Menag Minta Wanita Bercadar Berikan Rasa Aman, Warganet: “Bapak lebih takut perempuan bercadar dibanding pelaku LGBT?”

Posted on

Muslimah yang mengenakan cadar belakangan ini menjadi sorotan publik pasca tragedi bom yang terjadi di Surabaya. Beberapa wanita bercadar pun sempat mendapat perlakuan tidak enak.

Terkait dengan hal itu, menteri Agama Lukman Hakim ikut menanggapi wanita yang bercadar dengan menganjurkan supaya bisa memberikan rasa aman.

Pernyataan Menag bersumber dari media onlie CNN Indonesia yang beredar di media sosial twitter, yang kemudian mendapat respon dari seorang warganet bernama Wulan Saroso‏.

Merasa emosi dengan informasi tersebut, Wulan pun melakukan protes dengan me-mention akun twitter Menag Lukman, @lukmansaifuddin.

“Pak @lukmansaifuddin apakah benar ini pernyataan bapak? Anda lebih takut thd perempuan bercadar dibanding pelaku LGBT??? Sebenarnya apa yg ada di pikiran bapak??,” kicau akun @WulanSaroso (16/5/18) sambil melampirkan link berita terkait.

Warganet lain ikut mengomentari kicauan @WulanSaroso. Ada yang membandingkan dengan sumber berita lain yang mengambil judul berbeda.

“Kok beda sama yg lain ya?,” komentar akun @n4n4121287 semabri melampirkan scrennshot dari media online lain yang menulis judul berita: “Menag Lukman: Hormati Wanita yang Becadar”.

Berbeda dengan warganet lain yang meminta menag Lukman untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

“Istighfar bro @lukmansaifuddin… jabatanmu kelak dimintai pertnggung jawaban,..hari ini korsimu empuk, tp kita ga tau takdir Allah esok kau spt apa, Jbtnmu Mentri Agama… Islam Agamamu bro,.. harusnya kau lebih faham Agamamu., Jgn sudutkan saudaramu,” kicau akun @AbdeAbank.

Ada juga netizen yang tidak habis pikir dengan pernyataan menag Lukman.

“Sy sbg WNI tdk habis Pikir dg pak @lukmansaifuddin dmn shrsnya Njenengan bs melindungi Wanita yg Bercadar ,bkn malah memberikan Pernyataan spt itu . Lalu bgm Sikap Bpk thd Wanita yg menggunakan pakaian Minim / LGBT,kok Terbalik ..?!? jgn2 Dunia skrg sdh tdk Bertepi ,Pak,” komentar akun @jodie_pn.

Sampai informasi ini diturunkan, belum ada klarifikasi dari Menag Lukman terkait pemberitaan tersebut.

Berikut informasi lengkap berita dari CNN Indonesia:

Menteri Agama Minta Perempuan Bercadar Berikan Rasa Aman

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin meminta agar perempuan pengguna cadar memahami kondisi sebagian masyarakat saat ini yang mungkin memiliki pandangan tertentu menyusul terjadinya serangan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur selama dua hari terakhir.

“Tentu bagi pengguna cadar itu sendiri, agar betul-betul bisa memahami situasi dan lingkungannya karena sekarang sebagian masyarakat kita ada semacam keresahan atau kekhawatiran, atau mungkin bahkan kecurigaan terhadap mereka-mereka yang menggunakan cadar,” kata Lukman di kantornya, Selasa (15/5).

Dengan demikian, Lukman mengimbau kepada pengguna cadar menjaga sikapnya agar tidak menarik perhatian. Menag mengimbau, mereka bisa memberi rasa aman terhadap sekitar dan menunjukkan bahwa tidak semua pengguna cadar berbuat atau melakukan tindakan teror.

“Maka sudah pada tempatnya bagi mereka-mereka yang menggunakan cadar untuk bisa memberikan rasa aman kepada lingkungannya dengan berbagai cara, tentu menunjukkan bahwa dirinya sama sekali bukanlah ancaman terkait dengan keselamatan dan keamanan lingkungan dia berada,” kata Lukman.

Para perempuan pengguna cadar, kata Lukman, juga harus bisa membaur seperti biasa, terutama di lingkungan sekitarnya.

“Sehingga semua kita merasa aman meskipun ada sesama kita yang menggunakan cadar,” ujarnya.

Di sisi lain Lukman mengimbau masyarakat tak perlu merasa risau, khawatir, bahkan curiga terhadap sosok bercadar. Lukman juga meminta masyarakat untuk menghormati seseorang yang menggunakan cadar karena alasan keyakinan pemahaman keagamaan.

“Oleh karenanya, terhadap saudara-saudara kita yang menggunakan cadar, kita hargai dan hormati dia karena itu adalah haknya untuk melaksanakan pengamalan dari pemahaman agama yang dimiliki dan diyakininya,” kata Lukman.