13 Kolam Renang di Kota Medan, Untuk Belajar dan Wahana Bermain

Posted on

Kolam renang di kota Medan sangat banyak sekali jumlahnya, tidak terhitung dengan pasti. Hampir setiap momen, ada saja pengusaha yang membuka usaha tempat pemandian di kota Medan dan sekitarnya. Belum lagi komplek atau perumahan yang juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk menarik konsumen membeli rumah atau ruko yang dibangun.

Dari sekian banyak kolam renang yang ada dikota Medan dan sekitarnya, sudah pasti tidak semuanya di gunakan untuk belajar berenang bagi pemula. Banyak orang yang datang hanya sekedar bermain air dan menemani keluarga liburan sambil melihat orang – orang yang datang.

Harga tiket masuk kolam renang Medan mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 50.000. Pada hari liburan nasional, biasanya harga masuk akan naik dari harga normal. Sudah pasti kalau ramai yang datang ke suatu tempat pemandian, maka bagi yang ingin belajar berenang akan merasa kurang leluasa. Maka dari itu perlunya mencari tempat renang yang sunyi dari orang yang sekedar bermain – main saja.

Kabar baiknya, pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan beberapa kolam renang yang tersedia di Medan. Semoga saja informasi ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilihnya.

1. Kolam Renang Kampus Unimed

Kolam Renang Unimed via Youtube

Lebih dikenal dengan sebutan nama Kolam Renang SCC Unimed dan berlokasi di area kampus Unimed sendiri. Informasi dari laman Google alamat lengkapnya adalah di Kenangan, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.

Harga tiket masuk adalah Rp 25.000 dan dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Kabar baiknya, bagi karyawan Unimed, dosen sampai staff tidak dikenakan biaya alias gratis.

Bagi kamu yang hendak belajar berenang, kolam renang ini sangat direkomendasikan. Karena didesain memang untuk atlit olahraga renang. Tidak jarang tempat ini dijadikan sebagai tempat perlombaan pada pekan olahraga nasional (PON).

2. Kolam Renang Tirta Fun

Kolam Tirtafun via IG

Untuk yang membawa keluarga, kolam renang ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pada hari biasa harga tiket masuk adalah Rp 17.000 (dewasa) dan Rp.15.000 (anak-anak). Harga akan naik pada saat hari libur, sepert hari Sabtu dan Ahad. Begitu juga pada libur nasional.

Tersedia beberapa kolam renang, paling tida akan 3 kolam yang bisa di pakai, 2 kolam untuk anak – anak dan remaja, sedangkan 1 kolam untuk orang dewasa dengan kedalaman sekitar 1,5 meter.

Selain itu, tempat ini menyediakan ruang mushollah. Jadi bagi Anda yang muslim jangan khawatir jika ingin berlama – lama di tempat ini.

Alamatnya di jalan Pendidikan Pasar XI Tembung, Sumber Rejo Tim., Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.

3. Kolam Renang Mutiara

Kolam Renang Mutiara via Tribunnews

Kolam renangnya berada di dalam komplek perumahan, tepat di depan Rumah Sakit Haji. Air kolam bersih dan untuk ruang mandi bersih – bersihnya juga tersedia air shower yang deras dan juga bersih.

Nyaman untuk yang bawa keluarga karena tidak terlalu ramai. Kemudian air kolamnya tidak membuat mata pedih ketika Anda tidak memakai kacamata renang.

Kabarnya tempat pemandian ini buka sampai dengan pukul 21.00 wib. Beda dengan kolam renang yang lain, biasanya pukul 18.30 sudah tutup.

Bagi Anda yang ingin kemari bisa datang langsung di jalan Rumah Sakit. Tandanya jika Anda sudah sampai di Rumah Sakit Haji, maka Anda tinggal melihat didepannya.

4. Kolam Renang Cemara Asri

Kolam Renang Cemara Asri via Instagram

Harga tiket masuk kolam renang Cemara adalah Rp 20.000. Aturan yang berlaku, bagi wanita harus mengenakan pakaian renang, sedang pria dilarang memakai baju saat berenang.

