Menko Darmin Klaim Pemerintah Jokowi Bayar ‘Utang Warisan’ Pemerintah Sebelumya

Posted on

Utang pemerintahan Jokowi yang belakangan jadi sorotan memancing Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ikut berkomentar . Darmin mengaku heran ketika utang diributkan, padahal outstanding utang pemerintah yang ada saat ini sebagian imbas pemerintahan sebelumnya.

“Utang dari dulu, bukan hanya utang pemerintah saat ini. Malah pemerintahan ini yang membayar utang, termasuk yang dulu-dulu,” ujarnya di kantornya, Jumat (23/3), dilansir CNN Indonesia.

Ia mengaku lelah dengan beberapa pihak yang kerap bertanya soal posisi utang Indonesia saat ini. “Saya sering jawab berkali-kali soal utang,” imbuh dia.

Toh, pengelolaan utang pemerintah dalam keadaan baik dan tidak ada potensi gagal bayar. Sebelumnya, Kementerian Keuangan menunjukkan bahwa utang pemerintah hingga akhir Februari mencapai Rp4.034,8 triliun.

Angka ini terdiri dari pinjaman sebesar Rp777,54 triliun, serta utang dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp3.527,6 triliun.

Adapun, kemampuan membayarnya masih sangat kuat, dengan rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) berkisar 29,24 persen.

Rasio ini disebut masih lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara dengan ekonomi setara, seperti Vietnam sebesar 63,4 persen, Brazil 81,2 persen, Thailand 41,8 persen, dan Malaysia 52,7 persen.

Silahkan berkomentar