5 Keunikan Pakaian Adat Tradisional Daerah Jambi Yang Tersembunyi

Posted on

Anda ingin tahu tentang keunikan pakaian adat tradisional daerah Jambi? Berikut ini akan kami sampaikan secara lengkap yang dihimpun dari berbagai sumber. Tujuan dari penyampaian ini untuk menghadirkan budaya daerah Jambi di media komunikasi Dalam Jaringan (Daring) dan berharap bisa lestari sampai generasi masa depan. Miris jika sebuah budaya Indonesia terkiskis oleh zaman eksistensinya karena tidak mampu bersaing dengan budaya dari luar. Hal ini harus dicegah. Sebagai warga Indonesia yang baik, kita harus menjaga nilai dan eksistensi budaya nusantara, apapun itu namanya. Jika bukan kita siapa lagi.

Dengan mengenal keunikan pakaian adat tradisional daerah Jambi, kita akan dipahamkan bahwa Indonesia merupakan negara yang beradab yang diwariskan dari nenek moyang zaman dahulu. Selain itu, tulisan ini juga bertujuan untuk membantu adik – adik sekolah yang mendapat tugas dari guru terkait dengan pakaian adat Jambi.

Biacara tentang Jambi rasanya tidak cukup hanya melalui artikel ini saja, namun dibutuhkan banyak lagi informasi yang harus digali dari sumber yang ada. Pada informasi ini, Anda hanya mendapat informasi bersifat umum saja. Lebih detailnya, Anda akan temukan pada artikel lanjutannya.

Sekedar informasi penting untuk pembaca, bahwa sebelumnya kami sudah mempublikasikan artikel yang berjudul : keunikan pakaian adat Bali dan keunikan pakaian adat Sulawesi Selatan. Dan artikel ini tidak lain untuk melengkapi artikel sebelumnya saja. Jika ada manfaat lain, tentu saja itu diluar prediksi kami. Tugas kami adalah menghimpun informasi terkait budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Menurut hemat kami, orang yang membutuhkan informasi mengenai keunikan pakaian adat daerah Jambi mencapai ribuan jumlahnya berdasarkan data dari mesin pencari Google. Berapa persen dari jumlah rakyat Indonesia? Hitung sendiri ya.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kita bahas satu persatu tentang apa saja keunikan pakaian adat tradisional daerah Jambi.

1. Warna Kuning Emas Selau Ada

Hal Unik terkait dengan pakaian adat Jambi yang jadi legenda
Sumber : Bornechannel

Hampir setiap busana tradisional Jambi selalu ada warna kuning emas ikut menghiasi orang yang mengenakannya.

Berdasarkan info yang didapat, Warna emas banyak orang yang menganggapnya sebagai warna kejayaan yang melambangkan sebuah pencapaian besar dan terkait dengan sesuatu yang mewah. Hal itu wajar terjadi karena emas sendiri merupakan logam mulia yang sangat bernilai tinggi, sehingga warna yang terkait dengannya akan selalu dikaitkan dengan hal-hal yang sifatnya bernilai, mahal, elegan ataupun mewah.

Selain itu, warna emas kerap dikaitkan dengan energi maskulin dan terangnya matahari. Oleh sebab itu, tidak salah jika warna emas mempunyai kesan optimis yang menuntun seseorang untuk berpikir positif. Layaknya matahari, warna emas memiliki daya untuk manambah kehangatan yang dapat memengaruhi segala yang ada di sekitarnya.

2. Ramai Aksesoris

Pakaian adat Jambi tidak hanya berupa celana/rok dan baju saja. Melainkan tersedia juga banyak aksesoris. Tujuan dari keberadaan aksesoris tidak lain dari memperindah pakaian yang di pakai oleh pria maupun wanita.

Beberapa aksesoris yang perlu Anda ketahui adalah:

– Kalung

Uraian tentang Kalung sebagai aksesoris dari pakaian adat Jambi
Sumber : Entiknusantara

– Gelang

– Mahkota

Mahkota sebagai aksesoris pakaian adat Jambi yang diletakkan di kepala
Sumber : Etniknusantara

Yang membuat semakin unik ialah, tersedia untuk pria dan wanita. Jadi setiap dikenakan untuk acara adat di Jambi, pria hadir dengan aksesorisnya sendiri, dan wanita juga hadir dengan aksesorisnya sendiri.

Guna melestarikan pakaian adat Jambi, beberapa pengrajin membuatnya secara massal dan dijual kepasar untuk kenang – kenangan turis atau wisatawan yang datang ke Jambi. Tentunya dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, menjual barang tidak lagi dilakukan dengan cara konvensional. Melainkan bisa secara online via jaringan internet, baik dengan perangkat Android dan Laptop.

3. Senjata Tradisional Keris

Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang hampir semua suku mempunyainya. Hanya saja nama serta bentuknya yang agak berbeda dari satu suku dengan suku yang lain. Begitu juga suku Jambi yang menjadikan senjata keris sebagai salah satu penghias pakaian adatnya.

Bicara keris tentu tidak bisa sebentar. Ada keris yang biasa dan ada juga keris yang mengandung mistis.

4. Tersedia Penutup Dada

Uraian tentang Penutup Dada sebagai pakaian adat Jambi yang unik
Sumber : Bukalapak

Pada posisi dada tidak langsung tampak karena pakaiannya tertutup dengan aksesoris yang umumnya dikenal sebagai penutup dada. Kenapa hal ini disebut unik? Karena tidak semua pakaian adat daerah yang mempunyai aksesoris seperti ini.

5. Khas Nuansa Melayu

Keberadaan suku Jambi tidak bisa di pisahkan dari suku Melayu. Meski beda dengan suku Melayu Medan, namun Jambi mempunyai ikatan sejarah yang kuat dengan adat istiadat Melayu. Itulah mengapa, warna kuning emas tidak bisa dilepaskan dari adat Jambi.

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu mengapa Melayu identik dengan warna kuning, berikut bocorannya:

“Kenapa kuning, kuning itu kan warna keagungan kerajaan. Dalam budaya Melayu itu warna kebesaran,” demikian informasi dari laman Viva.

Masih banyak lagi keunikan yang ada pada pakaian adat Jambi. Semoga kedepan kita akan temukan sehingga menambah wawasan bagi para pembaca guna mengenal budaya Indonesia lebih lengkap lagi.