Mengenal Bali: Jumlah Penduduk dan Jumlah Turisnya

Posted on

Bali merupakan sebuah provinsi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ibu kotanya bernama Denpasar. Daerah yang menjadi salah satu tempat wisata terdepan dengan telah banyak mendatangkan turis, baik dalam negeri maupun internasional.

Pada bulan September 2020 sebanyak 4,32 juta jiwa. Jika dibandingkan dengan hasil sensus sebelumnya, jumlah penduduk Provinsi Bali terus mengalami peningkatan. Dalam jangka waktu sepuluh tahun saja, sejak tahun 2010, jumlah penduduk Bali mengalami penambahan sekitar 426,65 ribu jiwa atau rata-rata sebanyak 42,66 ribu setiap tahunnya.

Luas daratan Provinsi Bali sebesar 5.780,06 kilometer persegi, maka kepadatan penduduk Bali sebanyak 747 jiwa per kilometer persegi. Dan angka ini meningkat dari hasil SP2000 yang mencatat kepadatan penduduk Bali sebanyak 544 jiwa per kilometer persegi dan hasil SP2010 yang mencapai 673 jiwa per kilometer persegi.

Hanya dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir (2010-2020), rata-rata laju pertumbuhan penduduk Bali sebesar 1,01 persen per tahun. Terjadi penurunan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,13 poin jika dibandingkan dengan periode 2000-2010 yang sebesar 2,14 persen per tahun menurut laman BPS.

Gambar terkait dengan Mengenal Bali
Sumber: Reservasi

Jumlah Turis

Merujuk pada data dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, seperti dilansir dari Kompas, kedatangan penumpang domestik ke Bali mulai meningkat sejak 31 Maret 2021 yakni 6.388 orang. Jumlah itu terus meningkat pada 1 April 2021, yakni sebanyak 8.875 penumpang, 2 April 2021 8.497 penumpang, kemudian kembali menurun pada 3 April 2021 di angka 4.140.

Jumlah turis yang datang dipastikan sebelum pandemi covid 19 melanda selalu meningkat dari tahun ketahun, apalagi ketika musim liburan tiba. Kedatangan turis di motivasi dengan keindahan alam Bali yang menawan dan sudah banyak artis yang datang, baik artis nasional dan mancanegara.

Beberapa artis menjadikan Bali sebagai lokasi syuting untuk dunia hiburan, mulai dari syuting untuk video klip sebuah lagu sampai dengan syuting untuk adegan film. Seperti dilansir laman Kumparan, paling tidak ada 4 orang artis internasional yang pernah syuting di Bali. Mereka adalah Julia Robert, Matthew Fox, Lee Pace dan Kim Kardashian. Sedang untuk artis nasional tidak terhitung jumlahnya.

Apa Saja Yang Ada Di Bali?

Yang pasti adalah keindahan alamnya yang memanjakan mata, mulai pemandangan alam, pantai sampai dengan laut. Banyak turis asing menjadikan pinggiran pantai Bali sebagai tempat berjemur. Kemudian ada yang bermain selancar, berenang dan kegiatan lainnya.

Menikmati senja di pinggiran pantai menjadi suatu hal yang ramai diminati. Makanya pada waktu sore hari jalanan pada macet di daerah Bali.

Fakta lain yang membuat turis suka datang ke Bali adalah potret kebiasaan warga Bali yang unik dan memiliki nilai tersendiri. Mulai dari kegiatan sosial sampai dengan keagamaan. Kegiatan sosial dilakukan oleh semua masyarakat Bali, sedangkan kegiatan agama yang dilakukan oleh mayoritas pemeluk agama Hindu.

Belum lagi dengan jiwa seni yang tinggi dimiliki oleh orang Bali sehingga banyak melahirkan karya, mulai dari karya lukisan, pahat patung sampai dengan karya seni dalam pakaian.

Sikap mayoritas orang Bali yang bersahabat dan penuh tata krama membuat orang yang datang semakin suka. Orang Bali tidak sungkan menerima tamu yang datang kerumahnya, bahkan sampai dengan menginap. Prinsip mereka adalah tamu merupakan raja yang harus dilayani.

Penutup

Banyak lagi informasi yang seharusnya disampaikan untuk pembaca terkait dengan Bali. Semua informasi itu tidak akan pernah habis untuk di sampaikan. Karena keterbatasan waktu, kami sudahi sampai disini. Pada lain kesempatan akan ditambah lagi informasinya.

Silahkan berkomentar