20 Lagu Daerah Sumatera Utara, Lirik dan Not Serta Penciptanya

Posted on

Lagu daerah Sumatera Utara, lirik dan makna serta penciptanya merupakan informasi yang penting untuk disampaikan pada kesempatan ini. Tidak cuma itu, hal terkait lain akan juga disampaikan mengenai alat musik yang juga menjadi kebanggaan daerah setempat. 

Banyak tersebar di internet tentang lagu khas Sumatera Utara dan liriknya sehingga memudahkan Anda untuk cepat mengenali satu persatu dari lagu – lagunya. Kemudian masing – masing lagu juga mengandung makna yang dalam, seperti ada yang menggambarkan perjuangan pahlawan dalam melawan penjajah, kecintaan kepada keluarga, perjuangan anak Medan dirantau dan lain sebagainya.

Di sekolah dasar, banyak guru yang tidak hanya mengajarkan anak menghafal lagu daerah Sumut. Namun guru juga mengajarkan para murid untuk mengenal not dari lagu tersebut. Hal ini sangat baik karena akan memberikan wawasan yang luas tentang kesenian kepada para murid.

Lagu daerah Sumatera Utara mengalami masa dimana ada yang masih bertahan dan ada yang mulai ditinggalkan oleh warga Sumut. Padahal zaman dulu lagu – lagu tersebut menjadi kebanggaan dan selalu dinyanyikan pada acara atau upacara adat tertentu. Kini seiring berjalan sang waktu, kebanggaan itu mulai memudar ditengah masifnya arus lagu – lagu asing. Peran pemerintahlah yang harus proaktif menjaganya. Jangan sampai tinggal sejarah saja.

Beberapa seniman ada yang coba memordenisasikan lagu daerah Sumatera Utara dengan kreativitas yang dimilikinya sehingga jadi lebih menarik dan sarat dengan kondisi kekinian. Selama tidak mengurangi esensi, kami pikir tidak jadi masalah. Karena konsekwensi dari perjalanan sang waktu yang selalu dinamis sifatnya. Ini adalah salah satu cara efektif agar seni dan budaya yang ada di Sumatera tetap ada sampai kapan pun juga.

Beberapa waktu yang lalu, kami banyak menuliskan seputar Sumatera Utara, mulai dari makanan tradisional, minuman khas Medan, tarian daerah Sumatera Utara dan lain sebagainya. Kehadiran tulisan ini sepertinya sebagai pelengkap dari semua itu.

Berikut ini kita bahas satu persatu lagu daerah Sumatera Utara yang perlu diketahui:    

1. Rambadia

Lirik lagu Rambadia via Brainly

Lagu daerah asal Sumatera Utara ini memiliki irama yang senang dan sangat asik untuk dinikmati. Lagu ini bercerita tentang bagaimana masyarakat di daerah Sumut berkenalan atau menyambut tamu (orang yang baru pindah). Sarat dengan nilai-nilai sosial lagu ini termasuk lagu daerah yang sering dinyanyikan pada pentas-pentas nasional di wilayah Sumatera Utara. Berikut adalah sedikit lirik lagu Rambadia yang diciptakan oleh Hamiedan AC :

Rambadia ramba muna daito

Rio rio ramba na poso

Margaria marga muna daito

Uso uso naso umboto

Alatipang tipang tipang

Polo labaya

Ala rudeng rudeng rudeng pong 

2. Sinanggar Tulo

Lirik dan Not Sinanggar Tulo via Blogger

Lagu yang satu ini sebenarnya memiliki makna yang baik, yaitu tentang seorang anak yang ingin memenuhi permintaan ibunya untuk mencari kekasih. Sang ibu menginginkan calon menantu yang memiliki marga yang sama dengan sang ibu. Sungguh sebuah lagu yang memiliki makna yang sangat baik dan penuh dengan pesan-pesan baik bagi pendengarnya. Meski begitu populer tidak tau siapa persisnya yang menciptakan lagu ini. berikut adalah sedikit lirik lagu yang memiliki nada gembira ini :

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sada dua to…lu

Binilang ni da pamila….ngi

Jong jong hami na to …lu

Jumulo hami marsatta …. bi

3. Boru Panggoaran

Lirik lagu Boru Panggoaran via Idocpub

Lagu Batak yang satu ini memiliki makna yang sangat membekas bagi orang yang mendengarkan lagu ini. Lagu ini bahkan menjadi salah satu lagu himne wajib ketika acara wisuda di salah satu universitas negeri di Medan. Lagu yang diciptakan oleh Tagor Tampubolon menceritakan tentang harapan orang tua keapada anak perempuannya terkhusus anak perempuan yang paling besar. Berikut adalah kutipan lagu boru panggoaran :

