Nasehat Habibie Agar Indonesia Tak Dipermainkan Dunia Internasional

by

Mantabz.com – Ada yang menarik dalam pidato Habibie di acara Seminar Pancasila Golkar di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (19/10/2017). Presiden ke-3 RI itu menyampaikan sudah saatnya Indonesia mandiri.

‎”Kalau kita mengandalkan SDA, maka kita jadi permainan dunia internasional yang menentukan nilai dan harga itu. Tapi kalau kita kepada SDM, maka dia tak bisa mempermainkan apapun,”

Habibie menuturkan, dalam UUD 1945 disebutkan bahwa sumber daya alam dimanfaatkan untuk membiayai terciptanya sumber daya manusia yang terbarukan. Klasifikasi manusia yang terbarukan itu terdiri dari meningkatnya kualitas kehidupan, kualitas berpikir dan kualitas mengambil kebijaksanaan.

Habibie berujar, untuk menjadi bangsa yang unggul tak cukup dengan merdeka saja. Menurutnya banyak ‎bangsa yang telah merdeka tapi minim kebebasan. Sebaliknya, banyak bangsa yang bebas tetapi tidak merdeka.

“Anda butuh dua-duanya (kebebasan dan kemerdekaan). Tapi itu tak boleh bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila. Jadi revitalisasi itu harus mendalam dan memikirkan kepada sumber daya manusia terbarukan,” ujarnya.

‎Lebih lanjut Habibie menjelaskan, awal mulanya lahirnya sumber daya manusia terbarukan terletak pada keluarga. Karena itu ia meminta agar Golkar memikirkan terciptanya keluarga sejahtera di Tanah Air.

Pasalnya, keluarga merupakan tempat awal lahirnya ‎SDM terbarukan. “Jadi sebenarnya Golkar harus memikirkan agar menjadikan keluarga sejahtera. Kuncinya keluarga,” pungkas Habibie.

Loading...