6 Minuman Khas Kota Medan Sumatera Utara Yang Mendunia

Posted on

Minuman khas kota Medan Sumatera Utara penting untuk diketahui oleh kita semua. Meski minuman lokal, namun sudah sampai ke dunia internasional keterkenalannya. Bahkan sudah ada yang di ekspor keluar negeri.

Ada minuman kota Medan yang berdasarkan sejarah masa lalu, ada dan terus dilestarikan. Ada pula yang ada karena diproduksi oleh pengusaha Medan karena melihat sisi bisnis yang menggiurkan.

Sama dengan jajanan khas Medan, bahwa minuman asal Medan ini banyak dijadikan oleh – oleh bagi mereka yang menikmati paket wisata Medan bersama dengan teman atau keluarga. Rasanya tidak lengkap jika pulang tidak membawa oleh – oleh untuk mereka yang tidak ikut jalan – jalan menikmati kota Medan.

Anda bisa temukan minuman Medan di tempat – tempat yang menjualnya, bisa supermarket, minimarket, kede sampah atau juga bisa dijumpai di tempat nongkrong Medan yang banyak di gandrungi oleh muda – mudi. Bahkan di tempat warung jualan lontong di Medan pun sering di jajakan minuman tersebut.

Beberapa minuman khas ibu kota Sumatera Utara ini mengalami masalah eksistensi karena pengaruh dari minuman luar yang masuk. Sebagian beralih rasa karena penasaran dengan rasa minuman luar tersebut. Meski begitu, tidak sedikit yang tetap setia dengan minuman khas Medan. Mau mereka yang tetap di kota Medan atau yang merantau keluar Medan.

Bagi Anda yang ingin mengenal satu persatu nama – nama minuman khas kota Medan, silahkan baca informasi berikut ini.

1. Air Soda Cap Badak

Minuman ini populer di beberapa kota, yaitu kota Pematang Siantar, kota Medan dan kota-kota sekitarnya yang dibawah wilayah propinsi Sumatera Utara.

Cap Badak via Blogger

Para penikmatnya pun berasal dari berbagai kalangan, anak muda sampai orang tua. Sampai sekarang penggemar fanatik minuman cap Badak tidak pernah surut. Hal ini yang membuat para pemilik warung kopi selalu menyediakannya.

Siapa sangka, minuman cap Badak ini sudah berusia 100 tahun.

Ada beberapa varian rasa dan rasa sarsaparila paling disukai. Kabarnya untuk membuat varian rasa ini aitu dengan ekstrak tanaman herbal asal Meksiko. Dan rasa yang dihasilkan  lezat dan segar.

Baca: Jasa Pembuatan Website Medan

Tampilan minuman cap Badak ini dikemas dalam botol kaca transparan dengan tulisan ‘Badak’. Yang bikin khas dari tampilan botolnya adalaj gambar badak bercula satu yang terpampang pas tengah botol. Bisa diminum langsung atau dicampur dengan es batu dan susu krimer.

Berikut ini beberapa khasiat “Badak”:

1.1. Mengeluarkan Angin

Dipercaya cocok untuk orang yang sedang masuk angin. Soda yang di dalam air minumannya berkhasiat untuk hal tersebut.

1.2. Mengeluar Batu Karang

Penyakit ini dialami oleh kaum pria, yaitu sakit ketika membuang air kecil. Masalahnya adalah abatu karang. Seorang mendapat arahan dari dokter untuk meminum air kemasan Badak dan kemudian merasakan khasiatnya. Sakit batu karangnya sembuh.

So, pastinya ada banyak khasiat lain pada air soda Badak. Namun disekempatan ini kami sampaikan beberapa saja.

2. Markisa Pohon Pinang

Tiada yang sangka bisnis sejarah markisa Pohon Pinang awalnya hanya aktivitas pasokan dari pengusahanya kepada tukang cendol yang saban hari berjualan di pinggir jalan. Pengusaha Razali Chuwardi lalu mempunyai komitmen mengembangkan usaha tersebut. Singkat cerita mimpinya jadi keyantaan. Sirup Markisa Pohon Pinang kini sudah banyak diminati oleh bukan cuma orang Medan saja. Namun dari berbagai daerah, bahkan dunia internasional sudah mengenalnya.

Markisa Pohon Pinang via Blibli

Sirup tersebut makin banyak diminati ketika lebaran Idul Fitri tiba. Hampir semua umat Islam menyediakan sirup Pohon Pinang dirumahnya. Selain itu, ada pula yang menjadikannya sebagai parcel untuk lebaran.