Ho do Borukku

Tampuk ni ate atekki

Ho do boru ku

tampuk ni pusu-pusuki

Burju-burju ma ho

namarsikkola i

Asa dapot ho

na sinitta ni rohami

4. Butet

Lirik dan Not lagu Butet via Brainly

Butet adalah sebuah lagu daerah dari Sumatera Utara yang menjadi lagu perjuangan yang sarat akan makna kepahlawanan dan peran seorang ayah dalam perjuangan. Tidak ada yang tahu persis siapa yang menciptakan lagu ini namun lagu ini menjadi salah satu lagu nasional. berikut adalah sedikit lirik lagu butet :

Butet, di pangungsian do amangmu ale butet

Da margurilla da mardarurat ale butet

Da margurilla da mardarurat ale butet

Butet, sotung ngolngolan ro hamuna ale butet

Paima tona manang surat ale butet

Paima tona manang surat ale butet

I doge doge doge i dogei doge doge

I doge doge doge i dogei doge doge

5. Na Sonang Do Hita Nadua

Na Sonang Do Hita Nadua via scribd

Nasonang di Hita Nadua

Saleleng Au rap Dohot Ho

Nang rodi nasari Mattua

Sai tong Ingoton Hu do Ho

Hupeop sude Denggan ni basam

Huboto tu Au do Raham

Nasonang do Hita Nadua

Saleleng Au rap Dohot Ho

Lirik lagu diatas adalah bagian dari lagu daerah Na Sonang Do Hita Nadua yang berasal dari daerah Sumatera Utara. Lagu yang diciptakan oleh Nahum Situmorang ini bercerita tentang kebahagian sepasang kekasih (Suami Istri) yang berharap saling setia dan saling menjaga sampai usia tua.

Lihat: Tempat Nongkrong di Medan

6. Anju Ahu

Lirik dan lagu Anju Ahu via Google Image

Lagu ini adalah salah satu lagu daerah dari Sumatera Utara yang sering dinyanyikan ketika acara pernikahan. Lagu ini adalah lagu yang bercerita tentang harapan dari seorang pria yang ingin dimengerti oleh kekasihnya (istrinya) ketika ia sedang dirundung masalah.

Berikut adalah kutipan lirik lagu Anju Ahu:

Anju ahu sai anju ahu ale anggi

Dina muruk manang marsak rohangki

Nang so hupa boa arsak nadi roha

Holongni rohangku sai hot doi

Anju ahu sai anju ahu ale anggi

Engkelmi mambahen pa sonang rohangki

Tung saleleng ahu di lambung mi

Anju ahu sai anju ahu ale anggi

7. Siguleppong

Lirik dan Not Siguleppong via Senibudayaku

Lagu daerah Tapanuli ini diciptakan oleh S. Dis dan menceritakan tentang kerifan lokal masyarakat Tapanuli. Lagu ini kaya dengan pesan – pesan moral yang sangat baik. Lagu ini tidak hanya terkenal sebagai lagu daerah Sumatera Utara tapi juga dikenal sebagai salah satu warisan budaya musik nusantara. Lagu ini enak didengar dengan nada yang gembira, berikut adalah lirik lagu Siguleppong :

Natinittip sanggar sigule sigule

Saibahen huru huruan sigule

Sigulempong sigule gule

Jolo sinukkun marga sigule sigule

Molo sairap hita nadua sigule

Sigulempong sigule gule

Sirma inang sarge

Dasai sirma inang sarge

Tarsongoni doho hape pargontingna dauk gale

8. Lisoi

Lirik dan Lagu Lisoi via Blogger

Lagu yang satu ini diciptakan oleh salah satu seniman legendaris berdarah batak yang banyak menciptakan lagu – lagu populer daerah Sumatera Utara dia adalah Nahum Situmorang. Lagu ini bercerita tentang bagaimana masyarakat Batak dalam pergaulan sehari-hari dan kehidupan sosial masyarakat Batak.

