5 Keunikan Pakaian Adat Tradisional Daerah Sulawesi Selatan

Posted on

Keunikan pakaian adat tradisional daerah Sulawesi Selatan berhasil kami kumpulkan untuk para pembaca yang budiman. Keunikan ini menjadi ciri khas yang melekat pada busana tersebut. Dan dengan keunikan ini pula, pakaian adat Sulawesi Selatan bisa terus dilestarikan sampai keanak cucu (generasi selanjutnya). Amat disayangkan jika adat istiadat Indonesia tidak lagi ada dimasa depan, hilang ditelan sejarah dengan digantikan gaya hidup asing yang bertentangan dengan kearifan lokal.

Mungkin keunikan pada pakaian adat ibu kota Makassar ini tidak tercipta dari penemeu pakaiannya pada zaman dahulu kala. Selang berganti waktu baru rupanya ada pihak yang menemukan dan menjadi pembicaraan bagi pada desainer busana nusantara. Viral di sosial media pun terjadi, baik di Facebook, Twitter dan Youtube. Ya, segala macam budaya Indonesia harus di lestarikan di komunikasi daring supaya bisa diakses banyak orang saat ingin mengetahuinya.

Sebenarnya, setiap pakaian adat daerah pasti memiliki keunikan masing – masing sebagai ciri khasnya yang menonjol. Hanya saja yang membedakan adalah, keunikan mana yang memang paling berbeda sehingga menarik untuk dijadikan perbincangan. Semakin diperbincangkan, maka artinya pakaian adat terkait memiliki nilai keunikan yang khas. Terlepas dari itu semua, yang harus diperhatikan adalah, keunikannya harus terus dipertahankan.

Sebelumnya, kami sudah menulis mengenai keunikan pakaian adat Bali yang dipublikasi beberapa waktu yang lalu dan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk datang. Tidak cuma pemandangan alam saja yang menjadi destinasi wisata di Bali, pakaian adatnya pun juga mempunyai magnet yang luar biasa dalam rangka menghasilkan devisa negara untuk meroketnya sebuah ekonomi yang bukan lagi dalam wacana saja. 

Berikut ini adalah poin per poin mengenai keunikan pakaian adat tradisional Sulawesi Selatan untuk Anda ketahui. Selamat membaca.

1. Tersedia Untuk Pria dan Wanita

Uraian terkait dengan baju Bodo Sulawesi Selatan yang unik
via Blogger

Lengkap! Hal inilah yang tepat untuk disampaikan terkait dengan keunikan dari pakaian adat Sulawesi Selatan. Pada pakaian adat wanita bernama baju Bodo yang terbuat dari kain muslin, sedang pada pakaian adat pria bernama baju balla dada  yang terbuat dari kain lipa sabbe atau lipa garusuk.

Untuk menghadiri acara adat tertentu (pernikahan atau syukuran) yang digelar oleh masyarakat setempat, pasangan pria dan wanita di Sulawesi Selatan ditemukan sering mengenakannya. Pemandangan yang serasi dan selaras bagi mata yang melihatnya.

2. Variasi Warna Busananya

Info terkait variasi baju Bodo Sulawesi Selatan
Sumber : Blogger

Beberapa pilihan warna hadir pada pakaian adat Sulawesi Selatan. Ada warna pada baju balla dada biasanya Merah, Biru, dan Hitam. Ragam warna ini membuat tidak monoton dalam memilihnya. Bagi yang tidak suka dengan warna tertentu, hadir warna lainnya.

Setiap warna mewakili pesan tertentu untuk yang melihatnya.

3. Ada Penutup Kepala  

Info terkait tutup kepala sebagai pakaian Sulawesi Selatan
Sumber Kaskus

Kepala sebagai mahkota memang menjadi perhatian pada busana Sulawesi Selatan. Dengan begitu tidak salah lagi, bahwa para pria menggunakan penutup kepala bernama Passapu. Berdasarkan informasi yang kami temukan, Passapu terbuat dari daun lontar.

Presiden Jokowi juga pernah memakai penutup kepala saat mengenakan pakaian adat Sulawesi Selatan.

4. Kok Ada Gelembung!   

Info terkait pakaian yang gelembung baju Bodo Sulawesi Selatan
Sumber WordPress

Tidak tahu pasti apa nilai filosofi yang ada sehingga pada Baju bodo apabila dipakai akan memiliki gelembung pada bagian punggung serta pakaian ini tidak memiliki lengan dan tidak ada jahitan dibagian lehernya.

Bisa jadi gelembung adalah hasil dari udara yang tersimpan ada ruang pakaian tersebut yang tidak keluar sehingga menghasilkan udara yang tersimpan pada ruang tertentu.

5. Banyak Ragam Aksesoris  

Tidak sekedar pakaian dalam artian baju dan celana serta rok saja yang ada pada pakaian adat Sulawesi Selatan. Namun ditemukan ada banyak aksesoris yang dipakai seperti gelang, keris, selempang atua rante sembang, sapu tangan, kepingan-kepingan logam, kalung, bando emas, dan cincin. Aksesoris ini bertujuan untuk memperindah penampilan sekaligus menjadi keunikan tersendiri.

Demikian kami sampaikan mengenai keunikan dari pakaian adat Sulawesi Selatan. Kami yakin ada banyak lagi keunikan yang masih belum mengemuka keruang publik. Semoga dilain hari akan ditemukan dan bisa di up date pada laman ini guna memperlengkap. Dan jika pembaca ada menemukan poin keunikan, silahkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar dibawah.