Sirup biasa diminum dengan campuran es biar lebih segar di tenggorokan. Bagi yang tidak bisa minum, tiada salahnya meminum tanpa campuran es. Cukup dicampur dengan air putih saja, bisa hangat atau tidak.

Baca: Jasa Aqiqah Medan

3. Teh Susu Telur

Minuman teh susu telur (TST) di kota Medan diyakini bisa untuk meningkatkan stamina dan energi. Banyak anak muda sampai dengan orang tua menyukainya. Salah satu daerah yang terkenal menjual minuman TST di daerah jalan Puri. Ada namanya TST Pak Haji yang dari jualan TST dia bisa naik haji.

TST via Blogger

Namun kini sudah banyak diberbagai daerah di jual minuman khas Medan ini. Hal ini disebabkan cara membuatnya sangatlah mudah sekali. Cukup memadukan antara air panas, tes dan susu serta telur yang di mix dengan sedemian rupa, maka sudah bisa jadi. Hanya saja untuk rasa, beda orang yang membuat maka beda pulalah rasanya.

Oh iya, telur yang dicampur biasanya kalau tidak telur ayam kampung atau telur bebek. Kebanyakan penikmat TST suka dengan telur ayam kampung karena tidak amis.

Para olahragawan banyak yang gemar dengan TST, salah satunya adalah menu favorit bagi mereka yang baru melakukan olahraga renang di Medan.

4. Roco Timun

Minuman khas Roco Timun ini sangat dikenal didaerah antara Tanjung Balai, Deli Serdang sampai ke kota Medan. Minuman ini menjadi buruan utama bagi warga Medan karena rasanya yang menggoda lidah.

Roco Timun via Blogspot

Untuk cara membuatnya tidaklah terlaly sulit. Bahan yang dibutuhkan tersedia di pasar dengan harga yang terjangkau pula. Bahan yang paling pentin adalah buah – buahan dari mentimun dan kelapa muda.

Cara membuat minuman Roco Timun dinilai lebih mudah dari pada cara membuat minuman bandrek untuk diminum sendiri.

5. Sirup Rambutan

Kehadirannya masih di bilang baru dibandingkan dengan sirup khas Medan yang lain. Bisa dibilang kemasan dan rasa yang dihadirkan oleh sirup rambutan ini mirip dengan sirup kurnia dan kedepan akan jadi pesaing yang harus diperhitungkan perusahaan dengan icon patung liberty itu.

Sirup Rambutan via Blanja

Jelang puasa dan lebaran idup Fitri, sirup rambutan banyak dicari oleh umat Islam untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan pribadi sampai dengan keperluan untuk membuat kue lebaran.

Tidak sedikit yang menggabungkan sirup ini dengan minuman lain sehingga melahirkan rasa tertentu.

Baca: Tempat Makan Lesehan di Medan

6. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang ini sudah lama dikenal oleh para pecinta kopi karena rasanya yang cukup pekat. Dan hal itu sangat sesuai dengan namanya.

Asal kopi ini adalah kabupaten Sidikalang, propinsi Sumatera Utara yang berada di ketinggian 1472 dpl.

Kopi Sidikalang (Tokopedia)

Kadar kafein dari Kopi Sidikalang cukup tinggi sehingga biasa dinikmati para pecinta kopi. Meski begitu, bagi Anda yang kurang tahan terhadap kafein tidak disarankan untuk meminumnya karena dapat mengakibatkan jantung berdebar dan lain-lain. Jika masih ingin tetap meminumnya, ada baiknya Anda konsultasi dengan ahli kesehatan yang ada di rumah sakit.

Lihat: Bandrek enak di kota Medan

Kami yakini masih banyak lagi minuman khas kota Medan yang ada dan masih disukai oleh warganya. Hal ini disebabkan kota Medan sarat dengan sejarah kuliner dari masa ke masa. Dilain waktu akan dieksplore kembali. Jika Anda punya saran, kritik dan komentar slahkan sampaikan pada kolom komentar yang ada di bawah ini. Jangan sungkan pula untuk membagikan informasi ini kepada temen – temen kamu, baik orang Medan atau orang luar Medan.  

Beberapa minuman diatas ada yang dijadikan sebagai teman dalam menonton film keluarga terbaik sepanjang masa oleh para pecinta dunia perfilman.

Silahkan berkomentar