Berikut adalah lirik lagu Lisoi:

Dongan sa pang kila laan, o parmitu

Dongan sa par ti naonan, o parmitu

Ar sak rap mangka lu pahon, o parmitu

To le marap mangan de hon, o parmitu

Lisoi lisoi lisoi lisoi

O parmitu lisoi

Lisoi lisoi lisoi lisoi

Inum ma tu akmi

9. Ketabo

Lirik dan lagu Ketabo via seputarmusikal

Lagu yang satu ini adalah lagu yang mengajak orang untuk datang ke kota Padang Sidempuan dan  menceritakan tentang keindahan kota Padang Sidempuan yang layak untuk dikunjungi. Lagu ini diciptakan oleh Nahum Situmorang.

Berikut adalah lirik lagu Ketabo :

Ketabo ketabo

Ketabo dongan tu Sidempuan an

Musim ni salak sao nari disi dongan tonggi tonggi sapot tai tabo

Musim ni salak sao nari disi dongan tonggi tonggi sapot tai tabo

10. Pulau Samosir

Pulau Samosir via Brainly

Pulo Samosir do haroroanku Samosir do

Ido asalhu sai tong ingotonhu |

Saleleng ngolungku hupuji ho | 2x

 Disi do pusokhi pardengkeanhu haumangki

Gok disi hansang nang eme nang bawang |

Rarak do pinahan di dolok i | 2x

Lirik lagu diatas adalah kutipan dari lirik lagu Pulau Samosir yang merupakan gubahan sang maestro lagu batak Nahum Situmorang. Lagu ini bercerita tentang pulau Samosir yang menjadi kampung halaman. Walaupun banyak dari masyarakat Samosir yang pergi merantau namun ingatan dan kenangan mereka akan keindahan kampung halaman mereka yaitu pulau Samosir tak pernah terlupakan.

Lihat: Paket Wisata Danau Toba

11. Madekdek Magambiri

Lirik dan Not Lagu Madekdek Magambiri via Notangkalagu

Lagu ini bercerita tentang orang tua yang yang sangat bahagia dengan anaknya. Anak selalu menjadi harapan bagi orang tuanya dan bagaimana orangtuanya mendidiknya maka akan begitulah anaknya. Seperti kata pepatah Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Mesi tak tau siapa penciptanya namun lagu ini cukup populer dikalangan masyarakat sumatera utara.

Berikut adalah lirik lagu Madedek Magambiri :

Madekdek magambiri da hasian

Sai madekdek tu alaman da hasian

Molo dung hubege soarami dahasian

Na lobian na butong mangan dahasian

Molo dung hubege soarami dahasian

Na lobian na butong mangan dahasian

12. Mariam Tamong

Lirik dan not Mariam Tamong via wordpress

Salendang ma diginjang kain panjang ma ditoru

Pangeol ni gonting ma songondengke ma mango lu

O Mariam Tomong dainang si napang masin

O Mariam Tomong dainang si napang masin

Met met dope singk-ru da nunga dihandang-handing

Met met dope si b-ru da nu-nga dihandang-handingi

O Mariam Tomong dainang si napang masin 2x

Lirik lagu diatas adalah kutipan lagu yang berjudul Maria Tamong yang menceritakan tentang kisah kasih sayang seorang ibu dan kerinduannya kepada anak-anaknya. Lagu ini begitu amat digemari dan sering dinyanyikan masyarakat Batak sembari meninabobokan anaknya.

13. Sing Sing So

Sing Sing So via wordpress

Ueeeee ……

Lugahon au da parau

Ullushon au da alogo

Tu huta ni da tulang i

Ueeeee ……

Lugahon au da parau

Ullushon au da alogo

Manang tu dia pe tah…..

Itulah sebagian dari lirik lagu sing sing so lagu ini begitu poppuler dikalangan masyarakat Batak sejak zaman dahulu. Lagu ini sangat digemari karena musiknya yang enak didengar dan makna lagu yang begitu sarat akan pesan kepada para pendengarnya.

14. Cikala Le Pong Pong

Lagu yang diciptakan oleh Daulat Padang sangat populer dikalangan masyarakat Batak Pakpak, lagu ini sarat dengan pesan dan nilai – nilai yang biasa terdapat dalam masyarakat. Lagu ini biasa dimainkan diacara formal maupun informal.

Berikut adalah penggalan lagu Cikala Le Pong – Pong :

Cikala le pongpong oe,

ue merbuah si nangka bari le oe

si manguda bagendari en

dak mengkabari

Mela mo cituk kene turang

ulang ulaken kene male

Lihat: Kebiasaan Masyarakat Batak

15. Sitogol

Sitogol via seputarmusikal.com

Lagu ini bagaikan sebuah lagu kebesaran bagi masyarakat Batak Mandailing di Sumatera Utara. Lagu ini sering dimainkan pada acara – acara formal maupun non formal dengan nada yang terasa bergembira. Lagu ciptaan maestro N Situmorang ini bercerita tentang kegembiraan dan melepaskan diri dari rasa sedih dan susah.

