Mengenal Macam-Macam Rack Server Jenis Close Beserta Harga Rack Server

Posted on

Kebutuhan rak server sekarang ini sangatlah penting untuk menjaga agar sistem komputer dalam sebuah perusahaan bisa bekerja dengan optimal dan terhindar dari kerusakan. Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah jenis close atau biasa disebut standing rack. Harga rack server tipe ini relatif lebih mahal, namun memberikan perlindungan terbaik, dan membuat server bisa bekerja dengan optimal.

Rack server via pexels.com

Rack server type close ini memiliki tiga jenis ukuran standar, yaitu 20U, 32U, dan 42U. Nilai U ini memang menjadi standar untuk ukuran rak server yang jika dikonversi, nilai 1U sama dengan 44,45 mm. Jadi, ketika Anda menanyakan harga rack server, pasti akan ditanya tentang berapa ukuran rack server tersebut. Berikut ini rack server tipe close dan harga rack server 42U, 30U, dan 20U.

Rack Server 42U

Harga rack server 42U berkisar antara Rp 8,2 juta hingga Rp 9,7 juta-an. Harga rack server ini relatif murah karena dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Beberapa fitur yang bisa didapatkan dari tipe ini berupa kunci keamanan canggih sidik jari yang pastinya terjaga kerahasiaannya. Selain itu, juga dilengkapi dengan tempered door, 2 sisi pintu, 2 unit kipas, 1 unit vertical PDU 12 outlet, dan terbuat dari bahan yang sangat kuat.

Rack Server 32U

Untuk harga rack server ukuran jenis 32U berkisar antara Rp 7,4 juta hingga Rp 8 juta-an. Berbeda dengan tipe sebelumnya, tipe ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, terdapat 1 unit horizontal PDU 8 outlet, dan sebuah modul fan. Sedangkan untuk fitur fingerprint, pintu, dan bahan tetap sama dengan tipe 42U.

Dimensi untuk ukuran 32U lebih pendek, namun tetap mengikuti standar yang dibutuhkan oleh sebuah server. Standar tersebut berupa lebar bagian depannya sebesar 19 inch. Ukuran lebar ini menjadi standar untuk semua rack server tipe close. Dengan spesifikasi tersebut membuat harga rack server 32U ini lebih murah dari tipe sebelumnya.

Rack Server 20U

Tipe terakhir dari tipe close ini adalah mempunyai kisaran harga antara Rp 5,5 juta hingga Rp 6 juta-an. Tipe ini memiliki spesifikasi yang sama persis dengan tipe 32U. Hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil tentunya. Harga rack server dengan ukuran 20U tentunya lebih rendah dibandingkan dua tipe rack server yang lebih besar.

Namun demikian harga rack server dan ukuran yang dipilih tentunya disesuaikan dengan kebutuhan server yang digunakan. Dengan rack server yang sesuai kebutuhan, tentunya Anda akan menghemat pengeluaran dan juga membuat kinerja server lebih optimal.

Itulah harga rack server tipe close atau standing rack dengan masing-masing ukurannya. Kebutuhan rak untuk server sama pentingnya dengan menjaga server itu sendiri. Jadi, Anda harus segera menemukan rak yang tepat untuk server sekarang juga.