3 Keunikan Rumah Adat Tradisional Honai Papua Yang Menarik Perhatian

Posted on

Keunikan dari rumah adat tradisional Honai usai dikumpulkan terdapat beberapa fakta menarik untuk kami sampaikan pada kesempatan ini. Rumah adat suku Dani ini memang berbeda dengan rumah suku lainnya, baik dari bentuk, model serta fungsinya.

Seorang yang sudah melihat rumah adat Papua ini kaget ketika masuk kedalamnya. Ia tidak mengira bahwa rumah adat Honai mempunyai ciri khas tersendiri. Salah satunya terlihat pada atapnya yang terbuat dari jerami. Rupanya atap jerami dan dinding kayu membawa hawa sejuk ke dalam Honai.

Adalah suku Dani yang menempati rumah adat Honai ini. Mereka berdiam untuk istirahat dan mengisi waktu dengan keluarga. Ada juga informasi yang menyatakan, bahwa rumah suku Dani untuk kaum lekaki, sedang untuk kaun wanitanya tinggal di dalam rumah yang bernama Ebe’ai. Dilain waktu, kita akan mengulas mengenai rumah adat Ebe’ai.

Pada kesempatan ini, kita akan sama – sama belajar tentang keunikan rumah adat Honai yang pastinya mengandung banyak hikmah dan pelajaran penting bagi keberlangsungan kebudayaan Indonesia. Belajar budaya wujud kecintaan kita terhadap sejarah bangsa.

Sangat banyak keunikan pada rumah adat Indonesia, baik yang ada di Sabang sampai yang ada di Merauke. Semuanya mempunyai nilai, ciri khas dan filosofi tersendiri yang harus dirawat secara baik. Jangan sampai hilang ditelan sejarah atau dalam pernyataan lain “namanya hanya tidak sejarah saja”.

Dari laman Detik kami menemukan sumber mengenai keunikan pakaian adat Honai. Seorang jurnalis menyampaikan hasil investigasinya sebagai berikut :

“Bentuknya bundar, atapnya jerami, dan pintunya mungil sekali. Inilah Honai, rumah adat suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Selain jadi tempat tinggal, Honai juga multifungsi!”

Ia sempatkan diri untuk memasuki rumah adat Honai dan kaget karena mungil sekali rumahnya. Sampai – sampai ia pun tidak bisa berdiri dengan sempurna didalamnya. Kejadian ini sangat membuat penulis penasaran dan ingin sekali waktu datang ke Papua guna merasakan bagaimana di dalam rumah Honai. He he, ngumpul duit dahulu ya.

Oh iya, bagi pembaca yang budiman, pada kesempatan lalu, kami sudah menulis mengenai keunikan rumah adat tradisional Tambi yang berada di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng). Informasi tentang keunikan rumah adat Honai hadir sebagai pelengkap supaya wawasan pembaca semakin bertambah luas. Dengan lebih dari satu mengetahui hal unik rumah adat Indonesia, maka secara langsung kita semakin mencintainya.

Sumber yang kami gunakan untuk menulis bermacam – macam, bisa melalui sumber online dan offline. Mengenai akurasinya, kami sarankan Anda untuk mengkoreksinya. Ayo bersama – sama kita jadi pembaca yang cerdas ya.

Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, langsung saja kami akan bahas satu persaru mengenai keunikan rumah adat Honai yang penting untuk diketahui bersama.

1. Bentuknya Yang Mungil

Sumber : Adira Finace

Rumah adat Honai begitu mungil hingga ada penulis dari laman Detik.com tak bisa berdiri di dalamnya. Jarak dari permukaan rumah sampai langit-langit hanya sekitar 1 meter. Di dalamnya hanya ada 1 perapian yang terletak persis di tengah. Tak ada perabotan seperti kasur, lemari, apalagi cermin untuk memastikan penampilan sudah oke!

Benar-benar rumah yang jauh dari standart rumah.

2. Multifungsi

Sumber : Detik.com

Rumah Honai tidak hanya digunakan untuk beristirahat, namun untuk keperluan lain, seperti : menyimpan umbi-umbian dan hasil ladang, ada pula yang khusus untuk pengasapan mumi. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa rumah Honai bersifat multifungsi. Fungsi untuk pengasapan Mumi bisa ditemukan di Desa Kerulu dan Desa Aikima, tempat 2 mumi paling terkenal di Lembah Baliem.

3. Tidak Memiliki Jendela

Anda akan kesulitan mencari jendela pada rumah Honai. Karena memang tiada jendela pada rumahnya sebagaimana lazimnya rumah zaman sekarang. Mungkin perancang rumah ini tidak menganggap penting fungsi dari jendela. Atau karena rumahnya yang memang mungil. Entahlah, yang pasti dengan segala kekurangannya, rumah adat Honai merupakan aset bangsa yang harus mendapat perhatian dari kita semua. Mari kita jadikan kekurangan rumah adat Indonesia sebagai keunikan tersendiri.

Demikian informasi tentang keunikan rumah adat tradisional Honai kami sampaikan kepada pembaca yang budiman, baik dari kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Semoga apa yang disampaikan memberikan manfaat. Jangan sungkan untuk membagikan informasi ini kepada teman dan keluarga Anda. Mana tahu saja mereka juga membutuhkannya.