Tersedia makanan yang cukup terjangkau harganya. Kualitas airnya terjaga karena tidak terasa perih dimata meski tidak pakai kacamata berenang.

Jumlah kolam renangnya ada 2 (dua) untuk dewasa dan 2 (dua) untuk anak – anak.

Tersedia ruangan mushollah untuk menunaikan sholat.

Alamatnya di Perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Raya, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371

5. Citra Land Gama City

Citra Gama City Land via Tripadvisor

Terletak di jalan Boulevard Barat Raya No. Kav. 1, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371, kolam renang ini tutup pada 17.30 wib. Lebih cepat dari kolam renang SCC Unimed sebanyak 1 jam.

Karena masih relatif baru dibandingkan dengan yang lain, ada beberapa kelebihan dari kolam renang ini, mulai dari lokasinya yang luas, pemandangan indah sampai dengan bisa melakukan olahraga jogging karena luasnya wilayah.

Ada yang sebut tempat ini sebagai “Singapura in Medan”.

Harga tiket masuknya pun dibilang mahal, yaitu sekitar Rp 50.000.

6. Kolam Renang Bahagia

Kolam Renang Bahagia via IG KRB

Terletak di kecamatan Medan Kota, kolam renang ini cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Bagi yang untuk belajar berenang, sepertinya kolam renang ini tidak kami rekomendasikan disebabkan pengunjungnya yang selalu ramai.

Jumlah kolam renangnya terdiri dari 5 kolam, yang 3 kolam untuk digunakan oleh anak – anak dan 2 kolam khusus untuk orang  dewasa. Tempat yang disingkat dengan KRB ini buka mulai pukul 07.30 Wib s/d 18.00 Wib.

Bagi yang ingin datang kemari, alamatnya di jalan Bahagia By Pass, Sudirejo II, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20226.

7. Pemandian Budi Utomo

Pemandian Budi Utomo via Travelpromo

Betempat di jalan Ampera Pasar 6 Batang Jambu, Sidodadi, Batang Kuis, Bintang Meriah, Kec. Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, pemandian Budi Utomo merupakan wahana pemandian yang sangat pas untuk dinikmati bersama dengan orang – orang tercinta, seperti keluarga.

Ada pemandian busa, perosotan dan tempat out bond, pelayanannya dinilai cukup bagus. Harga tiket masuknya adalah Rp 35.000 dan tersedia juga dalam jenis voucher untuk harga yang lebih murah. Kolam renangnya ada beberapa, dan untuk orang dewasa ada yang kedalaman 2 meter.

Kalau Anda tinggal di daerah kecamatan Sunggal, maka lokasi pemandian Budi Utomo sangatlah jauh posisinya untuk di jangkau. Namun jika Anda sekalian mau jalan – jalan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

8. Citra Garden

Citra Garden via Google Image

Untuk harga tiket masuk kolam renang Citra Garden terbagi menjadi tiga pembagian, yaitu untuk hari Senin libur. Pada hari Selasa sampai Jum’at harga yang berlaku Rp 30.000. Sedangkan hari Sabtu adalah Rp 35.000 dan saat hari Ahad berlaku adalah Rp 40.000. Belum tahu apakah ketentuan ini berlaku untuk selamannya.

Untuk pakaian yang digunakan saat renang tidak ada ketentuan khusus. Para  pengunjung terserah mau mengenakan pakaian apa. Yang penting nyaman untuk mandi di kolam renang yang berada di Perumahan Citra Garden, jalan Jamin Ginting, Titi Rantai, Kota Medan, Sumatera Utara. Jika Anda tahu letak Simpang Pos, maka tidak jauh untuk menuju lokasi kolam renangnya.

9. Kolam Renang Tirta Marelan

Kolam Renang Tirta Marelan via jejakpiknik

Ada yang menyarankan kolam renang ini baik untuk belajar pagi perenang pemula. Jumlah kolam rebangnya 2, yang terdiri 1 untuk orang dewasa dan 1 untuk anak – anak. Harga tiket masuknya adalah rp 15.000. Ada ketentuan tidak boleh berenang memakai baju.