Berikut adalah potongan lirik lagu Sitogol:

Adong ende hu najeges dabo

Hu oban tingon mandailing godang do

Jeges lagu na boto on momo

Sitogol goar na sitogol dabo

16. Piso Surit

Piso Surit via Blogger

Piso surit piso surit

Terdilo dilo terpingko pingko

Lalap la jumpa ras atena ngena

Ija kel kena tengah na gundari

Siangna menda turang atena wari

Entabeh naring matakena tertunduh

Kami nimaisa turang tangis teriluh

Lagu piso surit sangat terkenal dikalangan masyarakat Batak Karo. Lagu ini pernah diaransemen ulang oleh musisi Vicky Sianipar. Lagu ini menceritakan tentang kerinduan seseorang kepada kekasihnya yang tak tahu dimana rimbanya.

17. Alusia Au

Alusia Au via Blogger

Lagu karya Nahum Situmorang ini dipopulerkan oleh Trio Ambisi yang begitu terkenal dikalangan masyarakat Batak di Sumatera Utara. Lagu ini menceritakan tentang harapan seorang laki-laki kepada wanita untuk memberi jawaban tentang perasaannya. Lagu ini dinyanyikan dengan nada yang gembira sehingga orang yang mendengarkannya sangat terhibur.

Berikut adalah potongan lirik lagu Alusia Au :

Alusi au, alusi ahu… Alusi au, alusi ahu..

Marragam-ragam do anggo sitta sitta dihita manisia.

Marasing-asing do anggo pangidoan diganup-ganup jolma.

Hamoraon hagabeon hasangapon ido di lului na deba.

Dinadeba asalma tarbarita goarna tahe.

18. Sik Sik Sibatumanikam

Sik sik sibatumanikam

Di parjoged sonamanigotam

Dimangangingangi simambangka jula jula

Simambangka jula jula…

Asidenga sidoding

Asidenga sidoding

Dideng dideng di pangardang…

Lagu diatas adalah bagian dari lirik lagu Sik Sik Sibatumanikam. Lagu ini terbilang sudah sangat lama populer dikalangan masyarakat Batak. Lagu yang dinyanyikan dalam ritme dan tempo yang cepat sehingga membuat orang yang mendengarkannya serasa terhanyut dengan lagu ini.

19. Rudang Kegeluhen

Lit nge pagi malemna oh nande..

Erlayas nge pagi dungna oh bapa..

Gia genduari mesui kel atendu

Gia genduari mesui kel atendu

Labo man ukuren oh nande..

Labo man tangkelen oh bapa..

Gia kami anakndu la meteh mehuli

Gia kami anakndu la meteh mehuli

Lagu Rudang Kegeluhen adalah lagu daerah karo yang memiliki makna sangat menyentuh hati. Lagu ini bercerita tentang seorang anak yang menyadari betapa penting peran orang tua dalam kehidupannya dan betapa dia selalu berharap untuk terus bisa menghargai orang tuannya. Lagu ini diciptakan oleh Sastrawan Tarigan.

20. Mbiring Manggis

Lagu Karo ini sangat populer pada masyarakat Sumatera Utara. Lagu ini sering diputar dalam kendaraan umum untuk menghibur penumpang. Alunan musiknya membuat siapa yang mendengarnya terhibur bahkan tak jarang mereka tertarik untuk bergoyang. Lagu ciptaan Tumtam Tarigan ini bercerita tentang kebahagian orang yang sedang jatuh cinta.

Berikut potongan lagu Mbiring Manggis:

Tang tang jumpa

Ras nande mbiring na

Tang tang ngerana

Ras mbiring manggisku

Bagi nipuko aku sinergas

Gagap kelaku erbelas bandu

Oh mbiring manggisku

Lihat: Rumah Adat Sumatera Utara

Kami pikir cukup sekian dahulu ulasan tentang lagu daerah Sumatera Utara ini. Kami yakin wawasan Anda semakin bertambah setelah membacanya. Jangan ragu untuk sampaikan kritik dan komentar guna memajukan blog ini jadi lebih baik. 

Silahkan berkomentar