Makanan Untuk Ikan Lele, Apa Saja? Berikut Beberapa Pilihannya

Posted on

Makanan untuk ikan lele ada beberapa macam jenisnya. Semua bisa kita dapatkan di pasar meski tidak selalu tersedia. Hanya makanan jenis pelet yang mudah dijumpai. Anda bisa temukan di tempat jualan pakan hewan terdekat dengan harga yang bervariasi.

Berdasarkan pengalaman sendiri dan pengalaman peternak lele lain, secara sederhana ada beberapa pakan ikan lele yang populer dan biasa digunakan.

Berikut informasinya:

1. Pakan Pelet

Pelet via bukalapak

Pelet sejenis bentuk bahan pakan yang dipadatkan sedemikian rupa dari bahan konsentrat atau hijauan dengan tujuan untuk mengurangi sifat keambaan pakan.

Harga dalam sekilonya berbeda – beda karena ada kelasnya. Biasanya yang bagus dijual sekilo dengan harga Rp 12.000.

2. Ayam Tiren

Ayam Tiren

Pilihan pakan yang dapat dipakai untuk sumber pakan ikan lele adalah ayam tiren (mati kemaren). Artinya dari Ayam tiren adalah bangkai ayam yang mati di kandang pemeliharaan atau tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia.

Untuk menemukan ayam jenis ini, Anda bisa datangi para peternak ayam. Biasanya mereka sudah tahu dan siap antar ketempat Anda sesuai dengan pesanan.

3. Maggot

Maggot

Maggot merupakan organisme yang asalnya dari larva Black Soldier Fly (BSF) dan dihasilkan pada metamorfosis fase kedua setelah fase telur dan sebelum fase pupa yang nantinya akan menjadi BSF dewasa.

Jenis pakan ini masih langka karena belum banyak orang yang beternak maggot. Kelebihannya harganya lebih murah dibandingkan dengan pelet. Meski murah, proteinnya sama dengan yang terkandung di pelet.

Banyak orang yang membudidayakan maggot untuk ternak ayam dan bebek. Anda bisa juga membudidayakan maggot untuk keperluan pakan ikan lele.

Itulah ketiga pakan ikan lele yang bisa Anda pilih. Sebelum Anda memilih mana yang tepat, sekali lagi perlu Anda pertimbangkan apa kelebihan dan kekurangannya.

Oh iya jangan lupa baca artikel tentang kolam dan pemijahan ikan lele yang sudah kami publikasi beberapa waktu lalu.

Sampaikan komentar Anda jika ada yang kurang paham seputar ternak ikan lele.