4 Keunikan Rumah Adat Tradisional Tambi Sulawesi Tengah yang Jarang Orang Tahu

Posted on

Keunikan rumah adat Tambi yang berasal dari daerah Sulawesi Tengah merupakan informasi yang penting untuk diketahui oleh pembaca, baik yang masih duduk dibangku sekolah maupun yang sudah tamat. Karena prinsip belajar pada dasarnya tiada kenal henti. Berlaku untuk semua manusia, muda dan tua.

Berdasarkan informasi dari laman online menjelaskan bahwa : rumah Tambi adalah rumah adat atau rumah tradisional dari provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Rumah adat ini berbentuk panggung yang atapnya sekaligus berguna sebagai dinding.

Dari penjelasan diatas dapat sedikit disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang bisa digaris bawahi, seperti : bentuk dan fungsinya yang akan kami sampaikan deskripsinya lebih lanjut.

Di dalam rumah adat Tambi cuma terdapat satu lobona (ruangan utama) yang dibagi tanpa sekat dan memiliki kamar-kamar, hanya pada bagian tengah lobona terdapat rapu (dapur) yang sekaligus menjadi penghangat ruangan ketika cuaca dingin. Penghuninya tidur menggunakan tempat tidur yang terbuat dari kulit kayu nunu (beringin).

Lebit tepatnya, rumah adat Tambi terletak di daerah Lore. Kabar yang ditemukan menyebutkan bahwa orang Lore dikelompokkan ke dalam besar orang-orang Toraja Timur. Suku bangsa Lore sering juga disebut orang Napu atau orang Bada. Mereka berdiam di dua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Poso, yaitu Kecamatan Lore Utara dan Lore Selatan, di Provinsi Sulawesi Tengah. Jumlah populasinya sekarang sekitar 15.000 jiwa.

Pada kesempatan yang baik ini, kita akan sama – sama belajar mengenai keunikan dari rumah adat Tambi. Namun sebelum lebih jauh, kami ingin sampaikan kepada pembaca yang budiman bahwa sebelum menulis artikel ini, kami sudah banyak menulis artikel tentang keunikan pakaian daerah, seperti keunikan pakaian adat Bali dan keunikan pakaian adat Jawa Barat serta keunikan pakaian adat Sulawesi Selatan. Semuanya ditulis bertujuan membantu pengguna internet yang membutuhkannya.

Dari semua keunikan adat istiadat Indonesia, kita dapat menyimpulkan bahwa bangsa Indonesia benar – benar kaya akan ragam budaya yang patut untuk disyukuri. Hal ini jangan sampai hilang ditelan masa. Tugas kita semua merawatnya sampai kapan pun jua.

Apa Saja Keunikan Rumah Adat Tradisional Tambi dari Sulawesi Tengah?

Ada banyak keunikannya, hanya saja dalam kesempatan yang singkat ini, kami tidak kuasa menyampaikan banyak poin, melainkan hanya 4 (empat) saja. Simak informasinya berikut ini.

1. Rumah Untuk Masyarakat Umum  

Ulasan terkait dengan hal unik dari Rumah Tambi Sulawesi Tengah
Sumber : Google Image

Dalam kehidupan sosial, ada beberapa lapisan masyarakat yang pada zaman dahulu dibagi menjadi dua saja, yaitu “masyarakat umum dan bangsawan”.

Nah, rumah adat Tambi ialah rumah adat yang dipakai sebagai tempat tinggal oleh masyarakat umum Sulawesi Tengah. Hal ini sebuah penegasan bahwa keberadaan rumah adat Tambi dibuat bukan untuk golongan bangsawan.

2.  Ukurannya Kecil

Uraian tentang rumah Tambi yang keren dan memiliki ciri khas menarik
Sumber : Blogger

Karena digunakan oleh masyarakat umum, maka ukuran dari rumah ini tidaklah besar baik rumah maupun ruangan yang berada di dalam.

Rumah ini berukuran kecil dikarenakan hanya digunakan untuk tempat tinggal masyarakat umum. Adapun ukuran rumah ini segi persegi panjang dengan ukurannya rata-rata 7×5 m2.3. Struktur Rumah Tidak Terlalu Tinggi 

Berstruktur rumah panggung dan tidak terlalu tinggi, serta pondasi rumah ini berupa batu berbentuk persegi yang besar. Batu yang digunakan sebagai pondasi ialah apa yang disebut dengan batu alam.

3. Beratapkan Ijuk

Review mengenai hal unik dari rumah tradisional Tambi untuk para pembaca
Sumber : Senibudayaku.com

Dampak dari atap ijuk ialah menghasilkan udara yang dingin didalam rumah. Beda dengan rumah jika memakai alat penutup seng.   

Kabar buruknya, apakah saat ini masih memakai ijuk? Bisa saja terjadi perubahan.

4. Jumlah Anak Tangga Ganjil – Genap 

Beda yang punya, maka beda pulalah anak tangga pada rumah adat Tambi. Pada anak tangga bagi penghuni rakyat biasa berjumlah ganjil, sedangkan untuk tetua adat umumnya berjumlah genap.

Ok, demikian dahulu uraian atau topik tulisan keunikan rumah adat tradisional Tambi. Semoga memberikan manfaat kepada para pembaca. Jangan sungkan untuk memberikan komentar.