6 Keunikan Pakaian Adat Tradisional Bali dan Kenapa Bisa Jadi Tren Dunia

Posted on

Keunikan pakaian adat tradisional Bali dan ada yang jadi tren dunia penting untuk disampaikan kepada pembaca. Salah satu sebabnya adalah akibat wisatawan yang datang mengenakan pakaian adat Bali. Bukan cuma alam yang dijadikan destinasi wisata, pakaian tradisional Bali pun dijadikan objek wisata oleh mereka. Ini sebuah nilai tambah tersendiri bagi negara Indonesia sebagai induknya daerah Bali.

Keunikan pakaian adat tradisional Bali ini harus kita ketahui bersama terkait apa – apa saja poinnya. Jangan sampai sebagai warga negara Indonesia tidak tahu. Jangan ya… Tapi bagi yang tidak tahu, ya tiada mengapa. Karena pada artikel ini Anda akan diberitahu mengenai keunikan – keunikan pakaian adat Bali. Diharapkan usai mengetahui ini, Anda bisa membagi pengetahuan kepada orang yang, bukan hanya orang Bali saja, tapi semua orang Indonesia.

Warna dan model baju dan celana tradisional Bali memang memiliki perbedaan dari pakaian adat daerah lain. Baik pakaian untuk wanita Bali, maupun pakaian untuk pria dan anak – anaknya. Belum lagi pakaian yang dikenakan pada acara pernikahan, pesta adat dan ibadah bagi agama Hindu.

Secara sederhana, berikut ini adalah nama-nama pakaian adat Bali saat ini untuk pria dan wanita.

Pakaian Pria Bali:
– Penutup kepala (udeng),
– Baju (jas berkerah),
– Kamen,
– Saput,
– Selendang

Pakaian Wanita Bali :
– Sanggul,
– Kebaya,
– Kamen dan
– Selendang.

Di lain waktu, akan kita beri deskripsi tentang pakaian diatas. Untuk saat ini kita fokus kepada apa saja keunikan dari pakaian adat tradisional Bali.

1.Biji atau Mebija Di Kening

Ulasan terkait dengan Biji atau Mebija Di Kening Bali yang unik
via mantrahindu

Memakai Bija atau Mebija yang diletakkan pada posisi kening adalah ciri khas tersendiri dalam dunia fashion warga Bali. Aksesoris dikening tersebut tidak hanya di pakai oleh wanita saja, para pria juga menggunakannya guna menghadiri acara – acara tertentu. Terlebih lagi jika acara upacara lokal di gelar. Maka masing – masing orang Bali bergaya untuk tampilan yang terbaik.

2. Memakai Warna Putih

Pakaian Adat Bali warna Putih dan kuning
via Akriko

Warna putih menjadi warna yang dominan pada pakaian adat tradisional warga Bali. Banyak alasan kenapa meski warna tersebut. Namun jawaban yang pasti, warna putih mempunyai nilai filosofi yang melekat yaitu melambangkan kesucian.

3. Selalu Ada Bunga

Bunga selalu menjadi aksesoris yang melekat pada pakaian adat tradisional Bali. Bunga lazimnya diselipkan ditelinga baik pada pria ataupun wanita. Bunga yang dipakai bukanlah sembarang bunga, tetapi diantara yang bisa digunakan adalah, bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih atau bunga kamboja. Ada proses seleksi yang dilakukan dalam memilihnya.

Secara langsung, kebutuhan bunga memberikan dampak ekonomi bagi warga Bali. Para petani bunga jadi punya penghasilan.

4. Tidak Menggunakan Penutup Bahu

Penampakan ini jadi kontroversial disebagian orang. Karena apakah tampilan tanpa penutup bahu bagi wanita bisa dimaklumi? Pertanyaan ini tidak bisa dijawab pada kesempatan kali ini. Karena memang pembahasannya tidak mengarah kesana. Pembahasan artikel ini lebih mengarah kepada apa saja sesuatu yang mempunyai nilai unik terkait pakaian adat tradisional Bali.

Dalam berbagai kegiatan acara, pria dan wanita Bali selalu mengenakan busana tanpa menggunakan penutup bahu.

5. Melambangkan Filosofi

Jika bicara filosofi, maka kita bicara tentang kebijaksanaan. Ada nilai filosofi dari pakaian adat Bali apakah secara langsung dapat disimpulkan bahwa penciptanya adalah orang yang bijaksana? Silahkan jawab di kolom komentar.

Bisa di sebut semua komponen pakaian adat Bali melambangkan filosofi keagamaan, seperti pakaian adat Bali yang coraknya berwarna putih (melambangkan kesucian), kemudian Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan darma), Pemakaian selendang pada wanita (bermakna wanita Bali haruslah ingat akan ajaran darma dan siap mendidik putra putrinya kelak agar patuh terhadap orang tua), dan lain sebagainya. Masih banyak nilai filosofi pada setiap pakaian adat Bali.

6. Jadi Tren Dunia

Artis yang gunakan pakaian adat Bali
via idntimes

Nah, saking banyaknya artis internasional yang datang ke Bali ternyata memberikan dampak di dunia fashion. Banyaknya artis yang mengenakan pakaian tradisional Bali dan gambarnya viral di media sosial, maka promosi gratis terjadi tentang destinasi wisata di Bali.

Terkait dengan Bali, ada kejadian lucu dialami oleh teman saat mengenalkan tempat tinggalnya. Ia menyatakan tinggal di Indonesia. Tapi temannya yang orang bule tidak tahu. Sudah mulai nyambung ketika disebut daerah Bali.

Popularitas Bali nyaris menenggelamkan nama Indonesia sendiri.

Demikian dahulu ulasan mengenai keunikan pakaian adat tradisional Bali untuk Anda. Semoga memberikan banyak manfaat kepada pembaca. Sekedar menambahkan, bagi Anda yang hendak datang ke Bali dan membutuhkan alat transportasi darat berupa mobil, bisa lihat list daftar alamat rental mobil Bali pada postingan kami sebelumnya.

Silahkan berkomentar