4 Keunikan Pakaian Adat Tradisional Daerah Maluku Yang Jarang Diketahui

Posted on

Keunikan pakaian adat tradisional daerah Maluku dan Maluku Utara menarik untuk di kaji pada kesempatan kali ini. Dengan belajar tentang keunikannya, maka secara langsung membuktikan bahwa kita sangat peduli terhadap budaya Indonesia, khususnya daerah yang ibu kotanya adalah Ambon ini.

Pakaian adat tradisional Maluku memiliki khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain, mulai dari model sampai corak serta warnanya. Perbedaan ini membuat kita semakin yakin bahwa negara Indonesia memang negara yang kaya akan warisan budayanya. Oleh sebab itu, apapun itu, budaya Indonesia harus tetap dijaga dari waktu ke waktu.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dibahas terkait dengan daerah Maluku, apakah objek wisata, sejarah, kesenian dan macam – macam lainnya. Hanya saja pada kesempatan yang singkat ini, kami benar – benar membahas mengenai keunikan pakaian adat tradisional daerah Maluku dan sekitarnya. Hal-hal unik itu bisa terdapat pada pakaian adat anak – anak, dewasa sampai pakaian orang tua, baik baju atau celana.

Sekedar memberitahu saja, sebelum lebih jauh, kami pada blog ini sudah membahas tentang banyak hal mengenai pakaian daerah, mulai dari keunikan pakaian adat Bali, keunikan pakaian adat Sulawesi Selatan, keunikan pakaian adat Jambi dan keunikan pakaian adat Aceh serta keunikan pakaian adat Jawa Barat. Semuanya ditulis untuk memenuhi dan memeperkaya arsip digital pada laman komunikasi Daring alias internet. Mana tahu ada yang membutuhkan informasi ini, maka dengan mudah ditemukan. Bagi Anda yang memiliki pengetahuan lebih tentang busana yang ada di Maluku, silahkan Anda tambahkan informasi ini di kolom komentar dibawah. Dengan begitu, maka akan semakin banyak dan semakin luas ulasan tulisan ini untuk dibaca.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kami sampaikan tentang apa saja keunikan pakaian adat tradisional daerah Maluku yang harus Anda ketahui.

1. Modelnya Mirip Jas

Informasi terkait dengan Baju Cele sebagai busana adat Maluku yang unik
Sumber : Blogger

Meski dibilang sebagai pakaian tradisional, namun ada busana Maluku yang modelnya mirip dengan jas. Pakaian ini dikenakan pada waktu dan acara tertentu oleh para pria Maluku. Adapun pakaian yang dikatakan mirip dengan jas bernama Baju Cele. Biasanya, warna Baju Cele adalah merah terang dengan motif emas atau perak. Sebagai alas kaki, biasanya sepatu Vantovel hitam menjadi pilihan utama bagi kaum pria dan wanita.

Jas dikenal sebagai pakaian modern yang datang dari budaya barat. Kini jas sudah banyak dikenakan oleh warga negara dunia.

2. Memakai Tusuk Konde

Uraian tentang Tusuk Konde sebagai pakaian adat Maluku Ambon yang unik
Sumber : WordPress

Konde yang dikenakan para wanita sebagai pelengkap pakaian adat Maluku sebenarnya tidak berbeda dengan konde kebanyakan. Cuma, warna yang khusus dipakai ialah Konde berwarna emas atau perak. Dalam bahasa Maluku Konde ini dikenal dengan nama Haspel.

Wanita Maluku yang mempunyai rambut panjang kebanyakan memakai tusuk konde dan umumny mereka pakai ketika menghadiri acara adat didaerahnya.

3. Terlihat Cukup Sederhana

Berbeda dengan pakaian adat lain, pakaian adat Maluku ini sesungguhnya terlihat cukup sederhana. Bisa dibilang tak serumit pakaian adat Bali ataupun Jawa namun tetap berkelas dan memiliki corak yang menarik. Kesederhanaan ini yang menjadikannya mempunyai ciri khas yang menonjol.

4. Motif Garis-garis Yang Membentuk Bentuk Kotak-kotak Kecil

Ulasan terkait dengan pakaian adat daerah Maluku yang terlihat kotak - kotak kecil
Sumber : Tahuribabunyi.com

Pada semua pakaian daerah mempunyai motif tertentu yang dirancang oleh para pembuatnya. Nah, pada pakaian adat daerah Maluku memiliki perbedaan dengan pakaian adat dari daerah lain. Yang membedakannya adalah motif garis – garis yang membentuk kotak – kotak kecil.

Sampai tulisan ini diturunkan, kami masih belum tahu makna atau pun filosopinya. Hanya saja yang bisa kami simpulkan adalah garis melambangkan sebuah jalan dan kotak – kotak kecil merupakan banyak komunitas di Maluku. Keragaman yang ada di Maluku terjaga sampai kini.

Jika Anda ingin melihat langsung apa saja keunikan pakaian daerah Maluku ini, tiada salahnya Anda membelinya, bisa melalui online maupun offline. Dengan begitu Anda bisa langsung menyaksikan sendiri. Atau Anda juga bisa datang ke museum yang ada di Maluku. Biasanya segala macam budaya maluku ada disana, termasuk pakaian adat Maluku.

Cukup sudah uraian tentang keunikan pakaian adat tradisional daerah Maluku kami sampaikan untuk para pembaca. Semoga saja memberikan banyak manfaat dan jika berkenan silahkan dibagikan kepada teman – teman Anda.