Untuk berenang kemari, Anda bisa datang ke alamat: Jl. Marelan VI, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20251.

10. Kolam Renang Graha Helvetia

Kolam Renang Graha Helvetia via Tribunnews

Letak kolam renangnya dibilang strategis dan bersamaan dengan rimbunnya pepohonan menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit untuk mereganggkan otot ataupun melatih kemampuan berenang.

Berdekatan dengan tempat sarana olah raga untuk berlari, bermain golf dan juga olahraga sepak bola. Jadi bagi yang ingin jogging dahulu sebelum berenang, maka kami menyarankan kolam rebang ini untuk Anda kunjungi.

Kelebihan lain adalah jumlah kamar mandinya yang banyak sehingga pengunjung tidak perlu antri atau menunggu terlalu lama.

Alamatnya di jalan Graha Metropolitan, Kp. Lalang, Kec. Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20214.

Tutup pukul 19.00 wib.

11. Paradiso Kolam Renang

Paradiso Kolam Renang via Semedan

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa usia kolam renang ini sudah sangat lama. Wajar jika ada yang menyatakan ada nila sejarah yang terkandung. Dengan lokasi yang luas, maka kolam renang Paradiso ini cocok untuk mereka yang sedang ingin belajar berenang. Tersedia sewa baju renang bagi yang membutuhkan.

Alamatnya di jalan Sisingamangaraja No. 6, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212.

12. Kolam Renang Selayang Medan

Kolam Renang Selayang Medan via webdaring

Dengan harga tiket masuk yang murah, yaitu hanya Rp 10.000 saja, para pengunjung sudah mendapatkan asuransi dari Jasa Raharja. Saat lapar datang, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia fasilitas kantin yang menjual makanan dan minuman.

Selain orang secara pribadi yang datang ke kolam renang ini, beberapa institusi seperti sekolah juga menjadikan tempat ini sebagai kunjungan program ekstra kurikulier.

Kelebaih lainnya adalah, kulit Anda tidak akan kepasanan karena airnya dingin dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Alamat kolam Renang Selayang ini di Padang Bulan Selayang I, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20131

13. Kolam Renang Istiqlal Marindal

Kolam Renang Istiqlal Marindal via Medanwisata

Tersedia 4 kolam renang bagi pengunjung sehingga bisa leluasa untuk memilihnya. Hal ini cocok jika Anda hendak membawa keluarga guna bermain wahana pemandian kemari.

Jangan takut kelaparan atau kehausan saat sedang bermain atau berenang, karena dijual berbagai macam makanan dan minuman.

Harga tiket masuknya hanya Rp 20.000 saja untuk hari libur, sedang hari biasa dipastikan lebih murah lagi.

Tersedia arena lapangan parkir yang luas untuk mereka yang datang dengan kendaraan motor atau mobil.

Kolam renang Istiqlal beralamat di jalan STM No.2 G, Marindal Satu, Kec. Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20361.

Tutup pada pukul 18.00 wib.

Bagi yang ingin booking atau konfirmasi, silahkan hubungi nomor telepon 0812-6470-8440.

Lokasi Kolam Renang Tambahan

Selain lokasi yang kami sebutkan diatas, ada beberapa tempat yang juga menyediakan kolam renang, yaitu hotel. Ada beberapa hotel yang menyediakannya, seperti hotel Danau Toba, hotel Grand Mercure dan hotel Le Polonia.

Ketentuan kolam renang yang ada di hotel dengan kolam renang umum sangatlah berbeda. Biasanya kolam renang tersebut hanya untuk para tamu hotel saja. Sedangkan bukan tamu hotel, maka akan pemberlakuan khusus.

Lihat: Tempat Nongkrong di Medan

Bermain dengan air memang menjadi kesukaan banyak orang. Meski tidak bisa berenang, banyak juga orang yang datang ke lokasi pemandian. Semoga informasi tentang kolam renang di kota Medan ini bermanfaat bagi para pembaca.