3 Keunikan Pakaian Adat Tradisional Daerah Kalimantan Barat

Posted on

Keunikan pakaian adat tradisional daerah Kalimantan Barat (Kalbar) merupakan informasi yang penting diketahui warga negara Indonesia dimana pun berada. Selain sumber daya alamnya yang harus di eksplore, budaya dalam bentuk pakaian adat Kalbar juga harus kita kenali bersama, baik yang tradisional maupun yang pakaian yang dimodernisasi. Salah satu wujud kesetiaan kita pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah dengan mengenal dan melestarikan budaya nusantara, termasuk budaya dalam bentuk pakaian adat Kalimantan Barat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikannya, salah satunya dengan menulis dan mempublikasinnya melalui media, baik media cetak atau media online.  

Ada banyak keunikan yang bisa kita temukan dari pakaian adat daerah yang beribukotakan Pontianak ini jika kita benar – benar mau menelusurinya, baik dari sumber buku maupun sumber sekunder lainnya. Para desainer pakaian ada yang menemukan keunikan tersendiri dari baju atau celana dari pakaian adat Kalimantan Barat. Apakah pada corak, warna, bentuk dan bahan pembuatannya.

Pada kesempatan ini, rasanya tidak atau dirasa belum perlu meminta pendapat para desainer untuk keunikan pakaian tradisional Kalimantan Barat. Cukup dengan mengamati dengan teliti, maka dengan mudah ditemukan apa-apa saja keunikannya. Dibantu dengan mesin pencari yang bisa diakses melalui smartphone berbagai informasi bisa dijumpai, baik yang ditulis dalam kaidah ilmiah atau popular.

Dibawah nanti akan kami sampaikan mengenai hal apa saja keunikannya. Sebelum kesama, ada baiknya Anda ketahui bahwa melalui blog ini kami sudah banyak menulis tema keunikan pakaian daerah, seperti keunikan pakaian adat Bali, keunikan pakaian adat Sulawesi dan keunikan pakaian adat Jambi. Masing – masing pakaian daerah memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Kalau saja kita mau mengenalkan keunikan yang ada menjadi produk wisata, maka secara tidak langsung membuat para wisatawan berdatangan karena rasa ingin tahu yang mendalam. Alam sebagai destinasi wisata ada benarnya. Namun dizaman now ini kita dipaksa untuk berfikir kreatif, dimana apa saja harus dibuat sebagai industri wisata guna meningkatkan devisa negara.

Baiklah, berikut ini langsung kita bahas mengenai pakaian adat tradisional Kalimantan Barat. Apa saja itu? Simak infonya berikut ini.

1. Terbuat Dari Kulit

Info tentang keunikan pakaian tradisional Kalimantan Barat yang banyak dikenal
Sumber : Google Image

Keunikan yang pertama adalah bahwa baju adat Kalimantan Barat terbuat dari bahan kulit tanaman Ampuro atau Kayu Kapuo. Semoga saja tanaman kayu tersebut masih bisa lestari sehingga keberadaan salah satu baju adat Kalbar masih ada. Kita harus hidup berdampingan dengan tumbuhan, jangan sampai sebagai manusia tidak bisa melindungi hewan dan tumbuhan.

2. Terbuat Dari Bulu Burung

Keunikan yang kedua dari pakaian adat Kalimantan Barat adalah bahwa pelengkap hiasan baju adat yang dipakai yakni dari bulu burung Enggang.

Tidak tahu apakah burung yang sudah mati diambil bulunya atau dari burung yang masih hidup. Yang pasti ini adalah sebuah keunikan yang ada.

3. Memakai Nama King

Selanjutnya adalah sebuah keunikan pada nama. Dimana pakaian adat Kalimantan Barat menyematkan kata “King” pada bajunya. King Baba untuk pakaian prianya dan King Bibinge untuk pakaian yang dikenakan oleh para wanita.

Seperti pada umumnya, King memiliki arti Raja. Dan pada zaman dahulu, Kalimantan Barat ada raja berkuasa disana.

Demikianlah informasi mengenai keunikan pakaian adat tradisional Kalimantan Barat. Sebenarnya masih ada beberapa poin lagi, namun tidak bisa disampaikan pada kesemptan kali ini. Lain waktu semoga akan kita update lagi ya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di blog ini. Semoga apa yang sudah di baca bisa memberikan manfaat. Jangan lupa bagikan informasi ini jika di rasa bermanfaat.

Silahkan berkomentar