5 Manfaat Pasar Daring Bagi Penjual dan Pembeli

Posted on

Manfaat yang dirasakan dari pasar daring oleh pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi ada banyak jumlahnya. Dimana transaksi tradisional yang selama ini terjadi mengalami perubahan secara yang dramatis. Dalam hal pemilihan produk, sistem pembayaran, sampai dengan alat pembayaran non tunai. Ini adalah konsekwensi yang harus terjadi karena dampak dari revolusi informasi. Kehadiran internet sangat memberikan pengaruh pada gaya hidup manusia baik sosial maupun budaya. Salah satu gaya hidup yang berubah adalah dalam hal belanja yang jika dulu orang belanja harus datang ke mall, toko atau pasar, kini bisa dilakukan dimana saja, efektif dan efisien.

Berbagai macam manfaat dari pasar daring bisa kita rasakan namun ada nilai yang harus kita lepaskan tanpa disadari. Contohnya adalah lunturnya nilai interaksi sosial. Tatap muka dalam pasar dari menjadi sebuah hal yang mahal. Dimana konsumen dan penjual hanya dipertemukan pada alat komunikasi modern, apakah itu gadget, tablet atau laptop.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya kita coba mendata apa saja manfaat dari pasar daring. Simak informasinya berikut ini.

1. Pembeli Tidak Perlu Repot

gadget via idtimes

Pembeli atau konsumen tidak harus repot dalam membutuhkan produk dan jasa yang dibutuhkannya. Waktu, biaya dan energi bisa jadi efisiensi ketika melakukan transaksi pasar daring. Contohnya Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang yang anda inginkan, contohnya sabun mandi. Anda cukup hanya membuka website atau link yang mengarah kepada penyediaan orang tersebut.

Sarana lain yang bisa dipakai untuk pesan makanan atau minuman seperti mie aceh Medan atau Minuman khas Medan, Anda bisa manfaat jaringan Grab, Gojek dan sejenisnya. Dalam hitungan tidak sampai satu mennit pesanan Anda kan direspon. Saat pesanan dalam perjalana, ANda bisa santai dirumah saja.

2. Konsumen Cukup Didepan Laptop

Depan Laptop via Blogger

Untuk mendapatkan banyak produk Anda tidak harus kesana dan jalan kemari seperti yang dilakukan ketika berada di mall – mali atau pasar ketika membutuhkan celana maka anda akan datang ke toko celana, kemudian ketika Anda membutuhkan alat elektronik maka anda akan datang ke toko elektronik, begitu juga ketika Anda ingin membeli buku maka anda akan datang ke toko buku seperti Gramedia dan sebagainya. Fenomena terjadi ketika Anda memakai sistem pada transaksi konvensional. Lainnya hal ketika melakukan transaksi di pasar daring, Anda cukup hanya berada dilaptop dan tanpa harus banyak gerak fisik.

3. Transaksi Bisa Dilakukan Dimana Saja

Kerjaan bisa lebih terotomatisasi ketika Anda berada di luar rumah atau di sekolah atau sedang melakukan aktivitas lain, Anda tetap bisa melakukan transaksi di pasar daring. Contohnya Ini ketika seorang Ibu sedang memasak di dapur dia bisa sambil membuka laptop dan membeli barang yang dibutuhkannya melalui laptop. Sudah pasti harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Atau bisa juga seorang manajer yang lagi berada di kantor dan mengerjakan tugas – tugasnya, dia tetap bisa sembari belanja baju untuk dihadiahkan kepada istrinya yang ada di rumah. Pekerjaan yang dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan yang lain. Anda bayangkan ketika tidak memakai pasar daring, manajer itu akan datang ke toko baju dan meninggalkan kantornya guna membeli pakaian untuk sang istri.

4. Penjual Dapat Menghemat Biaya

Ilustrasi Hemat via Kaskus

Salah satu contoh biaya yang dipangkas adalah biaya untuk menyewa tempat. Harga sebuah ruko pertahun yaitu sekitar Rp 30 juta sampai dengan Rp 100 juta. Dengan Anda memasarkan produk melalui pasar daring, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut. Anda cukup menyediakan sarana website atau link yang menginformasikan produk jualan Anda. Biaya pembuatannya pun murah dan terjangkau. Inilah yang disebut dengan menghemat biaya pengeluaran bagi pedagang ketika bertransaksi online.

5. Riset Pasar Lebih Mudah

Karena semua berbasis online, maka melakukan riset pun cukup mudah. Contoh jika Anda ingin menjual produk pelangsing tubuh, Anda cukup melihat orang – orang yang cari kata kunci (keyword) tersebut di mesin pencari. Misalkan dari pencarian tersebut berjumlah 1000 pencari selama sebulan. Anda sudah jumpa pasar yang cukup untuk di target.

Juga melalui media sosial yang juga menyediakan fitur – fitur kecenderungan seseorang dalam melakukan sesuatu. Misalnya orang yang suka makan dan jalan – jalan. Ini adalah konsumen yang bisa ada target produk makanan atau minuman. Tambahkan nilai tambah dengan free ongkos kirim.

Riset via Blogger

Sebenarnya masih banyak lagi benefit yang didapatkan dari pasar daring. Hanya karena terbatasnya waktu, pada kesempatan ini beberapa saja yang disampaikan. Lain waktu akan di tambah lagi berdasarkan situasi dan kondini yang terjadi. Juga kelemahan dari transaksi daring bisa juga di sampaikan kepada para pembaca. Setiap ada kelebihan dari pasar daring sudah pasti ada kekurangan. Anda punya informasi seputar itu, ayo sampaikan di kolom yang sudah kami sediakan.

Oh iya, guna menambah wawasan pembaca, silahkan baca juga informasi tentang komunikasi daring yang sudah dipublikasi beberapa waktu yang lalu di blog ini.

Silahkan berkomentar