Jawa.

2. Tersedia Pakaian Adat Modern

Ulasan tentang hal unik pada pakaian adat Jawa Barat yang modern
Sumber : Perpustakaan.id

Nah, seiring berjalannya sang waktu, banyak ditemukan pakaian adat Jawa Barat yang sudah di poles dengan sentuhan modern. artinya, kesan klasik sudah mulai memudar, hanya saja esensinya tetap dikenal sebagai pakaian adat.

Catatan untu pakaian modern jangan sampai keblablasan sehingga melunturkan nilai – nilai budaya yang ada. Jika modern kemudian mengesampingkan nilai budaya lokal, maka hal ini harus di tentang karena kontraproduktif sifatnya.

3. Celana Pria Sampai Betis Saja

Review mengenai deskripsi celana adat Jawa Barat yang unik
Sumber : Brilio

Ya, celana pria Jawa Barat mempunyai keunikan sebagai ciri khasnya, mereka hanya memakai celana panjang komprang sampai betis yang dilengkapi dengan ikat pinggang terbuat dari kulit. Kesan yang ingin disampaiakan adalah kesan nyantai.

4. Pakaian Wanitanya Terkesan Sederhana

Berbeda dengan pakaian adat daerah Aceh, pakaian kaum wanita Jawa Barat bisa dibilang tidak terlalu istimewa juga. Mereka cuma mengenakan kain batik untuk bawahan, Sinjai Kebat, Beuber untuk ikat pinggang, baju kebaya dan kamisol sebagai bra.

5. Nama Unik Pada Penutup Kepala Pria

Aksesoris tutup kepala pakaian adat Jawa Barat yang keren
Sumber : IndonesiaKaya.com

Namanya tidak umum pada aksesoris pakaian adat Jawa Barat, yaitu orang mengenalnya dengan sebutan Bendo. Biasanya, pria mengenakan Bendo dipadukan dengan pakaian jas taqwa dan sebagai pelengkapnya ada keris, kalung yang diselipkan pada pinggang.

Lima uraian tentang pakaian adat Jawa Barat yang dianggap unik sepertinya masih akan ada lanjutannya. Maka dari itu, sangat memungkinkan ada lanjutan mengenai topik ini untuk updatenya. Semua ini bertujuan untuk melengkapinya mana yang dianggap kurang saja.  

Demikian uraian mengenai keunikan pakaian adat tradisional daerah Jawa barat untuk Anda. Semoga bisa memberikan banyak manfaat kepada para pembaca yang budiman. Jika ada kesalahan, jangan sungkan untuk memberikan komentar pada kolom dibawah.

Silahkan berkomentar